redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.brookings.edu

4 Perguruan Tinggi di Amerika Serikat Ini Sulit Ditembus

Dunia Kampus

Kamu merasa masuk UI, UGM atau ITB terbilang gampang? Terlalu mudah? Baiklah, mungkin kamu memang jenius dan membutuhkan tantangan yang lebih menggoda. Bagaimana kalau nyobain masuk ke salah satu dari perguruan tinggi di Amerika Serikat ini?

 

1. Harvard University

Proses penerimaan mahasiswa baru di Harvard University udah dari sononya terkenal sangat kompetitif. Setiap tahunnya ada sekitar 1500an mahasiswa baru yang diterima di Harvard University. Universitas tertua di Amerika Serikat ini punya jurusan-jurusan unggulan, diantaranya Ilmu Sosial, Biologi, Matematika, Sejarah, dan Fisika. Mark Zuckerberg dan Bill Gates pernah menjadi mahasiswa Harvard meskipun keduanya nggak sampai ngelarin kuliah. Terbukti kan, kalau kualitas calon mahasiswa Harvard tuh benar-benar jempolan?

 

2. Stanford University

Jurusan yang populer di Stanford University antara lain Teknik, Ilmu Sosial, Ilmu Biologi dan Biomedik, serta jurusan-jurusan yang lain. Sama seperti Harvard, jumlah mahasiswa baru Stanford rata-rata 1500an orang per tahun. Kalau kamu masih punya stigma masuk PTS tuh gampang, Stanford Universty adalah bukti bahwa PTS bisa sangat selektif dalam penerimaan mahasiswa barunya. Dengan kata lain, susah banget masuk universitas ini, Sobat Pintar!

 

3. Massachusetts Institute of Technology

MIT paling terkenal akan jurusan Teknik dan Ilmu Fisika, tapi jurusan Ekonomi, Ilmu Politik, Fisosofi, dan Linguistik juga tak kalah populer. Setelah melalui proses seleksi masuk yang sangat kompetitif, setiap tahun PTS ini menyisakan 1500an mahasiswa baru yang berkesempatan menyelesaikan pendidikan hingga lulus. Dan diantara mereka, pada suatu masa, Kofi Annan pernah duduk di salah satu ruang kelas MIT.

 

4. Yale University

Yale sering dibandingkan dengan Harvard. Menariknya, Yale dianggap lebih berpengalaman dalam penyelenggaraan pendidikan akademik Strata 1, sedangkan program Master di Harvard dianggap lebih baik. Eits, alih-alih menjadikannya sebagai patokan, gunakan saja anggapan tersebut sebagai masukan, ya. Sebagai universitas tertua ketiga di Amerika Serikat, Yale adalah alma mater George W. Bush dan Bill Clinton. Jurusan yang difavoritkan di Yale antara lain Ilmu Sosial, Sejarah, Teknik, dan lain-lain. Yale menerima 1500an mahasiswa baru tiap tahun, sama seperti Harvard, dengan seleksi masuk yang sama-sama sulit juga.

 

Proses masuk perguruan tinggi di Amerika Serikat memang berbeda dari proses yang kita lalui di dalam negeri. Memang nggak adil kalau kita membandingkan antara UI, UGM, atau ITB dengan keempat perguruan tinggi diatas. Tapi calon mahasiswa di negara semaju Amerika Serikat sekalipun juga berjuang agar bisa kuliah di kampus impiannya, jadi kamupun nggak boleh patah semangat dalam perjuanganmu untuk kuliah di kampus impianmu. Iya, kan?

Lebih masukan Blog

Perhatikan: Ragam Biaya Saat Menjadi Mahasiswa

Nggak perlu dikasih tau lagi kan, kalau kuliah sama sekolah tuh beda jauh? Kalau kuliah, kamu...

Yakin Bisa Lulus dari 7 Jurusan Ini?

Bisa keterima sebagai mahasiswa dijurusan impian adalah sebuah nikmat yang tak boleh...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line