redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.ocean.edu

Perhatikan: Ragam Biaya Saat Menjadi Mahasiswa

Dunia Kampus dan Mahasiswa

Nggak perlu dikasih tau lagi kan, kalau kuliah sama sekolah tuh beda jauh? Kalau kuliah, kamu nggak perlu pake seragam. Jam masuk kuliah juga nggak sama dengan jam masuk sekolah. Dan yang pasti beda lagi adalah skema pembiayaan. Yuk, kenalan sama istilah-istilah pembiayaan kuliah ini – biar kalian makin akrab!

 

Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Jika nanti kuliah di PTN, kamu pasti akan ketemu sama UKT yang wajib dibayarkan setiap semester. Pada dasarnya, besaran UKT ditentukan dari kemampuan ekonomi keluarga mahasiswa, dengan prinsip subsidi silang. Jadi, mahasiswa dari keluarga dengan penghasilan lebih tinggi dibebankan nominal UKT lebih besar agar dana tersebut dapat meringankan UKT mahasiswa dari keluarga yang berpenghasilan lebih rendah.

Sementara itu, tiap PTN punya kebijakan masing-masing dalam menentukan nominal dan jumlah golongan UKT-nya. Namun secara umum, terdapat enam golongan UKT mahasiswa: golongan I sekitar Rp500.000,00 golongan II sekitar Rp1.000.000,00 golongan III sekitar Rp2.500.000,00 golongan IV sekitar Rp4.000.000,00 golongan V sekitar Rp5.000.000,00 dan golongan VI sekitar Rp6.000.000,00. Tapi angka UKT per golongan ini nggak mutlak, ya – ditentukan oleh masing-masing PTN.

 

Biaya Kuliah Tunggal (BKT)

Masih tentang biaya kuliah di PTN, yang ini namanya BKT – disebut juga dengan Biaya Operasional Pendidikan (BOP) atau Sumbangan Operasional Pendidikan (SOP). Nominal BKT tergantung pada jurusan dan kebutuhan mahasiswa dijurusan tersebut. Jurusannya sendiri dikelompokkan kedalam empat ranah, yaitu kedokteran, rekayasa, sains, dan sosial-humaniora.

Bisa nebak sendiri kan, kalau kebutuhan kuliah jurusan Kedokteran lebih banyak daripada jurusan Sastra, misalnya? Kedokteran, rekayasa atau teknik, dan sains adalah jurusan-jurusan yang membutuhkan praktikum dan laboratorium. Seberapa besar BKT ini? Selain ditentukan oleh PTN yang bersangkutan, indeks jurusan, indeks PTN, dan indeks kemahalan wilayah menentukan nominal BKT yang harus dibayarkan mahasiswa setiap semester.

 

Uang Pangkal/ Gedung

Jika masuk PTN melalui Jalur Mandiri, kemungkinan besar kamu wajib membayar Uang Pangkal – sama halnya jika kamu kuliah di PTS. Biaya ini dibayarkan sekali disaat awal masuk kuliah. Lagi-lagi, besaran uang pangkal ditentukan oleh masing-masing PTN maupun PTS.

 

Uang Semester

Kuliah di PTS berarti kamu harus membayar Uang Semester – yang ini mirip dengan UKT/ BKT di PTN. Nominal Uang Semester bervariasi, tergantung PTS-nya dan jurusan – masih ingat perbandingan jurusan Kedokteran dan Sastra diatas, kan?

 

Biaya SKS

SKS adalah Sistem Kredit Semester. Satu matakuliah biasanya terdiri dari dua atau tiga SKS. Nah, per SKS-nya ada biaya yang wajib dibayarkan oleh mahasiswa PTS. Seberapa banyak? Tentunya, biaya per SKS tergantung pada kebijakan masing-masing PTS. Kamu tinggal mengalikan dengan jumlah SKS yang diambil pada satu semester.

 

Masih ada lagi biaya-biaya lain, seperti kebutuhan perlengkapan untuk praktikum atau di laboratorium – sangat tergantung pada jurusan masing-masing. Misalnya, kebutuhan mahasiswa Kedokteran Hewan tentu berbeda dari mahasiswa Kedokteran Gigi. Belum lagi kalau kamu tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa, pasti akan ada biaya tambahan lagi. Setidaknya, itu adalah gambaran biaya utama yang akan kamu temui saat menjadi mahasiswa nanti.

Jika kamu kuliah di kota lain, terpisah dari keluarga, tentu ada biaya tambahan untuk tempat tinggal, makan, dan lain sebagainya. Sudah masuk perhitunganmu, belum?

Lebih masukan Blog

Cari Tahu Lebih Banyak tentang Jurusan Biologi, Yuk!

Udah kenal lama sama Biologi, kan? Pelajaran yang sudah ada sejak SMP ini ada jurusan...

4 Perguruan Tinggi di Amerika Serikat Ini Sulit Ditembus

Kamu merasa masuk UI, UGM atau ITB terbilang gampang ? Terlalu mudah? Baiklah, mungkin kamu...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka