redesain-navbar Portlet

null

Blog

4 Tipe (Maha)siswa – Pilih Cara Belajarmu yang Paling Efektif

Belajar dari rumah dapat dilakukan secara mandiri dan tetap tepat guna.

Tipe (Maha)siswa, image via www.educationerybyjess.com

Salah satu peran kampus dalam pencegahan percepatan penularan penyakit saat ini adalah dengan melakukan perkuliahan jarak jauh. Alhasil, mahasiswa harus belajar dari rumah. Tapi sudah tepatkah cara belajar kita? Sudah efektifkah cara belajar kita selama ini?

Agar waktu dan tenaga yang kita curahkan tepat guna, ayo kenali dulu sebenarnya cara belajar yang lebih sesuai bagi diri kita itu yang seperti apa? Dan sebenarnya, sebagai pelajar, kita lebih cenderung bertipe apa? Let's find out, Sobat.

 

1. Visual, yang Suka Membayangkan Banyak Hal

Eits, bukan berarti karena Sobat suka membayangkan makanan, gadget yang diimpikan, atau traveling ke lokasi-lokasi yang menarik, maka Sobat adalah tipe visual. Bukan, bukan membayangkan yang seperti itu! Tipe visual adalah mereka yang memahami informasi dengan cara merekam informasi baru tersebut dalam bentuk gambaran didalam benaknya.

Visual students literally visualize ideas in their minds. Sobat Pintar yang bertipe visual dapat mengingat diagram yang digambar dosen di whiteboard kelas ketika menghadapi soal ujian diakhir semester, misalnya. Bagi seorang yang bertipe visual, sebaliknya, penjelasan panjang lebar selama berjam-jam dapat dengan mudah hilang dari ingatan.

Bagaimana ketika belajar sendiri di rumah? Yes, visualize it, Sobat. Coba buatlah gambaran didalam benak yang dapat diasosiasikan dengan konsep yang tengah dipelajari. Atau lebih baik lagi, dapatkan gambar-gambar secara online untuk digunakan sendiri sebagai bahan belajar – ingat, gunakan sendiri ya, bukan untuk diperbanyak secara komersial.

 

2. Auditori, yang Sabar Mendengarkan Cukup Lama

Tipe pelajar ini tampaknya kurang memperhatikan dosen saat sedang kuliah. Tapi jangan salah, telinganya terbuka lebar dan siap merekam apapun yang disampaikan! Nah, Sobat Pintar termasuk mahasiswa yang seperti ini?

Presentasi power point atau teks bacaan adalah bahan belajar yang kurang menarik bagi tipe auditori. Jadi, bagaimana ketika harus belajar sendiri di rumah? Sobat Pintar dapat menggunakan audio book atau e book dengan mode read aloud. Otherwise, you may want to call one of your friends and talk about a particular material.

 

3. Kinestetik, yang Tak Bisa Berdiam Diri

A man of action – it's the best words to describe a kinesthetic person. Sekedar membaca, melihat, atau menyimak takkan cukup membuatmu belajar. You need to act on it! Begitulah pelajar tipe kinestetik.

Alhasil, duduk diam mendengarkan dosen memberi kuliah di kelas bukan sesuatu yang mudah untuk dikerjakan bagi mahasiswa kinestetik. Jika belajar terasa lebih mudah sambil mengetuk-ngetuk meja dengan pensil, memainkan bola di tangan, atau sambil melakukan kegiatan lain, boleh jadi Sobat Pintar memang bertipe kinestetik.

Don't feel guilty for being unable to sit nicely. Justru saat harus belajar secara mandiri dari rumah, Sobat dapat belajar dengan gaya yang paling pas untuk dirimu sendiri. Enjoy exploring yourself!

 

4. Membaca dan Menulis, Si Kutu Buku yang Rajin

Tipe mahasiswa ini pada umumnya disukai dosen. Bagaimana tidak? Mereka biasanya rajin membaca buku-buku teks yang terlalu tebal bagi sebagian besar mahasiswa. Tipe ini juga rajin menulis dan membuat catatan perkuliahan. Are you the one, Sobat Pintar?

Sebenarnya tipe mahasiswa ini tak berniat untuk menjadi kutu buku yang rajin membaca dan menulis. Hanya saja, kedua cara tersebut membuat mereka lebih mudah menyerap, memahami, dan menyimpan informasi. Mereka memang butuh membaca teks dan menulisnya ulang dengan kata-katanya sendiri. Itu saja.

 

Nah, dari keempat gaya belajar diatas, Sobat Pintar lebih mendekati tipe pelajar yang mana? Atau lebih tepatnya, cara belajar yang mana yang membuatmu lebih mudah menyerap, memahami, dan menyimpan materi kuliah – atau pelajaran sekolah? Find a method that works best for you, and use it!

60

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp