redesain-navbar Portlet

null

Blog

5 Tips Atasi Stres Belajar dari Rumah

Pengelolaan stres yang baik dapat dikerjakan dengan beberapa langkah mudah.

Tips Atasi Stres Belajar dari Rumah, image via thebeet.com

Ditengah pandemi seperti sekarang, ada banyak ketidakpastian yang harus kita hadapi. UNBK, UKK, hingga wisuda batalkan. Bahkan jadwal UTBK juga belum pasti sampai hari ini. Sobat Pintar yang akan masuk kuliah pada jalur SBMPTN tentu dibuat khawatir dengan keadaan seperti ini.

Nah, bagaimana mengatasi rasa khawatir, cemas, bahkan stres dengan keadaan yang serba tak pasti ini? Atau bahkan, sekedar mengatasi rasa bosan karena harus di rumah saja?

 

1. Susun Jadwal Belajar

Why do we have to make learning schedule in the midst of anxiety and stress? Jadwal belajar bukan untuk membuatmu lebih stres, Sobat. We just need to set up routines – something we can control in times of uncertainties. Anyway, Sobat yang masih harus mempersiapkan UTBK saat ini, tak punya banyak pilihan selain harus tetap belajar, bukan?

Tak hanya jadwal belajar, tapi sertakan juga kegiatanmu untuk istirahat, olahraga, dan berbagai kegiatan seru yang lain. Misalnya, rencanakan untuk belajar selama satu hingga dua jam, kemudian istirahat. Diluar jadwal belajar, kita bisa memanfaatkan waktu untuk bermain game, menjaga kehidupan sosial secara digital, dan lain sebagainya.

 

2. Pilih Waktu dan Tempat Belajar

Masih merasa terpaksa belajar, atau justru makin stres dengan jadwal belajar? Easy, Sobat. Kita bisa membuat kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan dengan menentukan waktu dan tempatnya. Sobat merasa lebih mudah berkonsentrasi untuk belajar diwaktu pagi, siang, sore, atau malam? Pilih waktu terbaikmu.

Bagaimana bila kita masih terikat jadwal kelas maya bersama guru atau dosen? Kalau begitu, pilihlah tempat belajar yang membuatmu merasa lebih mudah untuk fokus, produktif, dan tenang. Jangan memilih tempat yang terlalu nyaman, seperti tempat tidur, sampai kita jadi ingin rebahan ya, Sobat!

 

3. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Kemarin-kemarin mungkin kita lebih abai dengan apa yang kita makan – dengan lebih mengutamakan rasa dan selera, misalnya. Sekarang, ada baiknya bila kita lebih peduli dengan nutrisi makanan kita sehari-hari.

Selain memperkuat sistem imun, makanan yang bernutrisi juga mampu memperkuat daya tahan kita terhadap stres. Jeruk, alpukat, brokoli, dan biji bunga matahari adalah makanan-makanan yang kaya akan vitamin B, vitamin C, magnesium, dan zat besi. We need them all to strengthen our nervous system.

 

4. Olah Raga yang Cukup dan Sesuai

Olahraga tak hanya membuat badan kita menjadi lebih sehat, tetapi psikis kita juga lebih baik. Saat berolahraga, badan kita menghasilkan hormon endorfin yang mampu membuat kita merasa lebih positif, berenergi, senang, riang, tenang, bahkan bahagia.  

Perasaan yang demikian positif tentu membantu kita mengatasi berbagai rasa cemas yang timbul karena cekaman suasana pandemi seperti sekarang. Anyway, perhaps we just need to stretch or kick a ball to ward off the lingering stress. Kerjakan saja apa yang bisa dikerjakan di rumah, Sobat – mungkin lompat tali, pull up, push up, atau yang lain.

 

5. Perbaiki Kualitas Tidur

Meskipun di rumah, kita harus tetap aktif sepanjang hari – salah satunya dengan berolahraga. Being active all day helps us sleep better at night. Tidur yang nyenyak mampu memperbaiki memori dan fokus – dua hal penting yang kita butuhkan sebagai pelajar.

 

A change is always stressful – at different levels. Berubahnya keadaan kita saat ini memang tak selalu mudah untuk dihadapi. Tapi bukankah sekarang juga merupakan saat yang tepat bagi kita untuk berlatih mengelola stres dan emosi? Aren't the skills essential for the rest of our life?

100

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp