CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

4 Tips Lolos UTBK-SBMPTN 2022

Berhasil melalui UTBK dan lolos SBMPTN tak cukup dengan belajar saja.

4 Tips Lolos UTBK-SBMPTN 2022, Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

UTBK masih jauh! Eitts, siapa bilang? Karena kita sibuk dengan tugas dan jadwal sekolah yang sebentar online sebentar offline, tiba-tiba saja UTBK sudah didepan mata. Enggak percaya? Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022 tinggal menghitung hari, loh! Terus, apa yang sudah kamu siapkan biar UTBK-mu lancar dan kamu sukses lolos di SBMPTN, Sobat Pintar?

 

1. Jangan cuma diperbanyak latihan soal, pahami juga konsepnya


Photo by Fa Barboza on Unsplash

Bukan rahasia lagi, latihan soal-soal UTBK menjadi rutinitas calon mahasiswa baru. Semakin banyak kita bertemu soal latihan, harapannya kita semakin mengenali pola atau jenis soal-soal yang sering muncul. Tapi tau ngga sih, kalau berlatih soal saja enggak cukup?

Kita juga harus bisa memahami konsep dibalik setiap materi pelajaran. Pemahaman konsep materi seperti ini membantu kita memetakan mana-mana saja materi dan soal latihan yang lebih mudah, untuk kemudian beranjak mempelajari materi dan soal-soal yang lebih sulit. Dengan begitu, kita bisa belajar dengan lebih efektif, Sobat.

 

2. Rajin ikut Try Out dan cermati skor yang diperoleh


Photo by Orimi Protograph on Unsplash

Ingin tahu progress-mu belajar dan berlatih soal-soal UTBK? Wajib mengikuti Try Out, Sobat Pintar. Disamping menjadi sarana buat kita mengakrabkan diri dengan soal-soal UTBK, Try Out juga membiasakan kita dengan suasana ujian lantaran terbatasnya waktu yang tersedia untuk mengerjakan soal.

Yang tak kalah penting adalah hasil Try Out itu sendiri. Coba lihat, Sobat. Sudah seberapa dekat skor Try Out-mu dengan skor rerata UTBK yang lolos SBMPTN tahun sebelumnya di jurusan incaranmu?

 

3. Mencari informasi sedetail dan sebanyak mungkin tentang UTBK dan SBMPTN 2022


Photo by Larissa Cardoso on Unsplash

Pendaftaran UTBK mulai tanggal berapa? Jadwal UTBK-nya sendiri kapan, sih? Materi ujiannya bakal ada perubahan mendadak ga, ya? Pengin lintas jurusan, tapi peluangnya kira-kira gimana? Ada Try Out yang bisa diikuti ga, nih?

Woops, bisa overthinking kalau pertanyaan-pertanyaan kayak gitu enggak ketemu jodohnya, eh, jawabannya. Gimana caranya biar benang kusut di kepalamu sedikit lebih terurai dan kamu bisa ngobrolin semua kegalauanmu tentang UTBK dan SBMPTN dengan enteng?

Gampang. Gabung aja di grup Open Chat Aku Pintar. Melalui Open Chat, kamu bisa share info seputar UTBK-SBMPTN 2022, ngeluarin unek-unekmu tentang pilih jurusan kuliah, atau nanyain soal UTBK-SBMPTN yang kamu belum tahu. Minimal, kamu bisa mengenal Sobat Pintar yang lain – yang siapa tau, mungkin bakal jadi teman kuliahmu di semester depan.

 

4. Pantau peluang di jurusan dan PTN incaran, petakan persaingan


Photo by Alvaro Reyes on Unsplash

Sambil menyiapkan diri menghadapi UTBK, jangan lupa untuk melakukan riset kecil-kecilan. Apa yang diriset, Sobat?

Iya! Segala sesuatu tentang jurusan dan PTN yang kamu incar. Misalnya, sudahkah kamu tahu berapa skor rerata yang lolos SBMPTN sebelumnya? Berapa banyak kuota mahasiswa baru yang tersedia, berapa jumlah peminat, dan berapa yang diterima?

Kalau perlu, kamu dapat memetakan persaingan masuk jurusan incaranmu dengan lebih baik lagi. Misalnya, kamu bisa membandingkan berapa jumlah peminat dan peserta SBMPTN yang lolos tiap tahun di jurusan tersebut pada beberapa PTN sekaligus.

Kekepoan seperti ini sebenarnya cukup membantu kita melihat peluang lolos di SBMPTN, terutama pada jurusan atau prodi pilihan pertama. Siapa tau, mungkin setelah membanding-bandingkan sekian PTN, pilihan jurusanmu bakal beralih di PTN dengan potensi peluang lolos SBMPTN yang lebih besar.

Nah, sudah siap menghadapi UTBK-SBMPTN 2022, Sobat Pintar? Sudah sejauh manakah persiapanmu?

110

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog