CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Mengenal Besaran Pokok dan Besaran Turunan Dalam Fisika

Jika sobat pintar sudah belajar tentang pengukuran bukan? Jika sudah pasti pernah mendengar kata “besaran”, Nah maka dari itu didalam materi pengukuran sedikit membahas tentang besaran dalam fisika. Yuk kita lebih kenal dekat dengan besaran dalam fisika!

https://unsplash.com/charlesdeluvio

Hay Sobat Pintar! Tahu gak sih apa yang dimaksud dengan besaran dalam fisika? Apa saja jenis-jenis besaran dalam fisika? Dan apa perbedaanya? Mari kita bahas bersama dalam artikel berikut ini!

1. Pengertian Besaran Dalam Fisika

Besaran dalam fisika  dapat diartikan dengan sesuatu yang dapat diukur atau yang memiliki nilai dan memiliki satuan. Sedangkan satuan adalah nama atau istilah yang diberikan untuk mengukur besaran tersebut. Telah disebutkan bahwa besaran dalam fisika setidaknya dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu kelompok pertama kelompok berdasarkan arahnya (besaran vektor dan besaran skalar), lalu yang kedua adalah kelompok besaran berdasarka satuannya (besaran pokok dan turunan). Setiap besaran dalam fisika memiliki satuannya masing-masing. Nah yang akan kita bahas yaitu pengelompokkan besaran fisika berdasarkan satuannya, antara lain besaran terdiri dari besaran pokok dan besaran turunan.

2. Pengertian Satuan Dalam Fisika

Dalam ilmu fisika, satuan dapat diartikan dengan pembanding atau penentu dalam pengukuran suau besaran atau dapatpula dikatakan sebagai hasil dari sebuah pengukuran yang mengikuti besarannya. Dalam satuan, kita mengenal yang namanya Satuan Internasional (SI), yaitu satuan yang distandarisasi dan diakui penggunaanya secara Internasional.

Sobat pintar juga harus tahu bahwa Satuan International (SI) telah ditetapkan oleh International Bureau of Weights and Measures (BIPM), dimana satuan dikelompokkan dalam dua jenis yaitu satuan baku dan satuan tidak baku. Untuk satuan baku contohnya meter, sekon, kilogram dan lainnya, sedangkan untuk satuan tidak baku contohnya seperti jengkal atau langkah dimana setiap orang tentu memliki panjang jengkal atau langkah yang berbeda itulah mengapa disebut dengan satuan tidak baku.

3. Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu (kesepakatan para fisikawan dahulu) atau besaran yang menjadi dasar untuk menetapkan besaran yang lain. Besaran pokok sifatnya bebas, artinya tidak bergantung pada besaran pokok yang lain. Berikut disajikan tabel contoh besaran pokok yang telah disepakati oleh para ilmuwan terdahulu:


                  Sumber: Inspirilo.com

4. Besaran Turunan

Besaran Turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran-besaran pokok penyusunnya. Misalnya, satuan turunan dari luas. Luas itu diperoleh dengan mengalikan panjang dan lebar suatu bangun. Nah, panjang dan lebar itu satuan pokoknya kan meter (m). Mari kita coba hitung yuk sobat pintar satuan turunan luas adalah sebagai berikut:

Luas = panjang x lebar = m x m = m2

Maka besaran turunan dari luas adalah m2

Berikut merupakan tabel beberapa contoh besaran turunan beserta satuannya:


              Sumber: Inspirilo.com

5. Dimensi

Dimensi suatu besaran menunjukkan cara besaran tersebut tersusun dari besaran-besaran pokoknya. Pada sistem Satuan Internasional (SI), ada tujuh besaran pokok yang berdimensi, sedangkan dua besaran pokok tambahan tidak berdimensi. Dimensi memiliki dua kegunaan, yaitu digunakan pada analisis dimensional dan untuk menunjukkan kesetaraan beberapa besaran. Cara penulisannya dinyatakan dengan lambang huruf tertentu dan diberi tanda kurung persegi. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut:


Sebagai contoh kecepatan (v) yang merupakan hasil bagi antara perpindahan (s) terhadap selang waktu (t). Maka dimensi kecepatan dapat dicari dengan cara sebagai berikut:

Sobat pintar tidak perlu bingung ketika mencari dimensi suatu besaran karena pada umumnya perhitungan dimensi tetap sama seperti perhitungan biasa yang membedaan hanya diapit menggunakan lambang kurung siku ([…]). Kemudian kalua nilai perkalian dituliskan dengan pangkat positif sedangkan, untuk pembagian ditulis dengan pangkat negatif.

6. Perbedaan Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Apakah perbedaan dari kedua jenis besaran tersebut? Coba sobat pintar perhatikan lagi definisi masing-masing besaran!

Perbedaan dapat dilihat dari pengertiannya, yaitu besaran pokok tidak bergantung dengan besaran lain, sedangkan besaran turunan bergantung dengan besaran pokoknya. 

Selain itu, satuan dari besaran turunan merupakan hasil perkalian atau pembagian dari satuan SI pada besaran pokok. Sedangkan besaran pokok sudah memiliki satuan dari SI

.Latihan Soal Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Nah sobat pintar setelah membaca artikel ini, alangkah baiknya kalau kita menguji pemahaman kita dengan mengerjakan soal berikut, untuk jawabannya sobat pintar dapat menuliskan dibuku catatan masing-masing ya!

1. Sebutkan 3 sistem SI dari besaran pokok yang sering kamu jumpai!

2. Apakah perbedaan besaran pokok dan besaran turunan? Jelaskan!

3. Besarnya massa jenis suatu benda yang memiliki massa m dan luas alasnya A, dinyatakan dengan persamaan:


 

Writer: Alfiah Heni Putri

Validator: Fifa Fransiska

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog