redesain-navbar Portlet

Blog

4 Tips Masuk PTN 2022: Wajib Tahu Ini sebelum Terlambat

Siapkan diri sebaik-baiknya untuk masuk PTN.

tips masuk ptn, Photo by Daian Gan on Unsplash

"Bagaimana cara masuk perguruan tinggi negeri dengan mudah?" Hayo siapa yang punya pertanyaan seperti ini? Kalau Sobat Pintar pernah bertanya-tanya bagaimana cara masuk universitas negeri, itu bagus. Artinya, Sobat punya tujuan dan memikirkan cara bagaimana mencapai tujuan itu. Tapi kalau ngomongin cara yang mudah, nah itu lain lagi. Pasalnya, mudah dan sulit itu relatif. Sesuatu yang mudah buatmu belum tentu mudah buat orang lain.

Terus, gimana kalau kita mau masuk perguruan tinggi negeri? Yuk, cari tahu apa saja yang harus dipersiapkan untuk masuk perguruan tinggi. Only then can you decide if it's going to be easy for you.

 

1. Kenali dan Pahami Diri Sendiri

cara masuk universitas negeri
Photo by Yayan Sopian on Unsplash

Yes, you know your name, of course. Tapi yang dimaksud dengan mengenali diri sendiri itu lebih dari sekedar mengetahui nama kita. Mengenali dan memahami diri sendiri berarti kita tahu apa kelebihan dan kekurangan diri sendiri, apa yang kita sukai dan ingin kerjakan di masa depan nanti. Dari sini, kita punya base yang solid untuk memilih jurusan kuliah yang tepat. Itulah sebabnya, mengenali diri sendiri bisa jadi merupakan tips masuk PTN yang paling penting.

 

2. Tentukan Pilihan Jurusan sejak Jauh Hari

strategi masuk ptn

Photo by Liza Summer on Pexels

Dengan pemahaman diri yang baik, besar kemungkinan kita memilih jurusan kuliah yang tepat. Namun bila Sobat Pintar masih penuh keraguan di dua langkah awal strategi masuk PTN ini, gunakan saja Minat Pintar. Rangkaian tesnya dirancang untuk membantumu tak hanya mengenal diri sendiri, tapi juga memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan terbaikmu.

Satu poin penting yang perlu diperhatikan tentang memilih jurusan kuliah adalah jangan melakukannya dengan terburu-buru. Sobat Pintar pasti pernah terburu-buru melakukan sesuatu, kan? Besar kemungkinan hasilnya berantakan, kan? Nah, begitu pula bila kita memilih jurusan kuliah dengan terburu-buru. Jurusan kuliah yang ditentukan sejak 1-2 tahun sebelum SNMPTN dan SBMPTN tentu merupakan keputusan yang lebih matang daripada jurusan kuliah yang dipilih sehari sebelum pendaftaran.

Memilih jurusan kuliah sejak jauh hari juga membuatmu lebih fokus belajar selama di sekolah. You know where you want to go and how to get there. Strategi masuk PTN yang dipilih juga dapat disesuaikan dengan tingkat kesulitan/keketatan masuk jurusan dan kampus yang Sobat incar.

 

3. Tentukan Jalur Masuk Pilihanmu

snmptn dan sbmptn
Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Ada tiga cara masuk universitas negeri, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. SNMPTN dan SBMPTN biasanya menjadi jalur incaran karena, terutama, faktor biaya yang lebih besar di Seleksi Mandiri. Apakah Sobat Pintar juga calon mahasiswa yang mengutamakan jalur SNMPTN dan SBMPTN?

Jika SNMPTN menjadi jalur masuk pilihanmu, maka hanya ada satu cara yang harus ditempuh yaitu mempertahankan nilai rapormu agar tetap baik sejak semester satu. Strategi masuk PTN di jalur ini adalah dengan memperhitungkan nilai matpel tertentu sesuai dengan jurusan pilihanmu. Nah, jika jurusan kuliahmu sudah ditentukan sejak semester satu, nilai matpel-matpel tersebut dapat dipertahankan sampai semester lima sehingga peluangmu lolos SNMPTN juga menjadi lebih besar.

Selain nilai rapor, Sobat Pintar juga harus menjadi bagian dari 40%, 25%, atau 5% yang terbaik di sekolah tergantung pada akreditasi sekolahmu. Semua tips masuk PTN melalui jalur SNMPTN, termasuk nilai rata-rata masuk perguruan tinggi negeri, dibahas di sini.

Sementara itu, tips masuk PTN melalui jalur SBMPTN adalah dengan rajin belajar menyiapkan UTBK dan mengikuti Try Out. Yes, it takes time, Sobat. Banyak materi untuk UTBK yang harus kita pelajari sendiri. Mengikuti Try Out juga tak bisa dilakukan sekali saja.

 

4. Kepoin tentang Jurusan dan Kampus Incaran

cara daftar ptn
Photo by Teona Swift on Pexels

Do your homework, Sobat. Riset, cari tahu, kepo tentang jurusan dan kampus incaranmu. Keep yourself updated tentang prospek jurusan-jurusan incaranmu, kurikulum perkuliahannya, dosen-dosen, fasilitas kampus, termasuk juga biaya kuliah. Bila perlu, cari tahu juga cara daftar PTN incaran di jalur mandiri. Bukan berarti pesimis dengan hasil SNMPTN dan SBMPTN, tapi kita harus siap dengan plan B, kan?

 

Setelah mengetahui empat tips masuk PTN di atas, bagaimana menurutmu, Sobat. Apakah ternyata syarat masuk perguruan tinggi negeri itu mudah? Atau sebaliknya, kuliah PTN adalah sesuatu yang terasa hampir mustahil untuk dilakukan? It's your decision to make.

110

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet