APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

4 Website Bermanfaat bagi Mahasiswa Baru

Mahasiswa baru perlu membekali diri dengan pengetahuan praktis yang akan bermanfaat bagi kelancaran kuliahnya.

Photo by Bich Tran on Pexels

Web laporan penelitian merupakan salah satu modal penting, kalau bukan wajib, bagi mahasiswa. Kamu tentu tahu, Sobat Pintar, publikasi saat ini tak terbatas cetak saja. Ada banyak, bahkan mungkin jauh lebih banyak, publikasi digital, termasuk pula dalam ruang lingkup penelitian ilmiah.

Nah, sebagai calon mahasiswa dan mahasiswa baru, kamu perlu tahu lebih banyak tentang website kumpulan karya ilmiah. Jika kamu belum familier dengan penelitian, metode, hingga penyusunan laporan karya ilmiah selama di sekolah, mau tak mau Sobat harus mempelajarinya saat kuliah. Jurna-jurnal ilmiah yang dapat diakses dengan mudah secara online dapat memberimu gambaran tentang metode hingga analisis penelitian yang kelak dapat kamu adaptasi dan kembangkan saat menyusun skripsi.

Terus, di mana tempat mencari jurnal ilmiah itu? Untuk mempelajari jurnal ilmiah online, ada beberapa rekomendasi web laporan penelitian berikut yang dapat kamu kunjungi, Sobat Pintar.

 

1. Google Scholar

website kumpulan karya ilmiah
Photo by Pixabay on Pexels

Kalau kamu mengikuti KIR di sekolah, Google Scholar pasti bukan tempat mencari jurnal ilmiah yang asing. Pertama, kamu sudah kenal Google dari lahir (oke, enggak juga, sih). Kedua, penggunaan Google Scholar itu gampang banget. Newbie sekalipun pasti bisa mengetikkan kata kunci di tempat pencarian jurnal ilmiah online ini. Setelah jurnal-jurnal dengan kata kunci itu muncul, kamu tinggal memilih satu atau dua jurnal yang ingin dipelajari.

Manfaat Google Scholar bagi mahasiswa tak terbatas pada jurnal ilmiah saja. Kamu juga bisa mengakses banyak banget e-book di website jurnal ini.

 

2. Neliti

website bermanfaat bagi mahasiswa
Photo by Pixabay on Pexels

Ada banyak jurnal akademik yang kredibel di Neliti. Tak hanya berfungsi sebagai website kumpulan karya ilmiah, Neliti juga menyediakan repositori institusi serta konferensi akademik.

Manfaat Neliti.com bagi mahasiswa terasa sekali terutama saat melakukan penelitian. Di tempat mencari jurnal ini, kamu bisa mendapatkan sebanyak mungkin publikasi konten akademik yang dibutuhkan.

 

3. Academia Edu

manfaat Google Scholar bagi mahasiswa
Photo by Grovemade on Unsplash

Kamu yang punya jiwa scientist, Academia Edu wajib banget dikujungi nih, Sobat Pintar. Website jejaring sosial yang ditujukan bagi para akademisi ini memberimu kesempatan untuk distribusi laporan karya ilmiah, memantau dampaknya, hingga memperluas cakupan pembacanya.

Sementara kamu yang cuma pengin menyelesaikan skripsi, Academia Edu adalah rekomendasi web untuk mahasiswa yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Kamu bisa mengunduh berhalaman-halaman PDF dengan gratis, entah itu di bidang sejarah, engineering, ekonomi, psikologi, fisika, antropologi, filosofi, kimia, ilmu bumi, ilmu komputer, matematika, dan masih banyak lagi. Satu web laporan penelitian ini saja dapat memperkaya bab tinjauan pustaka dan landasan teorimu.

Namun yang pasti, akses ilmu tanpa batas adalah manfaat Academia Edu bagi mahasiswa yang terbesar. Kamu bisa membaca sebanyak mungkin penelitian yang kamu inginkan dengan gratis. Manfaat lainnya yang secara spesifik dapat kamu peroleh dari web laporan penelitian ini adalah tampilan newsfeed yang efisien, publikasi gratis, informasi jumlah pembaca, download gratis, bahkan kamu bisa mengirim CV melalui Academia Edu!

 

4. Perpusnas

manfaat Academia Edu bagi mahasiswa
Photo by Burst on Pexels

Ada tempat mencari jurnal dalam negeri aja ga, sih? Ada, dong. Kamu bisa mengunjungi website Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Di samping jurnal, perpustakaan online ini juga memiliki koleksi naskah-naskah kuno, buku-buku langka, dan majalah-majalah. Artinya, selain mendapatkan referensi untuk karya ilmiah dan skripsimu, Sobat Pintar juga bisa membaca berbagai sumber bacaan di web ini. Pemilihan koleksi bacaan juga cukup mudah karena, seperti perpustakaan pada umumnya, terdapat segmentasi bacaan sesuai dengan rentang usia pembaca.

Itulah empat website bermanfaat bagi mahasiswa – dan tentunya bagi pelajar dan calon mahasiswa. Seiring dengan bertambahnya jenjang pendidikan, apa yang kita baca tentu semakin panjang, banyak, dan kompleks – enggak lagi beberapa baris caption di media sosial, melainkan jurnal penelitian.

Eitts, tapi kamu masih bisa kok, mendapatkan informasi seputar dunia kampus secara global di media sosial. HackCollege, misalnya, adalah salah satu akun medsos yang mungkin mampu menjawab kebutuhanmu meskipun saat ini sudah tidak aktif lagi. Jangan keburu patah hati, Sobat Pintar. Artikel-artikel life hack untuk mahasiswa dari HackCollege masih dapat kamu baca di laman HuffPost.

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog