redesain-navbar Portlet

null

Blog

5 Aplikasi Membuat Media Pembelajaran Interaktif untuk Guru

Platform untuk membuat media pembelajaran interaktif yang harus guru tahu

Foto oleh Josh Sorenson dari Pexels

Media pembelajaran dapat membantu Guru Pintar dalam melaksanakan salah satu tugas utamanya yaitu menyampaikan materi pelajaran kepada siswa-siswinya dengan efektif. Kreativitas Guru Pintar dalam membuat media dan menyajikan materi pembelajaran sangat berpengaruh pada keberhasilan proses belajar mengajar. Oleh karena itu menjadi guru yang kreatif adalah sebuah keharusan. Tidak bisa atau tidak sempat bukanlah alasan karena media pembelajaran dapat dibuat dengan berbagai cara disesuaikan dengan materi dan karakteristik siswa yang diajar.

Up to date adalah salah satu kata kunci yang harus Guru Pintar ingat dalam membuat media pengajaran. Sebagai contoh di era digital seperti saat ini, Guru Pintar perlu juga disesuaikan dengan perkembangan pembelajaran dan tren yang sedang berkembang. Siswa zaman now lebih tertarik dengan hal-hal berbau teknologi. Tidak heran jika mereka juga sangat tertarik dengan media-media pembelajaran yang berbasis teknologi yang interaktif dan menyenangkan.

Guru Pintar tidak perlu gusar. Saat ini sudah banyak platform yang akan membantu Guru Pintar membuat media berbasis digital. Tak hanya itu, software pembuat media pembelajaran dan aplikasi media pembelajaran interaktif saat ini mudah sekali ditemukan beserta video-video tutorial cara membuat media pembelajaran berbasis multimedia dan interaktif pastinya. contoh media pembelajaran interaktif yang populer saat ini adalah multimedia interaktif seperti video pembelajaran, games digital, buku digital, power point dan lain sebagainya. Berikut ini adalah contoh aplikasi multimedia interaktif yang dapat Guru Pintar coba untuk mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis digital.

1. Aplikasi Canva

Aplikasi Membuat Media Pembelajaran Interaktif
Foto dari Canva.com

Aplikasi Canva merupakan salah satu aplikasi pengolah grafis atau visual yang cukup populer saat ini. Aplikasi Canva ini adalah aplikasi pengolah grafis berbasis cloud sehingga Guru Pintar harus terhubung dengan internet jika ingin menggunakannya. Guru Pintar memanfaatkan aplikasi Canva untuk membuat media pembelajaran, seperti membuat infografis, rangkuman materi, worksheet, brosur, poster, template presentasi, thumbnail YouTube dan lainnya.

Kelebihan aplikasi Canva adalah telah tersedia template berdasarkan kategori-kategori tertentu. Ada tujuh kategori yaitu media sosial, presentasi, dokumen, personal, pendidikan, marketing, event, dan iklan. Guru Pintar tinggal memilih template mana yang paling cocok untuk media pengajaran yang ingin dibuat berdasarkan materi dan karakteristik siswa. Aplikasi media pembelajaran interaktif ini sangat mudah diakses. Aplikasi ini dapat Guru Pintar akses menggunakan Handphone atau komputer. Nah, dengan demikian Guru Pintar dapat membuat media interaktif kapan saja dan di mana saja.

2.  Aplikasi Powtoon


Foto dari powtoon.com

Aplikasi Powtoon ini adalah aplikasi presentasi dan video animasi interaktif. Guru Pintar dapat memanfaatkan aplikasi Powtoon ini untuk mendesain media pembelajaran seperti presentasi, video animasi, infografis bergerak, dan lainnya. Aplikasi Powtoon dapat membantu Guru Pintar dalam menjelaskan konsep materi dengan lebih jelas serta menjadi keterbatasan ruang, waktu, dan indera dalam moda pembelajaran jarak jauh seperti sekarang ini.

Terdapat beragam fitur dan template dalam aplikasi Powtoon yang membantu Guru Pintar Membuat media pembelajaran. Dengan aplikasi ini Anda bisa menambahkan character, text effect, animation, link, background, dan lainnya. Aplikasi multimedia pembelajaran ini memungkinkan Guru Pintar untuk menggerakan karakter dan teks sesuai kebutuhan dengan hanya memilih effect dan pose yang tersedia. Guru Pintar bahkan dapat mengunggah media interaktif yang dihasilkan ke akunYouTube atau media sosial lainnya seperti Facebook. Media pembelajaran yang Guru Pintar buat di aplikasi Powtoon dapat disimpan dalam beberapa format seperti MP4, PDF, dan PPT.

3.  Aplikasi Prezi


Foto dari prezi.com

Aplikasi untuk membuat media pembelajaran interaktif lainnya adalah Prezi. Aplikasi atau software Prezi yang memiliki beberapa persamaan dengan aplikasi powerpoint maupun google slide ini dapat Guru Pintar gunakan untuk membuat dan mengelola presentasi secara online. Prezi memiliki fitur utama yang Zooming User Interface (ZUI). Hal ini memungkinkan Guru Pintar untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi secara fleksibel dan dinamis. Guru Pintar juga dapat memilih penampakan tampilan presentasi dengan mode linear yaitu presentasi yang memiliki karakteristik slide yang berurutan.

Aplikasi Prezi dapat Guru Pintar gunakan baik secara online maupun offline. Cara mengakses Prezi secara online. Guru Pintar dapat mengunjungi prezi.com melalui browser. Sedangkan untuk mengakses secara offline, Guru Pintar harus menginstall masternya terlebih dahulu. Prezi memiliki fitur utama seperti Prezi Present, Prezi Video, dan Prezi Design.

4.  Aplikasi Kinemaster


foto dari play.google.com

Aplikasi membuat video pembelajaran gratis ini sangat popular digunakan saat ini. Jadi tidak hanya youtuber atau video editor saja yang menggunakan aplikasi ini. Banyak guru-guru yang memanfaatkan aplikasi Kinemaster ini untuk membuat video pembelajaran. Guru Pintar dapat mengunduh aplikasi gratis ini di playstore. Jika belum dapat mengoperasikannya, Guru Pintar dapat mempelajari cara penggunaannya melalui tutorial-tutorial yang banyak beredar di youtube.

Terdapat menu gratis dan berbayar dalam aplikasi Kinemaster ini. Jika ingin mendapatkan hasil maksimal dalam pembuatan video pembelajaran, Guru Pintar dapat melakukan pembelian untuk tambahan menu-menu yang tersedia, seperti untuk menambah karakter kartun, effect video, transisi, hamparan, jenis teks dan audio.

5. Aplikasi Assemblr Edu


Foto dari id.edu.assemblrworld.com

Contoh aplikasi multimedia interaktif untuk membuat media pembelajaran adalah Assembr Edu. Assemblr EDU merupakan sebuah platform yang memungkinkan Guru Pintar untuk membuat kegiatan belajar yang lebih interaktif, kolaboratif, & menyenangkan dengan mode 3D dan AR (Augmented Reality). Fitur yang dapat Guru Pintar temukan dalam aplikasi ini antara lain: Unggah file, tulis catatan, bagikan visual, dan kreasi 3D & AR di kelas.

Cara membuat media pembelajaran yang menarik dengan Assemblr Edu ini terbilang cukup mudah. Alasan lainnya kenapa Guru Pintar harus mencoba membuat media pembelajaran dengan aplikasi ini adalah:

a. Berbasis visual

Gambar dan animasi 3D adalah media terbaik untuk menarik perhatian dan memicu keingintahuan siswa, khususnya bagi siswa-siswa di level bawah.

b. Mudah dipahami

Assemblr memungkinkan Guru Pintar membuat konsep-konsep yang rumit dan abstrak menjadi nyata dengan menghadirkannya tepat di ruangan kelas. Guru Pintar dapat menerangkan objek pembelajaran dari tiap sudut menggunakan teknologi 3D dan AR. Obyek yang terasa nyata membuat Guru Pintar dapat menghidupkan materi apapun dan memudahkan siswa untuk menangkap pelajaran dengan lebih cepat.             

c. Tersedia Materi yang dibutuhkan

Aplikasi  Assemblr sudah menyediakan konten-konten pendidikan yang dapat Guru Pintar gunakan secara gratis. Selain itu ada juga materi yang dapat Guru Pintar beli Toko Aset kemudian memasukkan dalam media pembelajaran Guru Pintar. Aplikasi yang tergolong masih baru ini memungkina Guru Pintar untuk mengimpor materi sendiri, atau bahkan buat materi/media dari nol dengan fitur editor AR.

Mana dari aplikasi di atas yang sudah pernah Guru Pintar coba?

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet