redesain-navbar Portlet

Blog

5 Buku Motivasi Untuk Guru dan Calon Guru

Rekomendasi buku yang cocok dibaca oleh guru dan calon guru

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Menjadi seorang guru tidak boleh lepas dari buku-buku. Mengapa? Karena seorang guru pada hakikatnya adalah seorang pembelajar. Membaca buku bisa dikatakan sebuah kewajiban bagi seorang guru. Dengan membaca buku, Guru Pintar tidak hanya mendapatkan pengetahuan baru, inspirasi baru, tetapi juga merefresh pengetahuan-pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya.

Seperti apa sih buku yang cocok dibaca oleh guru atau calon guru? Guru Pintar atau calon Guru Pintar harus membaca buku-buku seputar pelajaran yang diampu untuk memperdalam ilmu dan konsep yang akan diajarkan pada siswa. Selain itu, Guru Pintar dan calon Guru Pintar harus juga membaca buku tentang pendidikan untuk mengembangkan keterampilan mengajar. Berikut ini adalah 5 rekomendasi buku yang dapat menumbuhkan motivasi dan juga dapat menjadi referensi buku untuk guru.

1. Pendidikan Karakter di Era Milenial

Buku Motivasi Untuk Guru
Foto oleh penerbitbukudeepublish.com

Rekomendasi buku pendidikan pertama yang harus Guru Pintar baca adalah sebuah buku yang berjudul Buku Pendidikan Karakter di Era Milenial. Buku yang ditulis oleh Adi Suprayitno dan Wahid Wahyudi ini, terdiri dari 190 halaman dengan ulasan yang menarik untuk dibaca para guru dan calon guru.

Buku ini memaparkan bahwa di era milenial seperti sekarang ini, pendidikan tidak hanya berkaitan dengan kemampuan akademis siswa, tetapi juga tentang moral dan karakter sebagai tumpuan utama untuk diajarkan kepada seorang anak. Dengan membaca buku ini, Guru Pintar akan mendapatkan insight-insight cara mendidik di era milenial dengan menggunakan pendekatan untuk mengetahui peserta didiknya sehingga siswa tidak akan memandang guru hanya sebatas menjalankan suatu kewajiban saja.

Buku ini akan mengajarkan kepada guru bagaimana cara menghormati, cara memiliki rasa empati, dan lainnya. Pengetahuan-pengetahuan akan sangat berguna saat diterapkan di kelas sehingga siswa kan terbentuk menjadi insan yang berkarakter. Buku ini dapat Guru Pintar beli di Penerbit Buku Deepublish dengan harga Rp 118.000.

2. Seri Pembaharuan Pendidikan Membangun Kelas Aktif Dan Inspiratif


Foto oleh penerbitbukudeepublish.com

Rekomendasi buku untuk para calon pendidik dan juga yang sudah menjadi pendidik yang kedua adalah Buku Seri Pembaharuan Pendidikan Membangun Kelas Aktif Dan Inspiratif. Buku ini sangat cocok bagi Guru Pintar maupun calon Guru Pintar yang ingin membangun kelas aktif dan inspiratif.

Buku ini memiliki jumlah halaman sebanyak 262 halaman. Saat membaca buku ini, Guru Pintar akan diingatkan lagi akan peranan dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Setelah itu diharapkan Guru Pintar mampu menjalankan peran yang dominan sebagai guru yakni guru sebagai demonstrator, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai mediator dan fasilitator serta guru sebagai evaluator.

Buku ini juga sangat bermanfaat bagi Guru Pintar untuk menemukan inspirasi bagaimana menciptakan suasana belajar-mengajar yang baru. Hal lain yang dibahas dalam buku ini anata lain: pentingnya peran dari setiap aspek di sekolah, konsep tentang membangun kelas aktif dan inspiratif, bagaimana menjadi guru inspiratif dan menciptakan kelas aktif, menjelaskan strategi membangun kelas aktif dan inspiratif, dan hal apa saja yang harus ditingkatkan oleh pengajar dalam mengembangkan kemampuan kelas aktif inspiratif.

Hanya dengan membayar Rp 167.000 saja, Guru Pintar sudah dapat memiliki Buku Seri Pembaharuan Pendidikan Membangun Kelas Aktif Dan Inspiratif ini. Ayo, tunggu apa lagi? Segera miliki dan baca buku ini!

3. Book Chapter Inovasi Pembelajaran Di Pendidikan Tinggi


Foto oleh penerbitbukudeepublish.com

Rekomendasi buku pendidikan ketiga ini ditujukan untuk pendidik dan calon pendidik yang mengajar di jenjang pendidikan tinggi. Buku yang berjudul Book Chapter Inovasi Pembelajaran Di Pendidikan Tinggi ini terbit karena kesadaran bahwa inovasi pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dan harus dimiliki atau dilakukan oleh guru baik pengajar pendidikan tinggi sekalipun.

Hal yang dibahas dalam buku ini antara lain bagaimana merancang pembelajaran yang lebih hidup dan bermakna. Inovasi-inovasi baru yang sangat penting dalam proses belajar mengajar sangat bergantung pada kemauan guru untuk mencoba, menemukan, menggali, dan mencari berbagai terobosan, pendekatan, metode, dan strategi pembelajaran.

Buku tentang guru ini disusun oleh Muhammad Zaenuddin, seorang dosen dari Politeknik Negeri Batam. Buku yang terdiri dari 228 halaman ini juga mengulas tentang inovasi yang mutlak dilakukan di era digital yang semakin maju. Untuk memiliki buku ini, Guru Pintar hanya harus merogoh kocek sebesar Rp 71.000 saja, lho. Murah sekali, bukan?

4. Memahami Potensi Otak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Di Tingkat Pendidikan Dasar


Foto oleh penerbitbukudeepublish.com

Rekomendasi buku pendidikan untuk guru yang keempat berjudul Memahami Potensi Otak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Di Tingkat Pendidikan Dasar. Buku ini ditujukan untuk para guru maupun calon guru sekolah dasar supaya lebih memahami potensi otak siswa di jenjang pendidikan dasar ini.

Buku ini disusun oleh Nani Restati Siregar & Muhammad Ilham dan terdiri dari 74 halaman. Dengan harga yang sangat terjangkau yakni Rp 79.000 saja, Guru Pintar akan mendapatkan ulasan tentang  bagaimana memahami secara teoritis mengenai konsep kerja otak dan penerapannnya dalam proses belajar mengajar di kelas antara guru yang mentransfer ilmu dan peserta didik yang menerima informasi.

Diharapkan setelah membaca buku ini, Guru Pintar dapat lebih memahami potensi otak manusia dan bagian-bagiannya, dan bagaimana kerja otak menciptakan atmosfer pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mengekspresikan potensi yang ada pada dirinya.

5. Buku Psikologi Pendidikan


Foto oleh penerbitbukudeepublish.com

Rekomendasi buku pendidikan untuk guru dan calon guru yang terakhir adalah sebuah buku yang berjudul Psikologi Pendidikan. Buku ini akan menyadarkan kembali tentang tujuan pendidikan dasar adalah mempersiapkan generasi muda untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Buku yang disusun oleh Mahsup, S.Pd.,M, Pd dan Yunita Septriana Anwar, S. Pd.,M.Sc ini terdiri dari 7 Bab. Bab pertama buku ini membahas tentang cara mengajar yang efektif. Sedangkan di bab kedua mengulas tentang proses kognitif kompleks. Di bab ketiga, Guru Pintar akan mendapatkan ilmu tentang pelajar yang tidak biasa (exceptional). Pada bab keempat ada informasi penting tentang teori perkembangan anak yang sangat berhubungan dengan bahasan di bab kelima yaitu tentang pendekatan behavioral dan kognitif sosial. Bab keenam membahas tentang variasi individual. Informasi tentang perkembangan kognitif dan bahasa akan Guru Pintar temukan pada bab ketujuh. Di bab terakhir akan ada pembahasan tentang pendekatan pemrosesan informasi yang dapat Guru Pintar terapkan di kelas.

Buku untuk para calon pendidik di atas dan buku best seller tentang pendidikan lainnya dapat Guru Pintar beli di Toko Buku Online Deepublish. Jangan tunda lagi! Segera miliki buku-buku untuk para guru dan juga buku-buku motivasi lainnya sekarang juga.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet