redesain-navbar Portlet

Blog

Kangen Sekolah Offline? Jangan Baca Ini daripada Baper

Sekolah, buat kita, lebih dari tempat belajar.

,kangen suasana kelas Photo by kyo azuma on Unsplash

Kalian ingat nggak sih, masa-masa sekolah sebelum pandemi? Iya, masa-masa sebelum kita wajib pakai masker dan bawa hand sanitizer ke mana-mana seperti sekarang. Di masa itu, setiap hari kita mesti bangun pagi, cepetan mandi, sarapan juga buru-buru, cuma buat nunjukin muka semelas-melasnya biar pak satpam sekolah kasih kita semenit saja ngejar pintu gerbang sebelum ditutup.

Setelah setahun lebih harus belajar online, jujur deh, jadi kangen sekolah gak, sih? Hari pertama, hari kedua belajar di kelas online asik-asik aja. Enggak ribet juga. Tapi setelah sebulan? Tunjuk tangan sini, siapa yang masih betah di rumah? Eitts, kalian yang introver dan asosial jangan ikutan nongol, ya!

Thank God, sekarang kita sudah mulai masuk sekolah biarpun jadwalnya belum sepadat seperti sebelum pandemi. Tapi kalau dihitung-hitung, ini nih, beberapa hal yang bikin siswa kangen di sekolah.

 

1. Suasana Kelas

masa-masa sekolah
Photo by Jeswin Thomas on Unsplash

Kalau kamu nanya ke anak paling rajin di kelas, suasana kelas buat dia berarti belajar. Tapi buat kebanyakan kita? Lebih dari itu! Suasana kelas bisa berarti rusuhnya kelas di jam kosong. Suasana kelas juga bisa berarti gotong royong dan kerja sama tim saat ulangan (psst jangan bilang-bilang guru, ya). Bahkan, suasana kelas itu termasuk ketika separuh dari kalian pergi ke kantin dan dimarahi oleh guru setelah balik dengan perut kenyang, sekalian yang enggak ikutan dan masih keroncongan juga kena marah. Yang kayak begitulah definisi kangen suasana kelas buat kebanyakan kita.

Eitts! Kita masih tetep belajar loh, ya. Kita masih ngerjain tugas. Kita masih suka diskusi dan bertanya kalau ada penjelasan guru yang belum dipahami. Ada satu-dua hal yang masih belum jelas? Colek bangku sebelah. Malahan, suasana belajar di kelas offline seperti sebelum ada pandemi itulah yang bikin kita kangen sekolah. Boleh dibilang, feel-nya belajar itu dapet banget, gitu.

 

2. Kegiatan Sekolah


Photo by Atikah Akhtar on Unsplash

Siapa nih, yang mager di rumah tapi rajin di sekolah? Rajin ikut ekskul, sering ikut olimpiade atau lomba, paling sibuk di pensi, atau semangat banget sehabis UAS karena bakal segera ada class meeting. Selama belajar online penuh seperti kemarin-kemarin, kegiatan-kegiatan seperti ini menjadi kenangan sekolah yang bikin kita baper.

Kalau kamu enggak punya gebetan, kegiatan-kegiatan yang seru membuatmu kangen teman sekolah. Sok-sokan cheerleading sewaktu teman-teman sekelasmu bertanding di class meeting, padahal kalian cuma rusuh dengan gagang sapu dan botol bekas air mineral. Tapi itu yang bikin kita kangen masa sekolah, kan?

Kalau ada gebetan, kegiatan ekskul sering menjadi modus buat kalian PDKT (udah, jujur aja deh). Kalau gebetanmu kakak kelas, semakin cermatlah pilihan ekskulmu dan semakin rajinlah kamu di ekskul tersebut. Kalau sampai ada di antara kalian yang digencet kakak kelas (plus gengnya) yang sama-sama naksir doi, kita cuma bisa doain semoga "acara pergencetan" itu bakal kamu kenang sebagai pengalaman lucu di sekolah semata suatu saat kelak (yang sabar yaa).

 

3. Guru yang Seru


Photo by RODNAE Productions on Pexels

Guru itu macam-macam. Ada guru killer karena bikin suasana kelas selalu hening dan dingin (padahal ruangan enggak pakai AC). Pokoknya kalian ngerasa enggak enjoy aja di kelas beliau, apalagi kalau belum belajar atau ngerjain tugas. Yakin deh, kalian enggak kangen suasana kelas seperti itu.

Tapi ada juga kok, guru yang seru. Mungkin beliau membuatmu tertarik dengan materi yang diajarkan. Mungkin cara mengajar beliau asyik. Mungkin guru yang seru adalah guru yang selalu meninggalkan kelas saat ulangan sampai-sampai kebaikan beliau tersebut menjadi cerita yang berkesan, atau justru menjadi cerita lucu tentang sekolah yang tak terlupakan.

Nah, kalau definisi guru yang seru, kita bisa beda pendapat nih, Sobat. Makanya, yuk ikutan kompetisi Tiktok/Reels Aku Pintar dan tunjukkan guru yang seru menurutmu itu yang seperti apa. Hadiahnya enggak cuma sertifikat loh, tapi juga uang ratusan ribu rupiah untuk tiap pemenang. Kuy cepetan bikin videonya karena pemenang bakal diumumkan tanggal 27 November 2021. Apakah video guru viral punyamu yang bakal menang di hari itu?

50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet