PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo credit Thinkstock

5 Jurusan Mahal – Kamu Berminat?

Jurusan Kuliah Mahal

Seandainya biaya kuliah saat ini ada yang ditawarkan seperti sale akhir tahun atau masuk kotak diskon department store, seru kali, ya? Tapi ya mana mungkin bisa terjadi. Kalau pepatah Jawa bilang, jer basuki mowo beya. Maksudnya, keberhasilan seseorang memerlukan pengorbanan – dalam hal ini pembiayaan. Tapi 5 jurusan di bawah ini seriusan mahal.

 

1. Kedokteran

Baik kamu mau jadi calon dokter, dokter gigi, maupun dokter hewan, semua jurusan Kedokteran terbilang mahal. Tak hanya UKT yang mencapai puluhan juta per semester, tapi keperluan kelengkapan kuliahnya juga memerlukan biaya yang tak sedikit – belum lagi peralatan praktikum dan segala kebutuhannya. Selain itu, durasi perkuliahan calon dokter tak singkat. Jadi, biaya besar yang dikeluarkan juga akan berlangsung selama beberapa waktu.

 

2. Arsitektur

Selain Kedokteran, Arsitektur juga salah satu jurusan yang bergengsi. Akan tetapi, harga yang harus dibayarkan juga cukup tinggi. Sama seperti Kedokteran, perlengkapan kuliah Arsitektur juga cukup mahal dan banyak – misalnya kertas gambar berbagai ukuran, meja gambar, pensil atau pulpen dengan spesifikasi tertentu, bahan-bahan pembuatan maket, bahkan laptop yang dibutuhkan juga tak sembarangan.

 

3. Desain Komunikasi Visual

Biaya per semester DKV mungkin memang tak terlalu jomplang dibanding jurusan-jurusan lain dalam Fakultas Seni Rupa dan Desain, tapi perlengkapan kuliahnya hampir-hampir gak kalah mahal sama Arsitektur. Kertas gambar, alat lukis, buku sketsa, cat poster, pensil graft, pen tablet, PC atau laptop dengan spek dewa, bahkan kadang kamera DLSR juga dibutuhkan. Memang perkuliahan DKV nggak jauh-jauh dari desain web, animasi, sinematografi, dan matakuliah-matakuliah lain yang membutuhkan tools kekinian.

 

4. Seni

Ceritanya masih sama, kuliah Seni butuh dana besar untuk perlengkapannya. Pada Jurusan Seni Rupa atau Seni Fotografi, misalnya. Selama kuliah, kamu nggak akan melukis dan memotret sekali saja, kan? Nah, tinggal kalikan aja, deh.

 

5. Fashion Design

Mahasiswa Fashion Design butuh banyak biaya untuk menyelesaikan tugas-tugas desain mode dan tekstil. Butuh bermacam bahan dan bermeter-meter kain untuk menyelesaikan satu proyek tugas. Semakin rumit dan mahal bahan, tentunya semakin besar dana yang diperlukan. Dan tentunya, gak mungkin mahasiswa Fashion Desaign bakal ngerjain satu tugas saja selama kuliah.

 

Memang tak bisa dipukul rata bahwa satu jurusan dikatakan mahal atau tidak. Ada banyak variabel yang terlibat dalam penentuan biaya perkuliahan, seperti status perguruan tinggi, golongan UKT, dan sebagainya. Tapi yang tak bisa lepas dari pertimbangan adalah kebutuhan perlengkapan perkuliahan, yang menjadi kebutuhan mahasiswa selama kuliah – kebutuhan yang terus mengalir dan terus-menerus. Kalkulasi inilah yang tak tampak diatas kertas, jadi sering diabaikan. Bila salah satu jurusan di atas adalah idamanmu, pandai-pandailah mengkomunikasikannya dengan orang tuamu.

Lebih masukan Blog

8 Jurusan Kuliah Bergengsi buat Anak IPS

Masih dianggap sebelah mata karena kamu masuk kelas IPS? Ah, cuekin aja! Yang penting, kamu...

8 Pilihan Karir Lulusan Bahasa dan Sastra

Kamu udah terlanjur jatuh hati sama sastra, baik Sastra Indonesia maupun sastra asing yang...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru