redesain-navbar Portlet

Blog

photo via qz.com

8 Jurusan Kuliah Bergengsi buat Anak IPS

Jurusan Kuliah IPS

Masih dianggap sebelah mata karena kamu masuk kelas IPS? Ah, cuekin aja! Yang penting, kamu tahu mau ngapain dan kemana akan melangkah. Eh, udah tahu belum, sih? Biar nggak meraba-raba, berikut ini 8 jurusan bergengsi ditingkat pendidikan tinggi yang terbuka lebar untuk kalian, wahai penghuni kelas IPS.

 

1. Bisnis dan Manajemen

Sejujurnya, Jurusan Bisnis dan Manajemen ini paling laris manis dikalangan warga IPS – udah macam gorengan garing aja. Jadi, jangan kaget kalau sainganmu juga banyak, ya. Abisnya, lulusan Bisnis dan Manajemen memang bisa ditempatkan diberbagai lini perusahaan, sih – Statistik Ekonomi, Keuangan, Marketing, atau Manajemen jelas butuh orang-orang dari jurusan ini. Dibekali dengan analisis bisnis yang kuat, lulusan Bisnis dan Manajemen memiliki solusi logis, cara yang baik, dan tawaran keuntungan bagus bagi perusahaan. Jabatan Manajer, Asisten Manajer, Direktur, maupun Sekretaris biasanya berasal dari Jurusan Bisnis dan Manajemen.

 

2. Akuntansi

Sebagai anak IPS, tentu kamu tak asing lagi dengan Akuntansi. Jurusan ini bisa dibilang merupakan jurusan IPS dengan passing grade tertinggi di PTN. Yup, gak kalah laris manisnya sama Bisnis dan Manajemen. Ya tentunya, karena setiap perusahaan, baik yang besar maupun yang kecil, pasti butuh Akuntan. Dan lulusan jurusan ini gak cuma jadi Akuntan, lho. Marketing, Auditor, dan Manajer Keuangan termasuk prospek kerja lulusan Jurusan Akuntansi.

 

3. Ilmu Komunikasi

Jika kamu memiliki minat untuk bekerja dibidang Broadcasting, Advertising, Komunikasi Bisnis, Komunikasi Pemasaran, ataupun Public Relations, Jurusan Ilmu Komunikasi adalah pintu yang akan mengantarkanmu mewujudkan impianmu. Tak hanya belajar tentang aspek-aspek komunikasi hingga membuatmu handal dalam berkomunikasi, kamu juga akan belajar tentang jurnalisme, desain, animasi, fotografi, pembuatan iklan, hingga produksi film dijurusan ini.

 

4. Ilmu Hukum

Jika kamu merasa topik-topik seputar hukum menarik, jurusan ini dapat mengantarkanmu menjadi seorang Staff Legal, Notaris, atau Pengacara. Saat kebanyakan orang merasa bosan dengan pasal, ayat, dan perundangan hukum, kamu bisa bekerja di Kementerian Hukum pemerintah ataupun departemen dan instansi terkait lainnya. Tapi ingat, dibutuhkan dedikasi yang besar untuk kuliah Ilmu Hukum karena kamu harus sanggup berjam-berjam membaca, meneliti kasus per kasus, hingga riset lapangan.

 

5. Psikologi

Jika kamu suka kepo, mungkin panggilan jiwamu memang ada pada Jurusan Psikologi. Eh tapinya, kepo aja nggak cukup jadi modal masuk jurusan ini lho, ya. Di Psikologi, kamu akan meneliti tentang alur pemikiran dan alasan dibalik perilaku dan tindakan manusia. Hubungan interpersonal hingga persepsi juga masuk dalam area riset dan keilmuan Psikologi. Tak heran, lulusan Psikologi memiliki kualifikasi untuk menjadi Konselor, Psikolog, guru BK, maupun dosen di perguruan tinggi. HRD perusahaan juga membutuhkan lulusan jurusan ini untuk menjadi staff, Konsultan, maupun Riset Psikolog.

 

6. Hubungan Internasional

Kesannya tuh, Hubungan Internasional bakal membuatmu banyak jalan-jalan ke berbagai negara, gitu ya? Ya iya sih, kalau nantinya kamu bekerja sebagai Duta Besar, Konsultan Politik Internasional, Konsultan Imigrasi, Diplomat, wartawan internasional, politisi, ataupun International Officer. Tapi memang jurusan ini adalah tempat dimana kamu bisa mendalami tentang seni diplomasi, perdagangan luar negeri, politik luar negeri, hukum internasional, bahkan ekonomi global.

 

7. Sastra Inggris

Selain dari HI, kamu juga bisa bekerja di Kedutaan Internasional dengan berangkat dari Jurusan Sastra Inggris. Yup, gak melulu kudu jadi guru Bahasa Inggris, guide, atau penerjemah, ya! Dijurusan ini kamu akan belajar tentang drama, puisi, novel, dan berbagai karya tulis – pengetahuan yang dapat membekalimu untuk menjadi novelis, editor, hingga jurnalis sekalipun. Pertanyaannya, gimana sih, kemampuan Bahasa Inggris yang sudah kamu pelajari selama ini?

 

8. Desain Komunikasi Visual

DKV nih cocok banget buat kamu yang suka dunia kreatif. Disinilah kamu belajar tentang seni menyampaikan pesan melalui bahasa rupa dengan tujuan menginformasi maupun mempersuasi. Dengan kata lain, sebenarnya kreativitas saja takkan cukup untuk mendalami bidang ini, tapi juga diperlukan bekal konsep komunikasi serta pengetahuan teknik dan media. Makanya, lulusan DKV yang memiliki seluruh kompetensi tersebut memilik peluang kerja yang luas, misalnya sebagai tim kreatif, branding, maupun desainer. Kerjaannya anak DKV ini enggak cuma bikin logo atau banner lho ya, tapi juga produksi film maupun iklan.

 

Apa lagi jurusan kuliah yang sesuai bagi warga kelas IPS? Kamu bisa melanjutkan pendidikan tinggimu ke Ilmu Perpustakaan, Desain produk, Administrasi Bisnis, Administrasi Fiskal, Ekonomi Pembangunan, Perpajakan, Manajemen Perhotelan, Manajemen Perbankan, Manajemen Pariwisata, Fashion Bisnis, Kesejahteraan Sosial, Tata Rias dan Kecantikan, Tata Busana, Penyiaran, Pendidikan Pramugari/ Pramugara, Kriminologi, Sosiologi, Ilmu Politik, Manajemen Pemasaran, Manajemen Pendidikan, Jurnalistik, Administrasi Negara, Administrasi Niaga, atau yang lain. Banyak banget pilihan jurusan kuliah dari kelas IPS, jadi jangan berkecil hati, ya! Selalu optimis dalam menyongsong masa depanmu dan abaikan orang-orang yang tak memberi pengaruh positif buatmu.

Lebih masukan Blog

5 Jenis Bisnis Simpel yang Bisa Kamu Coba Sekarang Juga

Masih ngandelin uang saku dari orang tua? Hari gini? Kenapa sih, ga coba nyari uang saku...

5 Jurusan Mahal – Kamu Berminat?

Seandainya biaya kuliah saat ini ada yang ditawarkan seperti sale akhir tahun atau masuk kotak...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line