APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Kampus Swasta di Sulawesi dengan Akreditasi B

Ketahui apa saja pilihan kampus-kampus terbaik untuk kuliah di berbagai provinsi di Sulawesi.

kampus swasta di Sulawesi, Photo by gazali marimbo on Unsplash

Kampus swasta di Sulawesi itu apa saja, Sobat Pintar? Kalian yang berencana kuliah di Sulawesi pasti punya sederet referensi kampus, nih. Namun bagaimana dengan Sobat yang baru familier dengan perguruan tinggi swasta di Sulawesi Selatan saja, misalnya? Ingat loh, masih ada kampus-kampus swasta lain di berbagai provinsi di Pulau Sulawesi.

Eitts, tenang. Enggak perlu panik, Sobat Pintar. Enggak perlu ngaduk-ngaduk mencari referensi PTS di Sulawesi dengan heboh. Di bawah ini sudah ada lima kampus swasta di Sulawesi dengan status akreditasi institusi B dari BAN PT.

perguruan tinggi swasta di Sulawesi
Photo by Cathryn Lavery on Unsplash

1. Universitas Muhammadiyah Makassar

Kita mulai dari Provinsi Sulawesi Selatan dahulu, deh. Di sini ada Universitas Muhammadiyah Makassar yang beralamat di Jl. Sultan Alauddin No. 259, Desa/Kelurahan Gunung Sari, Kec. Rappocini, Kota Makassar. Universitas swasta di Makassar ini berdiri pada tahun 1963, pada awalnya sebagai cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Dikenal dengan kependekan Unismuh Makassar, salah satu universitas swasta terbaik di Makassar ini membuka Program D3 Kebidanan, Keperawatan, dan Perpajakan. Pilihan jurusan kuliah pada Program S1-nya jauh lebih banyak lagi, Sobat Pintar. Kampus swasta di Makassar ini menyediakan Jurusan Agribisnis, Agroteknologi, Akuntansi, Arsitektur, Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Budidaya Perairan, Ekonomi Islam, Ekonomi Pembangunan, Farmasi, Hukum Ekonomi Syari`ah (Mu`amalah), Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah), Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Informatika, Kehutanan, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Manajemen, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Dokter, Pendidikan Fisika, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Sosiologi, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Elektro, Teknik Pengairan, dan Teknologi Pendidikan.

universitas yang ada di sulawesi selatan
Photo by Kenny Eliason on Unsplash

2. Universitas Muhammadiyah ParePare

Masih di Provinsi Sulawesi Selatan, Sobat, tepatnya di Jl. Jend. Ahmad Yani KM. 6 Kelurahan Lembah Harapan Kecamatan Soreang Kota Parepare. Di sini ada Universitas Muhammadiyah Parepare yang didirikan pada tahun 1999. Universitas yang ada di Sulawesi Selatan ini merupakan alih bentuk dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Parepare. Kalau begitu, kamu tentu sudah bisa menebak nih, bakal ada banyak pilihan jurusan kependidikan di Umpar, begitu universitas ini lebih sering disingkat.

Terus, apa saja pilihan jurusan kuliahnya? Kepo banget nih, yang udah mau kuliah di Sulawesi. Untuk calon mahasiswa lulusan SMA/sederajat, Universitas Muhammadiyah Parepare membuka Program S1, Agribisnis, Agroteknologi, Akuntansi, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Budidaya Perairan, Ekonomi Pembangunan, Gizi, Ilmu Hukum, Kesehatan Masyarakat, Manajemen, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Matematika, Pendidikan Nonformal, Perbankan Syari`ah, Perencanaan Wilayah dan Kota, Peternakan, PGRA, Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Teknik Sipil.

universitas swasta terbaik di makassar
Photo by Fa Barboza on Unsplash

3. Universitas Kristen Indonesia Paulus

UKI Paulus, begitu universitas ini lebih sering disingkat, merupakan salah satu universitas swasta di Makassar yang tertua. Berdiri pada tahun 1963, Universitas Kristen Indonesia Paulus dikelola oleh Yayasan Pendidikan Intelegensia Kristen Indonesia Paulus (Yayasan PIKI Paulus).

Kampus utama Universitas di Sulawesi Selatan berada di Jl. Perintis Kemerdekaan KM 13, Daya Kota Makassar. Kampus ini menaungi perkuliahan Program D4 Akuntansi Perpajakan serta S1 Akuntansi, Ilmu Hukum, Manajemen, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Kimia, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil.

universitas yang ada di Sulawesi
Photo by Marcos Paulo Prado on Unsplash

4. Universitas Katolik De La Salle

Tak lengkap sebuah daftar universitas swasta di Sulawesi bila tanpa menyertakan sebuah universitas swasta di Sulawesi Utara ini, Universitas Katolik De La Salle. Dikenal juga dengan Unika De La Salle, universitas di Sulawesi ini bernaung di bawah Yayasan Perguruan Tinggi Universitas De La Salle Manado.

Kampus Universitas Katolik De La Salle beralamat di Kairagi I Kombos Manado. Universitas swasta di Sulawesi ini membuka Program D3 Fisioterapi. Pilihan jurusan kuliah pada Program S1 cukup beragam, antara lain Agribisnis, Akuntansi, Hospitality dan Pariwisata, Ilmu Hukum, Ilmu Keperawatan, Manajemen, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, dan Teknik Sipil.

kampus swasta yang ada di makassar
Photo by Nils Stahl on Unsplash

5. Universitas Sintuwu Maroso

Universitas di Sulawesi Tengah ini beralamat di Jl. Pulau Timor No. 1 Poso. Universitas Sintuwu Maroso didirikan oleh Yayasan Pendidikan Sintuwu Maroso pada tahun 1986. Saat ini Unsimar, begitu universitas swasta di Sulawesi ini lebih dikenal, membuka Program S1 Administrasi Publik, Agroteknologi, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Hukum, Manajemen, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Peternakan, dan Teknik Sipil.

 

Itulah daftar universitas swasta yang ada di Sulawesi dengan akreditasi B saat ini. Tentu saja, masih ada kampus-kampus lain yang belum disebutkan di sini. Kamu mau menambahkan, Sobat Pintar?

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog