redesain-navbar Portlet

Blog

5 Karir Cemerlang bagi Alumni Jurusan Administrasi Bisnis

Jurusan Administrasi Bisnis

Administrasi Bisnis, atau sering juga disebut sebagai Administrasi Niaga, adalah jurusan kuliah yang cukup banyak peminatnya. Apakah menjadi mahasiswa jurusan ini adalah impianmu juga? Tapi udah tahu belum, lulusan Administrasi Bisnis tuh bisa berkarir sebagai apa aja, sih?

 

1. Entrepreneur/ Wirausaha

Punya usaha sendiri tuh berarti punya karir juga lho, Sobat Pintar. Ya bayangin aja, bikin usaha sedari kecil sampai menggurita kan nggak gampang juga – butuh kegigihan tingkat dewa untuk melalui berbagai halangan dan rintangan. Bagusnya, ide dan semangat untuk mandiri dan memiliki bisnis sendiri semakin dianggap keren oleh banyak orang saat ini.

Pas banget nih, di Jurusan Administrasi Bisnis, kamu udah diajari tentang manajemen, komunikasi, akuntansi, pengelolaan personalia, pengelolaan keuangan bisnis, ketenagakerjaan, produksi, hingga pemasaran – lengkap banget untuk mengelola bisnis sendiri. Jika kamupun punya impian memiliki bisnis atau usaha sendiri, teruslah menggali kreativitasmu untuk menghasilkan ide-ide bisnis yang jempolan.

 

2. Dosen/ Pengajar Bisnis

Jika memiliki keluwesan dalam bergaul dengan orang lain, mungkin kamu juga memiliki bakat untuk mengajar. Dan jika memang ternyata kamu merasa nyaman dengan kehidupan kampus, suka berbagi ilmu dengan orang lain, asyik-asyik aja berdiri di depan kelas setiap hari, mungkin profesi sebagai dosen Ilmu Administrasi Bisnis bisa jadi tujuan jangka panjang.

Dan karena jangka panjang, pandanglah jauh kedepan. Kuliahlah dengan serius karena setiap ilmu yang diperoleh hari ini akan kamu uji, kembangkan, dan bagi dengan generasi berikutnya kelak dikemudian hari. Persiapkan juga segala sesuatunya untuk menempuh program S2 supaya kamu bisa segera mengajar, melakukan penelitian, dan tentunya menulis karya ilmiah di jurnal-jurnal nasional dan internasional.

 

3. Manajer

Berkarir dibidang manajemen perusahaan juga menjadi salah satu peluang masa depan bagi alumni Administrasi Bisnis. Pasalnya, mahasiswa jurusan ini memiliki kompetensi dibidang manajemen, meliputi proses administrasi, kepemimpinan, dan pengarahan perusahaan.

Jika nantinya menjadi seorang manajer, kamu harus dapat mengambil keputusan, memberi motivasi, berkomunikasi, maupun melakukan delegasi. Seorang manajer yang baik juga mampu mengembangkan orang lain melalui training, saran, dan penilaian yang diberikannya. Mulai dari perencanaan yang matang tentang berbagai aktivitas perusahaan hingga pengawasan keberjalanannya, seluruhnya berada dalam tanggung jawab manajer.

 

4. Staf Marketing

Marketing, atau kebijakan dan strategi pemasaran, adalah salah satu matakuliah Administrasi Bisnis. Jadi pastinya, lulusan jurusan ini tahu benar apa yang harus dilakukan saat bekerja pada divisi pemasaran.

Untuk memasarkan suatu produk dengan baik dan benar, kepiawaian dalam berbicara saja tak cukup. Kamu juga harus memiliki wawasan tentang produk tersebut, bahkan tentang seluk beluk perusahaan – pasti menarik buat kamu yang suka dengan tantangan.

 

5. Staf Administrasi

Lulusan Jurusan Administrasi Bisnis bisa menempati posisi sebagai staf administrasi umum, gudang, perpajakan, ataupun posisi staf administrasi yang lain. Tugas seorang staf administrasi meliputi rekapitulasi data (surat bukti transaksi, surat berharga aset perusahaan, surat domisili, dan lain sebagainya), membuat surat-surat resmi (surat domisili, surat pembelian, surat perpanjangan kontrak, dan lain-lain), hingga melakukan penjadwalan (mengatur meeting dengan klien, atau yang lain-lain).

FYI, staf administrasi tuh pekerjaan yang nggak ada matinya. Sebabnya, hampir setiap perusahaan butuh staf administrasi, jadi prospek kerjamu setelah lulus dari Jurusan Administrasi Bisnis juga cukup baik.

 

Tak jarang, lulusan Administrasi Bisnis juga bekerja pada divisi HRD/ SDM. Bertahun-tahun berkecimpung didunia bisnis juga bisa mengantarkan seseorang menjadi konsultan bisnis, dan lulusan Administrasi Bisnis punya peluang untuk itu. Kelak setelah menyelesaikan kuliah, kamu bisa coba apply pada rekrutmen perusahaan-perusahaan besar, misalnya Office Development Program (ODP) Mandiri, Program Pengembangan Staf (PPS) BRI, ODP BNI, BULOG, Management Trainee (MT) Toyota Astra Finance (TAF), bahkan kamu masih bisa ikutan CPNS.

Lebih masukan Blog

5 Faktor Penyebab Mahasiswa Drop Out Kuliah

Kuliah dan berstatus sebagai mahasiswa mungkin nggak cuma impianmu semata, tapi juga harapan...

SBMPTN 2019, Apa yang Baru dan Berubah?

Akhirnya, desas desus tentang perubahan sistem penerimaan mahasiswa baru ditingkat pendidikan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka