redesain-navbar Portlet

null

Blog

5 Negara di Dunia tanpa Ujian Nasional Kelulusan Sekolah

Bagi sebagian negara, ujian nasional tidak menjadi faktor penentu kelulusan sekolah.

Negara di Dunia tanpa Ujian Nasional, image credit SENGCHOY 

Karena gentingnya keadaan pandemi saat ini, Ujian Nasional yang semula masih akan dilangsungkan pada 2020 mendadak dibatalkan. Tapi sebenarnya bukan hanya Indonesia yang meniadakan Ujian Nasional. Kelima negara ini sudah mengeliminasi Ujian Nasional dari sistem pendidikannya.

 

1. Kanada

Diliputi oleh Samudera Atlantik, Pasifik, dan Arktik, Kanada memiliki 10 provinsi dan tiga wilayah teritori. Salah satu provinsi tersebut, Ontario, menerapkan sistem pendidikan yang bebas Ujian Nasional. Persyaratan kelulusan setingkat SMA di Ontario berupa tes literasi.

 

2. Finlandia

Dunia mengakui Finlandia sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik. Guru-guru Finlandia melakukan penilaian sepanjang tahun ajaran. Ujian Nasional yang hanya dilakukan sekali diakhir masa sekolah tidak digunakan untuk mengukur kemampuan dan menjadi standar kelulusan siswa.

Seperti di Indoonesia, pelajar di Finlandia dapat memilih sekolah seperti SMK atau SMK. Mereka dapat melanjutkan pendidikan ke politeknik atau universitas. Pelajar SMK memperoleh sertifikat pada saat lulus sekolah, sedangkan pelajar SMA harus pula mengikuti ujian matrikulasi. Ujian matrikulasi ini pada awalnya merupakan ujian masuk Universitas Helsinki.

 

3. Jepang

Tak ada Ujian Nasional di Jepang. Melainkan, setiap sekolah melakukan penilaian akhir secara mandiri. Sertifikat yang dikeluarkan oleh sekolah nantinya digunakan untuk melengkapi persyaratan masuk kuliah. Alih-alih fokus pada ujian kelulusan, perhatian pelajar di Jepang lebih tersita pada ujian masuk universitas.

 

4. Korea Selatan

Sistem pendidikan di Korea Selatan mirip dengan yang ada di Jepang. Tak ada Ujian Nasional yang harus diikuti untuk lulus sekolah. Pelajar Korea lulus sekolah setelah menuntaskan masa belajarnya di sekolah. Meskipun demikian, setiap sekolah diperbolehkan menerapkan jenis ujian yang berbeda. Ujian yang sesungguhnya bagi pelajar di Korea terletak pada seleksi masuk universitas.

 

5. Amerika Serikat

Pelajar di Amerika Serikat tidak pernah memperoleh nilai merah dirapornya – karena sekolah memang tidak memberlakukan nilai merah, Sobat! Beberapa negara bagian menerapkan Massachusetts Comprehensive Assessment System (MCAS), sebuah tes yang harus dilalui pelajar guna memperoleh ijazah setingkat SMA.

 

Skema kelulusan sekolah seperti di Amerika Serikat ini mungkin akan mulai diterapkan pada 2021 di Indonesia, salah satunya melalui Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). We can't say for sure, though.

Karena seperti sistem pendidikan Jepang yang menitikberatkan pada pendidikan etika dan moral, karakter juga direncanakan akan menjadi salah satu poin penilaian kelulusan sekolah di Indonesia. Shall we look forward to the 2021, Sobat?

50

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp