redesain-navbar Portlet

Blog

Sukai Belajar dari Rumah, image via www.mc.edu

Sukai Belajar dari Rumah – Ini 4 Manfaatnya

Dengan sedikit pembiasaan diri, belajar dari rumah menjadi lebih bermanfaat.

Setelah seminggu berjalan, masih adakah Sobat yang merasa kelas tatap muka seperti biasa lebih menyenangkan? It's okay to feel that way, Sobat. Terpaksa mengubah rutinitas dan kebiasaan yang telah terbangun selama bertahun-tahun memang tak mudah. Tapi belajar dikelas maya ternyata memiliki manfaat yang tak kalah istimewanya, lho. Apa saja?

 

1. Belajar sambil Mengembangkan Skill Lain, Bahkan Hobi

Apakah Sobat Pintar punya jadwal khusus untuk belajar dengan guru atau dosen secara daring? Apa yang Sobat kerjakan diluar jadwal tersebut? Yes, you're free to do whatever you want – you're free to learn whatever you want!

Even better, Sobat Pintar bisa mengembangkan hobi yang selama ini selalu ingin ditekuni. Perlu disiasati saja dalam mengatur waktunya, Sobat. Semakin efisien tugas-tugas sekolah atau kuliah dikerjakan, semakin ada waktu agar kita bisa melakukan hal lain.

 

2. Belajar di Lingkungan dan dalam Suasana yang Disukai

Saat belajar di sekolah, kita harus mengenakan seragam sesuai peraturan dan duduk di kelas. Bagaimana ketika belajar dari rumah? Sobat bisa menggunakan meja belajar, meja makan, meja ruang tengah, bahkan meja teras – di manapun yang dirasa paling nyaman!

Bagaimana mengatasi rasa kesepian saat harus belajar sendiri dari rumah? Temukan caramu dalam menikmati suasa belajar, Sobat – mungkin dengan menyediakan makanan ringan, minuman favorit, pengharum ruangan, atau berbagai cara lain yang dapat meningkatkan semangat belajarmu.

 

3. Hemat Uang Saku, Alihkan untuk Keperluan Lain

Sebagian kita mendapat uang saku dari orang tua karena pergi ke sekolah. Tapi kalau tak harus menggunakan transportasi publik ke sekolah, apakah masih mendapat uang saku?

Coba dibicarakan dengan orang tua, Sobat. Belajar melalui kelas maya juga membutuhkan koneksi internet yang baik. Tapi pahami juga bahwa dalam situasi pandemi seperti sekarang ini orang tua pun harus mengatur keuangan untuk berbagai keperluan lain. Bukankah komunikasi yang baik dapat menghasilkan jalan keluar yang baik bagi semua orang?

 

4. Menjadi Lebih Disiplin, Memperbaiki Manajemen Waktu

Jika selama ini kita berusaha mematuhi jadwal sekolah dan kuliah, belajar dari rumah menuntut disiplin diri yang kuat. Tak ada guru atau dosen yang mengawasi atau menegur, maka kita sendirilah yang harus mengatur waktu kapan belajar, kapan rebahan, kapan mengumpulkan tugas, maupun kapan mulai mengerjakan tugas.

Disiplin dirilah yang membuat kita mampu memilih untuk mulai mengerjakan tugas ketimbang melanjutkan bermain game. Anyway, disiplin diri juga yang membuat kita selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dimasa pandemi seperti sekarang ini.

 

Every cloud has a silver lining. Seberapapun tampak buruk keadaan yang kita alami sekarang, pasti ada hal-hal baik yang menyertainya. So, let's not focus on the distressing class setting changes. Rather, let's try enjoying and make the most out the online classes or distance learning we're all in now.

Lebih masukan Blog

Atasi Rasa Bosan Selama di Rumah dengan 7 Kegiatan Ini

Social distancing and staying home make you bored? Tak perlu khawatir, Sobat. Ada...

5 Negara di Dunia tanpa Ujian Nasional Kelulusan Sekolah

Karena gentingnya keadaan pandemi saat ini, Ujian Nasional yang semula masih akan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line