redesain-navbar Portlet

Blog

5 Teknik Mengajar Online yang Wajib Guru Kuasai

Foto oleh Katerina Holmes dari Pexels

Mengajar online dan offline sudah pasti berbeda. Pandemi belum benar-benar berakhir. Wacana pertemuan tatap muka yang sangat diharap-harapkan, terpaksa ditangguhkan. Saat ini pembelajaran masih harus dilakukan secara daring atau online.

Guru pintar dituntut untuk menguasai Teknik mengajar online yang efektif dan efisien untuk meminimalisir terjadinya learning loss. Oleh karena itu, Guru pintar harus mengetahui teknik mengajar online disamping menguasai teknik dasar mengajar offline. Guru yang belum membiasakan diri dengan pembelajaran online, tentu mengajar secara daring merupakan sebuah tantangan yang besar. Berikut ini adalah 5 teknik mengajar online yang Guru pintar kuasai supaya pembelajaran daring berlangsung dengan baik.

1. Perencanaan Kelas yang Matang

mengajar online

Foto oleh Cup of Couple dari Pexels

Sebagaimana kelas luring atau offline, kelas online juga wajib direncanakan dengan matang. Siswa yang tidak hadir secara langsung membuat tantangan belajar semakin besar. Guru pintar tidak dapat melihat siswa secara langsung dan melihat proses belajar siswa.

Untuk meminimalisir hambatan yang mungkin muncul, Guru pintar wajib membuat rencana pelaksanaan pembelajaran secara detil. Mulai dari memilah materi, menyusun langkah-langkah pembelajaran, bagaimana mengevaluasi hasil belajar, hingga aplikasi apa yang akan digunakan.

2. Kreatif

Foto oleh pixabay dari Pexels

Tuntutan untuk menjadi guru yang kreatif semakin tinggi saat mengajar online. Siswa yang memiliki energi luar biasa tiba-tiba harus duduk diam di depan layar komputer atau smartphone-nya. Apa yang terjadi? Mereka akan mudah bosan jika hanya mendengarkan guru ceramah terus menerus. Tidak jarang mereka akan mematikan kamera dan meninggalkan kelas begitu saja.

Untuk mengatasi hal tersebut Guru pintar dapat membuat kegiatan ice breaking yang melibatkan siswa sehingga siswa menjadi bersemangat. Selain ice breaking guru juga dapat membuat educational games untuk menunjang pembelajaran supaya tidak monoton. Banyak cara yang dapat Guru pintar lakukan untuk membuat siswa terlibat dalam pembelajaran, misalnya dengan menyanyi, menari, membuat yel-yel, dan sebagainya.

3. Jaga Komunikasi

Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

Komunikasi yang intens antara guru, siswa, dan orang tua sangat penting saat mengajar online. Beruntung, zaman sekarang teknologi komunikasi berkembang dengan sangat pesat. Guru pintar dapat berkomunikasi melalui sosial media ataupun melalui group-group Whatsapp.

Saat mengajar lewat zoom atau mengajar di google meet, Guru pintar juga wajib membangun komunikasi yang baik. Usahakan tidak ada satu orang siswa pun yang merasa diabaikan terutama jika Guru pintar mengajar di sekolah dasar. Gunakan intonasi yang bervariasi. Mainkan ekspresi dan mimik muka. Buatlah siswa merasa tidak sedang melihat kepala yang berbicara.

4. Jaga Kontak Mata

Foto oleh Askar Abayev dari Pexels

Saat mengajar melalui zoom atau mengajar di Google Meet, kontak mata tetap harus dijaga. Meskipun mengajar online, Guru pintar tetap menjadi pusat perhatian siswa. Usahakan Guru pintar selalu fokus saat mengajar dan tidak melakukan hal lain seperti menjawab pesan di smartphone atau kegiatan lain di luar pembelajaran.

Bagaimana melakukan kontak mata dengan siswa saat mengajar online? Nah, Guru pintar wajib mempraktikkan tips mengajar online penting seperti menatap kamera smartphone atau komputer beberapa saat. Jangan terus menerus menatap monitor karena dari sudut pandang siswa guru tampak selalu menunduk. Atur ketinggian kamera supaya tidak terlalu rendah atau tinggi. Pastikan siswa dapat melihat dan berinteraksi dengan guru secara seksama.

5. Manfaatkan Teknologi

Mengajar online

Foto oleh pixabay dari Pexels

Salah satu tips mengajar online yang asyik adalah memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang dengan pesat. Ingat siswa zaman sekarang adalah generasi alpha yang sangat familiar dengan teknologi. Sayang sekali jika Guru pintar mengabaikan peran teknologi saat mengajar online.

Beberapa contoh teknologi yang dapat mendukung pembelajaran online adalah aplikasi-aplikasi mengajar online seperti learning management system (LMS), aplikasi telekonferensi , games interaktif, dan juga tes atau quiz yang juga interaktif. Luangkan waktu untuk mempelajari berbagai aplikasi mengajar online tersebut, kemudian tentukan mana yang paling cocok diaplikasikan di kelas Guru pintar.

Itulah 5 teknik mengajar online yang Guru pintar harus tahu. Selalu asah keterampilan supaya lebih mahir mengajar secara online. Dengan demikian, siswa dapat belajar dengan penuh motivasi.

0
00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet