redesain-navbar Portlet

Blog

photo via squline.com

5 Tipe Kata Serapan dari Bahasa Inggris kedalam Bahasa Indonesia

Belajar Bahasa

Sudah mengenal tentang kata serapan dikelas Bahasa Indonesia, bukan? Iya, kata serapan adalah kata-kata yang berasal dari bahasa lain, bisa bahasa asing maupun bahasa daerah, yang disesuaikan dengan Bahasa Indonesia dalam ejaan maupun ucapannya. Nah, dibawah ini adalah beberapa tipe serapan kata dari Bahasa Inggris kedalam Bahasa Indonesia. Apa saja?

 

1. Akhiran –tion yang diadaptasi menjadi –si

Coba perhatikan kata gratifikasi, gradasi, atupun generalisasi. Kata-kata ini berasal dari Bahasa Inggris: gratification, gradation, dan generalization. Bisa melihat polanya, kan?

 

2. Dobel huruf –oo yang berubah menjadi huruf ­u

Dulu kamu suka nonton film kartun? Atau masih nonton sampai sekarang? Nah, kata kartun itu berasal dari Bahasa Inggris: cartoon. Beberapa kata yang menggunakan huruf dobel o dan diucapkan u dalam Bahasa Inggris diserap kedalam Bahasa Indonesia dengan langsung mengganti ejaanya menjadi u – sesuai dengan pengucapannya. Hal yang sama terjadi pula pada kata skuter (scooter)dan tabu (taboo).

 

3. Tak semua huruf g tetap berbunyi g

Huruf g bisa dibilang agak merepotkan dalam Bahasa Inggris. Misalnya dalam biology, kita mengucapkan –gy dengan –ji. Tapi saat diserap kedalam Bahasa Indonesia, kita mengucapkannya menjadi biologi – bukan bioloji.

Akan tetapi, pada kata detergent yang sama-sama diucapkan dengan ­–jen seperti pada biology, kita menyerapnya menjadi deterjen. Berbeda dari biologi, kan?

 

4. Kalau dobel huruf –ee, berubahnya menjadi huruf ­i

Hampir-hampir mirip dengan bunyi dobel huruf o diatas, kali ini bedanya yang dobel adalah huruf e. Misalnya, pada kata coffee, kita menyerapnya kedalam Bahasa Indonesia menjadi kopi. Hal yang sama juga terjadi pada kata keeper yang menjadi kiper. Kata career juga diucapkan dengan bunyi i meskipun ejaan bakunya karier.

 

5. Akhiran –ent menjadi –en saja

Bahasa Indonesia menyerap banyak kata Bahasa Inggris dengan akhiran ­–ent. Misalnya, patent, president, commitment, departmen, experiment, dan detergent, yang sempat disinggung sebelumnya, adalah beberapa kata dalam Bahasa Inggris yang sama-sama memiliki akhiran –ent. Bagaimana hasil serapannya dalam Bahasa Indonesia? Yak, kamu bisa jawab sendiri: paten, presiden, komitmen, departemen, eksperimen, dan detergen.

 

Itulah beberapa perubahan yang terjadi pada kata-kata serapan dalam Bahasa Indonesia yang berasal dari Bahasa Inggris. Perlu diingat, tak ada aturan baku tentang bagaimana perubahan ini harus terjadi. Namun secara umum, kamu bisa berpatokan pada pengucapannya dalam Bahasa Inggris. Biasanya sih, walaupun tak selalu, ejaan Bahasa Indonesianya lebih mirip dengan pengucapannya.

Lebih masukan Blog

Sebelum Usai Usia 20, Pelajari 6 Life Skills Ini

Menginjak usia belasan, galau . Bagaimana pada 20-an? Sudahkah kamu punya persiapan matang...

4 Tips Sederhana Menghilangkan Iri Hati – Agar Kamu Lebih Bahagia

Ngiri sama orang lain tuh terlalu, teramat, sangat mudah dilakukan. Berunding bersama ...

Menambah Komentar

PR
putri rizki 10 Bulan Lalu
thanks i get new knowledge
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka