APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Tipe Kata Serapan dari Bahasa Inggris kedalam Bahasa Indonesia

Belajar Bahasa

photo via squline.com

Sudah mengenal tentang kata serapan dikelas Bahasa Indonesia, bukan? Iya, kata serapan adalah kata-kata yang berasal dari bahasa lain, bisa bahasa asing maupun bahasa daerah, yang disesuaikan dengan Bahasa Indonesia dalam ejaan maupun ucapannya. Nah, dibawah ini adalah beberapa tipe serapan kata dari Bahasa Inggris kedalam Bahasa Indonesia. Apa saja?

 

1. Akhiran –tion yang diadaptasi menjadi –si

Coba perhatikan kata gratifikasi, gradasi, atupun generalisasi. Kata-kata ini berasal dari Bahasa Inggris: gratification, gradation, dan generalization. Bisa melihat polanya, kan?

 

2. Dobel huruf –oo yang berubah menjadi huruf ­u

Dulu kamu suka nonton film kartun? Atau masih nonton sampai sekarang? Nah, kata kartun itu berasal dari Bahasa Inggris: cartoon. Beberapa kata yang menggunakan huruf dobel o dan diucapkan u dalam Bahasa Inggris diserap kedalam Bahasa Indonesia dengan langsung mengganti ejaanya menjadi u – sesuai dengan pengucapannya. Hal yang sama terjadi pula pada kata skuter (scooter)dan tabu (taboo).

 

3. Tak semua huruf g tetap berbunyi g

Huruf g bisa dibilang agak merepotkan dalam Bahasa Inggris. Misalnya dalam biology, kita mengucapkan –gy dengan –ji. Tapi saat diserap kedalam Bahasa Indonesia, kita mengucapkannya menjadi biologi – bukan bioloji.

Akan tetapi, pada kata detergent yang sama-sama diucapkan dengan ­–jen seperti pada biology, kita menyerapnya menjadi deterjen. Berbeda dari biologi, kan?

 

4. Kalau dobel huruf –ee, berubahnya menjadi huruf ­i

Hampir-hampir mirip dengan bunyi dobel huruf o diatas, kali ini bedanya yang dobel adalah huruf e. Misalnya, pada kata coffee, kita menyerapnya kedalam Bahasa Indonesia menjadi kopi. Hal yang sama juga terjadi pada kata keeper yang menjadi kiper. Kata career juga diucapkan dengan bunyi i meskipun ejaan bakunya karier.

 

5. Akhiran –ent menjadi –en saja

Bahasa Indonesia menyerap banyak kata Bahasa Inggris dengan akhiran ­–ent. Misalnya, patent, president, commitment, departmen, experiment, dan detergent, yang sempat disinggung sebelumnya, adalah beberapa kata dalam Bahasa Inggris yang sama-sama memiliki akhiran –ent. Bagaimana hasil serapannya dalam Bahasa Indonesia? Yak, kamu bisa jawab sendiri: paten, presiden, komitmen, departemen, eksperimen, dan detergen.

 

Itulah beberapa perubahan yang terjadi pada kata-kata serapan dalam Bahasa Indonesia yang berasal dari Bahasa Inggris. Perlu diingat, tak ada aturan baku tentang bagaimana perubahan ini harus terjadi. Namun secara umum, kamu bisa berpatokan pada pengucapannya dalam Bahasa Inggris. Biasanya sih, walaupun tak selalu, ejaan Bahasa Indonesianya lebih mirip dengan pengucapannya.

400

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
thanks i get new knowledge
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog