PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.stgiles-international.com

5 Tips Menciptakan Suasana Nyaman di Meja Belajar

Tips Belajar bagi Pelajar dan Mahasiswa

Bagaimana cara dan gayamu belajar di rumah selama ini? Sambil tiduran di sofa atau tempat tidur? Sambil lesehan di ruang TV? Masing-masing kita memang punya teknik belajar sendiri-sendiri. Asalkan nyaman, memang tak ada yang salah dengan berbagai cara dan gaya belajar yang kamu terapkan.

Tapi kalau kamu harus bertahan berjam-jam, misalnya untuk mengerjakan tugas atau menyelesaikan skripsi, posisi atau postur badan turut menentukan daya tahanmu. Selain cara dudukmu, mood yang baik dan tetap terjaga dapat turut mempengaruhi kualitas dan kuantitas belajarmu.

Oleh karena itu, tak ada salahnya menata ulang tempat belajar atau study space milikmu agar kamu jadi lebih semangat belajarnya. Berikut ini tips sederhana yang bisa kamu terapkan demi meningkatkan produktivitasmu sebagai pelajar.

 

1. Pilih Spot Ternyaman untuk Meja Belajarmu

Entah kamar sendiri atau kamar kos, tapi kamulah paling tahu kamarmu sendiri. Kira-kira di sebelah mana spot yang paling nyaman untuk menempatkan meja belajarmu? Coba pertimbangkan untuk menempatkan meja belajar dekat dengan jendela sehingga kamu dapat memperoleh udara segar saat belajar.

 

2. Jaga Mejamu Bersih, Jangan Terlalu Banyak Barang

Fungsikan meja belajarmu sebagai meja, bukan tempat untuk menumpuk barang. Bagaimana dengan alat-alat tulismu, buku-buku, laptop, dan lain-lain? Gunakan laci yang tersedia untuk menyimpan alat-alat tulis. Ups, tak ada laci? Buatlah organizer pada dinding di dekat meja untuk menyimpan segala keperluanmu. Buku-buku dan bermacam kertas bisa disimpan pada rak terpisah dalam kategorinya masing-masing, tapi letakkan tak terlalu jauh dari kursi agar mudah dijangkau.

 

3. Letakkan Benda Favoritmu pada Salah Satu Sisi Meja

Bila meja belajarmu tak terlalu berantakan dengan banyak barang, kamu masih punya space tersisa untuk meletakkan kaktus, sukulen, teddy bear, atau benda-benda kesayanganmu yang lain. Bahkan, kamu boleh memastikan masih ada spot kosong untuk meletakkan makanan ringan atau minuman favoritmu – ya, mungkin kamu membutuhkannya sebagai mood boster. Aturannya sederhana: rapikan dan tak memenuhi meja. Toh, tujuannya agar kamu bisa mengerjakan tugas-tugasmu dengan leluasa dan nyaman, tanpa perlu khawatir sepanjang waktu kalau-kalau gerak tanganmu untuk membaca, menulis, atau mengetik dapat menjatuhkan barang-barang.

 

4. Penerangan yang Cukup Agar Matamu Tak Cepat Lelah

Baik memandang kertas ataupun layar komputer, mata kita pasti akan lelah juga pada akhirnya. Itulah sebabnya kenapa kamu harus memiliki lampu meja yang memberi cukup penerangan. Apalagi, saat lampu ruangan tak cukup membantu fokus matamu. Bagaimanapun juga, penerangan yang baik dapat membuat matamu bertahan lebih lama.

 

5. Gunakan Kursi dengan Sandaran Punggung

Tampaknya sepele, tapi kursi dengan sandaran punggung sangat penting dalam mendukung daya tahanmu mengerjakan tugas atau belajar. Masa ya, kamu betah duduk dengan punggung tegak selama berjam-jam tanpa jeda? Atau justru punggungmu membungkuk? Jangan deh, karena postur yang jelek akan membuatmu justru lebih cepat lelah. Kamu membutuhkan sandaran punggung kursi itu untuk sesekali istirahat menyesap minumanmu, menikmati makanan ringan sambil memikirkan kalimat berikutnya untuk ditulis pada makalahmu, dan semacamnya.

 

Agar nyaman maksimal, pilihlah kursi yang nyaman juga. Misalnya, pilih kursi yang sesuai dengan ukuran badanmu, atau mungkin yang memiliki alas empuk. Boleh juga menyiapkan karpet dan bantal di lantai, kalau-kalau badanmu pegal dan ingin berganti posisi. Eitts, jangan keterusan tidur di situ, ya!

Lebih masukan Blog

Tentang Quarter Life Crisis – Apa yang Kamu Ketahui?

Istilah midlife crisis sempat populer, dan kini disusul oleh quarter life crisis . Jika ...

Catat Tanggal-Tanggal Penting UTBK dan SBMPTN 2019 Ini

Sudah mempersiapkan diri untuk SBMPTN tahun ini? Sebagaimana pemberitaan yang telah beredar,...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru