APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Tips Mengatasi Malas Belajar – Begini biar Enggak Mager!

Sesekali mager boleh, tapi sebenarnya bisa diatasi dengan cara mudah.

Tips biar ngga mager saat belajar di rumah itu gimana, sih? Iya, tau ada materi yang harus dibaca, ada tugas yang harus dikerjakan, dan seterusnya. Namun rasanya seketika lunglai kayak belum makan berhari-hari gitu, kalau liat buku-buku pelajaran. Gimana mau mendekat, memegangnya, dan belajar, coba? Gimana sih, cara mengatasi mager ini? Bagaimana cara melawan rasa mager?

 

Kok Mager?

tips biar ngga mager saat belajar
Photo by Leohoho on Unsplash

Yuk, kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan mager sebelum melawannya. Nah, apa arti mager? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mager berarti malas bergerak, enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas.

Rasa malas atau enggan beraktivitas ini bisa terwujud dalam berbagai hal, tak cuma belajar. Memangnya mengapa timbul rasa malas? Sebabnya bermacam-macam, Sobat. Beda orang bisa beda pula penyebab kemalasan yang dirasakannya. Boleh jadi rasa malas itu muncul akibat jenuh atau bosan dengan rutinitas yang berulang-ulang.

Sama seperti kita pergi ke sekolah setiap hari. Oke, akhir pekan kita libur, tetapi kenapa orang malas sekolah? Bosan, Sobat. Rutinitas yang sama kita kerjakan setiap pagi, setiap hari selama 12 tahun ini, lama-lama terasa membosankan – yang sering kali tak kita sadari.

Bayangkan saja, reaksi macam apa yang akan kita terima kalau bilang, "Aku bosan ke sekolah." Demi 'perdamaian dunia,' kalian yang menyadari rasa bosan itu memilih untuk terus menjalani rutinitas yang sama. Sebagian lagi, emang enggak sadar kalau dirinya sedang bosan atau jenuh. Tau-tau mager, aja. Nah, terus gimana cara mengatasi mager itu?

 

Bagaimana Cara agar Tidak Mager?

cara agar tidak malas belajar
Photo by Jon Tyson on Unsplash

Kembali pada arti mager di atas. Dari frasa 'sedang tidak bersemangat' saja, kita dapat berasumsi bahwa mager sebenarnya adalah keadaan yang bersifat temporer, sementara saja. Berarti, sesekali merasa mager itu wajar, Sobat. Berarti pula, kita bisa beranjak dari keadaan mager itu.

Nah, cara agar tidak mager itu bagaimana? Terutama dalam belajar nih, kalian yang paling sering kena "mager attack" tiap kali mau belajar, bagaimana cara biar gak malas belajar? Berikut lima tips biar ngga mager saat belajar di rumah.

1. Minta Seseorang untuk Mengingatkan

Siapa nih, yang paling bete kalau Nyokab udah heboh nyuruh-nyuruh belajar? Eitts, jangan keburu bete, Sobat. Kalau kamu pernah menjadi anak kos, terus lagi super mager ngerjain tugas, suara Nyokab yang ribut nyuruh belajar itu bisa menjadi penyemangat, loh – apalagi kalau deadline tugasnya besok! Jadi, trik paling ampuh untuk mengatasi kemalasan dalam belajar adalah... Nyokab. Eh, bukan.

Maksudnya, punya seseorang yang mengingatkan untuk belajar bisa membantumu mengatasi malas belajar. Tentu saja, tips ini enggak selalu menyenangkan, terutama kalau kamu lagi bener-bener capek. Namun tingkat keberhasilan suara Nyokab untuk membuatmu bergerak biasanya mencapai 99% (iya, ngga?).

2. Berlatih Mengerjakan Sesuatu yang Tak Disukai

Kalau kamu memilih untuk menjaga ketenangan rumah dan semua orang yang tinggal di dalamnya, jangan tunggu Nyokab menyuruhmu belajar, deh. Sebaliknya, latih dirimu untuk mengerjakan sesuatu yang sebenarnya pada saat itu tak ingin kamu kerjakan – entah belajar, membersihkan rumah, membereskan kamar, atau yang lain. Pada awalnya mungkin bikin frustrasi. Namun seperti otot yang terlatih, lama-kelamaan kamu akan menjadi tangguh. Sama seperti strength training, cara menghilangkan rasa malas belajar seperti ini memang butuh waktu untuk berlatih. Namun sekalinya menguasai, kamu bisa menerapkan life skill ini pada banyak hal lain.

3. Kerjakan Sedikit demi Sedikit

Mungkin kamu sudah berkali-kali mendengar tips yang satu ini. Salah satu cara agar tidak malas belajar adalah dengan belajar sedikit demi sedikit – jangan belajar seluruh materi pelajaran sekaligus di malam menjelang ujian. Melihat begitu banyaknya materi yang harus dipelajari, rasa malas itu akan lebih mudah menguasaimu dibanding semangat untuk belajar – betul, tidak?

4. Jaga Stabilitas Mood

Dibutuhkan konsistensi yang baik agar kita dapat mengerjakan sesuatu sedikit demi sedikit. Hati-hati, karena konsistensi itu bisa menimbulkan rasa bosan yang ujung-ujungnya juga bikin kamu mager lagi. Triknya di sini adalah menjaga mood, Sobat. Apa yang kamu butuhkan agar mood, semangat belajarmu tetap stabil? Apakah kamu lebih nyaman belajar sambil mendengarkan musik dangdut? Apa kamu butuh suplai gula dari snacks? Jika hal-hal ringan itu dapat membantumu mengatasi kemalasan dalam belajar, boleh-boleh saja membuat kegiatan belajarmu menjadi lebih asyik.

Namun kalau mau lebih sehat, buatlah jadwal olahraga yang teratur – renang, jogging, basket, atau olahraga lain yang kamu sukai. Kok dibuat jadwal? Bakal bikin rutinitas yang membosankan lagi, nih? Pada awalnya, mungkin kamu sempat enggak suka dengan jadwal olahraga itu. Namun setelah beberapa waktu, kamu akan ketagihan dengan efek hormon endorfin yang dihasilkan oleh tubuhmu selama berolahraga. Psst... sebenarnya cara mengatasi mager yang satu ini ampuh juga untuk mengatasi rasa malas selain belajar, loh. Dengan mood yang lebih baik dan badan yang lebih bugar, apa sih yang enggak bisa kamu kerjakan?

5. Bangun Motivasi yang Nendang

Tips biar ngga mager saat belajar yang terakhir, dan mungkin terdengar klise, adalah dengan mengingat kembali betapa beruntungnya kamu bisa sekolah, Sobat. Coba "buka mata" dan lihat, berapa banyak orang-orang seusiamu yang tak bisa sekolah atau kuliah. Jika saat ini kamu bisa sekolah dan kuliah dengan tenang, syukuri dan manfaatkan baik-baik kesempatan itu dengan bersungguh-sungguh belajar dan menuntut ilmu.

1300

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog