redesain-navbar Portlet

null

Blog

5 Tips Menjadi Pengusaha Sukses: Begini Cara Memulai Bisnis sejak Sekarang

Jiwa dan semangat wirausaha dapat dipupuk dan dikembangkan sejak sekarang.

Pengusaha Sukses, photo by nattanan23 on Pixabay

Apa itu entrepreneur? Kenapa belakangan ini kita cukup sering mendengar kata entrepreneur? Emang gimana kata entrepreneur itu relate sama kita? Nah, jangan skip-skip, ya! Read through to the end, Sobat.

 

Kenapa Kita Butuh Entrepreneur?

Photo by Free-Photos on Pixabay

Bagi sebagian, atau bahkan kebanyakan, orang rencana hidup setelah sekolah itu kuliah dan melamar kerja. Sobat Pintar kebayang nggak, kalau teman-temanmu satu sekolah semua melamar kerja? Siapa yang bakal ngasih kerja?

Sebenarnya sesederhana supply dan demand itu sih, kenapa kita butuh entrepreneur. Bahkan jika memungkinkan, kita butuh pengusaha muda!

Namun sayangnya, kita juga nggak banyak belajar tentang bagaimana menjadi entrepreneur saat sekolah maupun kuliah – at least, nggak sebanyak kita belajar dan mengembangkan diri biar kompeten saat melamar kerja setelah lulus. Alhasil, kita harus belajar sendiri kalau ingin menjadi wirausahawan sukses.

 

Jadi, Apa Itu Entrepreneur?

Photo by Christina on Unsplash

Dari penjelasan di atas, Sobat tentu sudah bisa menebak tentang entrepreneurship. Apa itu entrepreneur? Entrepreneur atau pengusaha adalah pelaku bisnis. Dalam menjalankan bisnis atau wirausahanya (entrepreneurship), seorang entrepreneur mengambil risiko finansial – yang secara umum lebih besar daripada pelamar kerja.

Kemampuan, dan keberanian, untuk mengalkulasi dan mengambil risiko inilah yang tak dimiliki kebanyakan orang. Itulah sebabnya jumlah pelamar kerja cenderung lebih banyak daripada jumlah entrepreneur – yang lebih dikenal sebagai pengusaha atau wirausahawan dalam Bahasa Indonesia

Untuk menjadi entrepreneur, kita tak harus menunggu lulus sekolah atau kuliah, Sobat. Dengan kata lain, kalau cita-citamu menjadi pengusaha sukses atau wirausahawan sukses, Sobat bisa memulainya sejak... sekarang!

 

Bagaimana Menjadi Entrepreneur Sukses?

Photo by RODNAE Productions on Pexels

Again, tak banyak yang kita peroleh dari sekolah atau kuliah tentang bagaimana cara menjadi pengusaha. Palingan, setiap mahasiswa pernah mengambil mata kuliah Kewirausahaan atau Kewiraan yang rata-rata hanya 2 SKS selama kuliah. And that's it.

Kalau begitu, kita sendiri yang harus kepo sangat dan mencari tahu tentang cara berbisnis. Bagaimana agar seseorang bisa menjadi seorang wirausaha yang sukses? Langkah-langkah untuk menjadi wirausahawan yang sukses adalah sebagai berikut.

1. Yakin dan Percaya Diri

Ketika sebagian besar teman-temanmu bercita-cita bekerja di perusahaan besar, Sobat saja yang ingin memiliki dan menjalankan perusahaan, misalnya. Menjadi orang yang anti mainstream itu nggak gampang, loh. You have to be super confident to stand alone. Itu modal penting kalau Sobat pengin jadi pengusaha sukses.

2. Ketahui Passion atau Minatmu

Minatmu itu di bidang apa, sih? Makanan? Teknologi? Fashion? Kita selalu punya semangat dan energi melimpah (passionate) kalau mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan passion. Misalnya suka fotografi, maka Sobat rela menyisihkan uang jajan demi membeli tas buat kameramu yang berharga. Berburu foto di saat hujan sampai malam pun, bakal dijabanin!

Semangat juang pantang menyerah itulah jurus atau cara menjadi orang sukses, apapun bidang pilihanmu. Itulah sebabnya, mengetahui minat diri sendiri amat penting.

3. Jalani Bisnis yang Disukai dan Dikuasai

Suka fotografi saja, misalnya, takkan membuat kualitas fotomu luar biasa. Maka, belajar dan tingkatkan lagi skills yang dibutuhkan untuk memulai dan menjalankan bisnismu. Ikuti pelatihan, workshop, atau kelas-kelas hobi untuk mengasah kemampuanmu.

Bahkan terkadang untuk menjalankan sebuah bisnis, kita akan membutuhkan lebih dari satu jenis workshop. Misalnya ingin menjalankan sebuah online shop di bidang fashion, Sobat harus tahu bagaimana menghasilkan foto yang menarik dengan berbekal smartphone saja. Kreativitas juga penting agar online shop-mu lebih tampil lebih menarik dari shops yang lain, dan masih banyak lagi persiapan yang harus dilakukan. So, don't hesitate to invest in your time and skills from now on, Sobat!

4. Lihat Peluang dan Target Pasar

Jangan abai dengan peluang bisnis. Pada masa resesi akibat pandemi seperti sekarang, misalnya, seberapa baguskah prospek bisnis fashion? Siapa yang Sobat inginkan untuk membeli dan menggunakan produkmu nanti? Ingat, salah satu syarat untuk menjadi wirausahawan yang baik dan sukses adalah mampu melihat peluang dan tahu siapa calon konsumen.

5. Siapkan Modal

Last but not least, kita butuh modal finansial untuk memulai kegiatan wirausaha, bisnis, atau entrepreneurship. Namun untuk menjadi entrepreneur yang sukses, modal finansial bukan segala-galanya. Remember, be confident that you'll find a way when you need some amount of funds someday.

Itulah beberapa tips menjadi entrepreneur. Sudah tahu kan, bagaimana cara menjadi pengusaha muda? Jangan kelamaan bergumul dengan ide-ide tentang cara memulai bisnis, ya. Instead, just do it, Sobat!

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet