PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.dfordelhi.in

6 Alasan Kenapa Kamu Perlu ke Perpustakaan

Tips Pelajar dan Mahasiswa

Adakah satu tempat yang rutin kamu kunjungi dalam seminggu? Ya... selain sekolah atau kampus, maksudnya. Lapangan futsal? Mall? Bagaimana dengan perpustakaan? Perpustakaan sekolah, perpustakaan kampus, perpustakaan kota, atau perpustakaan apapun yang terdekat dengan tempat tinggalmu, deh.

Kamu bertanya, "Ngapain ke perpustakaan?"

Oh, banyak banget yang bisa kamu lakukan di perpustkaan. Coba liat, nih.

 

1. Ngadem

Salah satu fasilitas perpustakaan adalah ruang berpendingin udara. Tujuan sebenarnya sih, biar buku-bukunya lebih awet, tapi bolehlah kamu manfaatin udara sejuknya. Ya nggak, sih? Atau kalau arsitektur perpustakaannya cukup bagus, tanpa pendingin udara sekalipun hawanya udah terasa adem aja di dalam. Tau-tau, mata ini udah berat aja bawannya – daripada bikin ribut, biasanya tidur di perpustakaan tuh malah dibiarin, loh.Jadi, saat sedang cuaca terik dan kamu butuh aliran udara yang sejuk semilir membelai, ingatlah perpustakaan!

 

2. Numpang WiFi Gretongan

Ohoo yang namanya pelajar dan mahasiswa tuh selalu kuat sinyal kalau ada kata gretongan alias gratisan – apalagi kalau internet! Perpustakaan sekarang banyak yang menawarkan fasilitas WiFi gratis, jadi kenapa nggak kamu manfaatin sebaik-baiknya? Browsing, ngegame, ngeksis di medsos, apapun itu demi menghemat kuota datamu.

Yang paling penting, WiFi gratis di perpustakaan tuh bisa banget membantumu ngeberesin tugas. Lumayan kan, nggak kudu beli ini itu seperti kalau kamu nugas di coffee shop atau kafe. Tasya Kamila aja, jauh-jauh kuliah di Columbia University juga suka nugas dan numpang WiFi di perpustakaan kampus.

 

3. Nonton TV

Yak, kamu bisa nonton TV di perpustakaan. Tentu, volume suaranya ya nggak boleh terlalu keras. Tapi asyik juga lho, sesekali menikmati acara TV sambil pegang majalah, ensiklopedia, komik, koran, tabloid, atau bacaan-bacaan ringan lainnya – it's a lazy mode of killing time.

 

4. Ngepoin Jendela Dunia

Tapi kalau kamu lebih suka menghabiskan waktu luang dengan cara yang lebih bermanfaat, baca-bacalah buku di perpustakaan. Pernahkah kamu bertanya sesuatu pada Google, kemudian lebih banyak lagi pertanyaan yang muncul, hingga kamupun terus sibuk membaca informasinya? Sama seperti buku, kamu bisa mulai dengan buku tentang berkebun, misalnya, dan berakhir dengan membaca tentang kesehatan sebelum keluar perpustakaan.

Bedanya dari informasi online, data yang tertera pada buku lebih dapat dipertanggungjawabkan. Untuk bisa sampai di tanganmu, buku telah melalui proses panjang sampai layak cetak. Jadi, informasi yang kamu peroleh dari ensiklopedia yang tebal dan berjilid-jilid itu sebenarnya lebih reliable dibanding Wikipedia yang bisa diedit oleh sukarelawan anonim.

 

5. Pinjam Buku

Kalau kamu emang doyan baca buku, perpustakaan adalah surga dunia yang tak tergantikan. Genre buku yang tersedia banyak banget, kamu tinggal pilih untuk dipinjam dan bisa dibaca kapanpun, di manapun kamu mau. Ribetnya proses pendaftaran atau singkatnya masa pinjam dibeberapa perpustakaan hanyalah kendala remeh-temeh dibanding banyaknya rupiah yang bisa kamu selamatkan.

Sebagai pencinta buku, kamu pasti tergoda beli buku-buku baru yang rapi, wangi, dan mengkilat di toko-toko buku. Bahkan, buku bekas yang ditawarkan obral sekalipun tetap menggoda bagi kutu buku. Tapi kalau bisa pinjam buku dari perpustakaan, bayangkan berapa rupiah yang bisa dialokasikan untuk keperluanmu yang lain. Lumayan, kan?

 

6. Sumber Referensi Data dan Ilmu

Saat harus bikin laporan penelitian, mau nggak mau, kamu harus ke perpustakaan. Pasalnya, saat kamu butuh referensi sebagai landasan teori penelitianmu, perpustakaan sudah siap dengan banyak sumber yang bisa dirujuk. Bahkan, kamu bisa melihat data atau hasil penelitian sebelumnya.

 

Nyaris nggak ada celanya sih, sebuah tempat yang bernama perpustakaan ini. Di sini kamu bisa me time tanpa terganggu pengunjung yang lain, atau menikmati event yang kadang diadakan di area perpustakaan. Jadi, masih butuh alasan apa lagi untuk berkunjung ke perpustakaan?

Lebih masukan Blog

5 Jenis Beasiswa untuk Kuliah di Taiwan

Salah satu negara di Asia yang menawarkan beasiswa bagi pelajar Indonesia adalah Taiwan....

Kamu Siswa Kelas Bahasa? Lihat 10 Jurusan Kuliah Ini

Oke, kamu udah pilih jurusan Bahasa di SMA, tapi tetep nggak bisa jawab saat orang-orang...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru