PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via smalan.sch.id

Kamu Siswa Kelas Bahasa? Lihat 10 Jurusan Kuliah Ini

Tips Kuliah

Oke, kamu udah pilih jurusan Bahasa di SMA, tapi tetep nggak bisa jawab saat orang-orang diluar sana kasih komentar tentang kuliahmu nanti. Sebenarnya kamu udah tahu belum sih, jurusan apa saja yang terbuka untuk anak Bahasa? Coba lihat dibawah ini, sudah adakah jurusan yang terbersit dibenakmu?

 

1. Bahasa dan Sastra

Biasanya, Bahasa dan Sastra berada dalam satu jurusan meskipun tak tertutup kemungkinan keduanya terpisah pada jurusan atau program studi yang berbeda – tergantung kebijakan masing-masing perguruan tinggi. Alumni Jurusan Bahasa dan Sastra asing, seperti Rusia, Korea, Arab, Cina, Perancis, Jepang, atau Inggris, bisa menjadi penerjemah atau interpreter. Tapi kalau minatmu berada pada Bahasa dan Sastra Indonesia, atau bahkan Jawa, bukan berarti peluang kerjamu kurang menjanjikan lho, ya!

Dalam berbagai bahasa, Ilmu Sastra mengulas tentang makna yang tersirat dalam sebuah konteks, cerita, percakapan, bahkan pikiran manusia. Tak heran, orang-orang Sastra biasanya memiliki kepekaan yang tak ada pada kebanyakan orang. Itulah sebabnya kenapa alumni Bahasa dan Sastra bisa menjadi novelis, pengajar, penulis, sastrawan, hingga budayawan.

 

2. Jurnalistik

Jika memiliki minat pada dunia broadcasting, bekerja di stasiun TV atau radio, penerbitan majalah atau suratkabar, kamu bisa kuliah di Jurusan Jurnalistik. Disini, kemampuan teknismu dalam menyusun naskah dan tulisan dipoles dengan keterampilan mengambil foto dan mengumpulkan data secara tepat sehingga kamu dapat menghasilkan laporan jurnalisme yang menarik dan informatif.

 

3. Ilmu Komunikasi

Salah satu penjurusan atau spesialisasi Jurusan Ilmu Komunikasi adalah Jurnalistik. Jadi, masih banyak hal lain yang bisa kamu pelajari di Ilmu Komunikasi, misalnya pemanfaatan dan tren teknologi dalam menyampaikan pesan secara efektif dan efisien. Perkembangan dunia digital, media sosial, hiburan populer dan hal-hal lain yang sedang berkembang menjadi fokus yang menarik dalam bidang Ilmu Komunikasi. Yang jelas, jurusan ini membekalimu dengan lebih banyak pengetahuan dan keterampilan selain Jurnalisme.

 

4. Psikologi

Dari jurusan Bahasa di SMA, kamu bisa kuliah di Jurusan Psikologi. Disini, kamu akan belajar tentang pikiran dan interaksi manusia – mirip seperti Sastra, tapi Psikologi berkaitan langsung dengan orangnya. Selepas kuliah, kamu bisa bekerja dibagian Human Resource Department atau Manajemen Sumber Daya Manusia suatu perusahaan.

 

5. Sosiologi

Yup, kamu nggak salah baca: Sosiologi. Jurusan ini bukan dominasi anak IPS kok, meskipun memang disini dipelajari tentang masyarakat. Menjadi seorang sosiolog berarti kamu harus siap melakukan riset tentang masalah sosial dan kemasyarakatan yang biasanya menjadi referensi bagi pemerintah untuk menetapkan kebijakan tertentu.

 

6. Antropologi

Lagi-lagi, nggak harus dari kelas IPS untuk masuk jurusan ini. Tahukah kamu apa sebabnya? Profesi antropolog, juga arkeolog, sedang dibutuhkan belakangan ini. Jadi, kenapa kamu nggak ambil kesempatan yang ada?

 

7. Hubungan Internasional

Salah satu jurusan favorit anak Bahasa nih, Hubungan Internasional. Meskipun berdasar pada ilmu sosial, Hubungan Internasional adalah bidang yang memerlukan kemampuan berbahasa, khususnya bahasa asing, yang baik. Bahasa diperlukan sebagai alat komunikasi dalam berdiplomasi dan memahami budaya serta kebiasaan orang-orang dari berbagai belahan dunia. Di Jurusan Hubungan Internasional, kamu akan belajar tentang organisasi internasional, diplomasi, hukum internasional, dan masih banyak lagi.

 

8. Pariwisata dan Perhotelan

Terdiri dari beberapa konsentrasi atau penjurusan, Pariwisata dan Perhotelan adalah jurusan yang disukai oleh banyak anak Bahasa. Pasalnya, sejak masih kuliah hingga bekerja, kamu akan sering bepergian ke banyak tempat dan bertemu banyak orang baru setiap hari. Nggak bakalan ada bosennya deh, berkecimpung dibidang ini.

 

9. Televisi dan Film

Otak kreatif yang sudah terasah dikelas Bahasa bisa terus kamu kembangkan di Jurusan Televisi dan Film. Mahasiswa jurusan ini belajar banyak tentang penulisan skrip, penulisan kritik, teknik penyutradaraan film, penggunaan alat-alat produksi seperti kamera, hingga penyusunan budget. Lulusan jurusan ini bisa menjadi cameraman, sutradara, fotografer, sinematografer, atau bekerja dibagian riset.

 

10. Seni

Masih tentang mengembangkan jiwa kreatifmu, dari kelas Bahasa kamu bisa melanjutkan kuliah di Jurusan Seni. Sesuaikan saja dengan bakatmu, kamu bisa belajar tentang Seni Tari, Seni Musik, Seni Rupa, Seni Kriya, atau yang lain.

 

See? Anak kelas Bahasa tuh punya peluang yang nggak kalah sama anak IPA atau IPS, kok. Jadi, jangan berkecil hati saat ada yang menanyakan prospek masa depanmu. Jawablah dengan tegas dan kepala tegak – yes, you can do it!

Lebih masukan Blog

6 Alasan Kenapa Kamu Perlu ke Perpustakaan

Adakah satu tempat yang rutin kamu kunjungi dalam seminggu? Ya... selain sekolah atau kampus,...

Ini 6 Profesi Menjanjikan Bagi Lulusan Teknik Arsitektur

Kalau kuliah di Jurusan Teknik Arsitektur, apa kamu harus jadi seorang arsitek? Nggak harus,...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru