APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

6 Kampus di Ciamis, Jawa Barat

Ada beberapa kampus di Ciamis untuk kuliah yang terbaik .

Photo by Radu Marcusu on Unsplash

Kampus yang ada di Ciamis apa saja, Sobat Pintar mau tau? Memang tak banyak kampus di Ciamis, tetapi justru karena itulah kita perlu tau apa saja pilihan kita. Apalagi bila Sobat berencana untuk kuliah di Ciamis, harus banget kan, tau pilihan kampus di Ciamis?

Pula, buat kamu-kamu yang kepo sama PTN di Ciamis. Ada berapa, atau apakah ada, perguruan tinggi negeri di Ciamis? Mau tau? Nah, kampus di Ciamis apa saja? Yuk, cek satu-satu di bawah ini.

universitas yang ada di jawa barat
Photo by Aliis Sinisalu on Unsplash

1. Institut Agama Islam Darussalam Ciamis Jawa Barat

Kampus swasta di Ciamis ini terbilang unik karena menggabungkan pendidikan kepesantrenan dan akademik sekaligus. Alamat Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis Jawa Barat berada di Kampus Pesantren Darussalam, sementara Pondok Pesantren Darussalam Ciamis sendiri berada di Jl. K.H. Ahmad Fadlil Dusun Kandanggajah Desa Dewasari Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis.

Berdiri pada 1970, pada awalnya Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis Jawa Barat menaungi satu fakultas saja. Sekarang perguruan tinggi swasta di Ciamis ini menaungi beberapa fakultas dan program studi di bawah ini.

Fakultas

Jurusan

Ekonomi dan Bisnis Islam

Ekonomi Syariah

Manajemen Bisnis Syariah

Syariah

Ahwal Al Syakhshiyyah

Tarbiyah

PIAUD

PAI

PGMI

Ushuluddin

IAT

kampus negeri di Ciamis
Photo by Alisa Anton on Unsplash

2. STAI Al-Ma`arif Ciamis

PTS di Ciamis ini beralamat di Jl. Umar Saleh Imbanagara Raya – Ciamis. Sebagai sebuah sekolah tinggi berbasis Islam, STAI Al-Ma'arif Ciamis membuka Program Studi Ekonomi Syariah, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pengembangan Masyarakat Islam, serta menawarkan program-program unggulan seperti pondok pesantren, kajian kitab kuning, tahfidz Al-Qur'an, maupun pengembangan Bahasa Arab dan Inggris.

kampus swasta di Ciamis
Photo by Thought Catalog on Unsplash

3. STAI Putra Galuh Ciamis

STAI Putra Galuh Ciamis beralamat di Jl. Raya Ciamis Banjar No. 141 KM.3 Cijantung Bojongsari RT.08 RW.04 Dewasari Cijeungjing Ciamis. Ada tiga program studi yang dibuka di kampus yang ada di Ciamis ini, yaitu S1 PGMI/SD, S1 PIAUD, dan S1 Perbankan Syariah.

kampus yang ada di Ciamis
Photo by Alisa Anton on Unsplash

4. STEI Ar-Risalah Ciamis Jawa Barat

Perguruan tinggi swasta di Ciamis ini fokus pada karakter kewirausahaan, khususnya pengembangan potensi ekonomi, bisnis, dan usaha di lingkungan Pondok Pesantren Ar-Risalah. Untuk itu, STEI Ar-Risalah Ciamis membuka dua program studi, yakni Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah. Kampus di Ciamis ini beralamat di Jl. Raya Banjar Km. 3,5 Pamalayan.

universitas swasta di Ciamis
Photo by Brigitte Tohm on Unsplash

5. STIKes Muhammadiyah Ciamis

STIKes Muhammadiyah Ciamis merupakan peleburan AKPER dan AKBID Ciamis berdasarkan SK Depdiknas tahun 2006. Namun pilihan jurusan di PTS di Ciamis ini tak terbatas pada kedua bidang ilmu tersebut. Sekarang kampus swasta di Ciamis ini membuka Program Studi D3 Farmasi, D3 Kebidanan, D3 Keperawatan, D3 Teknologi Laboratorium Medis, dan S1 Keperawatan dan Profesi Ners. Kampus di Ciamis ini beralamat di Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 20 Ciamis.

Kampus di Ciamis apa saja
Photo by Karen Zhao on Unsplash

6. Universitas Galuh

Lebih dikenal dengan akronim Unigal, Universitas Galuh adalah satu-satunya universitas di Ciamis. Tentu saja, Unigal bukan satu-satunya universitas yang ada di Jawa Barat.

Namun buat kamu yang barangkali tak mau kuliah jauh-jauh dari rumah, Unigal sepertinya pilihan yang menarik, nih. Emangnya mahasiswa Unigal kuliah di mana? Universitas di Ciamis ini berada di Jl. R. E. Martadinata No. 150 Ciamis, kira-kira satu kilometer ke arah utara dari Kota Ciamis.

Terus, mungkin kamu masih bertanya, Universitas Galuh negeri apa swasta? Unigal adalah sebuah Perguruan Tinggi Swasta di Ciamis yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Galuh. Sesuai dengan keadaan sosial budaya masyarakat setempat, Unigal fokus pada pembekalan kewirausahaan dan penguatan produk lokal khas Ciamis.

Satu-satunya universitas swasta di Ciamis ini menaungi banyak fakultas dan jurusan. Apa saja pilihan jurusan kuliah di Unigal?

Fakultas

Jurusan

Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pendidikan Akuntansi

Pendidikan Bahasa Indonesia

Pendidikan Bahasa Inggris

Pendidikan Biologi

Pendidikan Jasmani

Pendidikan Matematika

Pendidikan Sejarah

Hukum

Hukum

Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Administrasi Publik

Ilmu Pemerintahan

Pertanian

Agribisnis

Teknik

Teknik Mesin

Teknik Sipil

Teknik Industri

Sistem Informasi

Ilmu Kesehatan

Keperawatan

Kebidanan

Itulah referensi kampus di Ciamis buat kamu, Sobat Pintar. Memang, sejauh ini belum ada pilihan kampus negeri di Ciamis. Namun jangan berkecil hati ya, karena kampus-kampus swasta juga bisa menjadi pilihan tempat kuliah yang tak kalah cakep.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog