redesain-navbar Portlet

null

Blog

6 Langkah Mudah Menerapkan Kaizen

Dengan cara yang tepat, perubahan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Langkah Mudah Menerapkan Kaizen, image via www.shmula.com

Mager is a new lifestyle. Benarkah begitu, Sobat? Dimasa ketika kebanyakan kita lebih suka rebahan dan mengeluarkan jurus pamungkas "nanti," haruskah kita mengikuti lifestyle ini?

Adalah Kaizen, sebuah prinsip hidup dari Jepang yang cukup unik – khususnya bagi kita yang mager. Sama seperti saat mager, tidak bergerak, kita tak beranjak ke mana-mana. Hidup juga demikian. Bila tak ada perubahan, hidup kita juga akan tetap seperti ini-ini saja. Nah, Kaizen mengajak kita membuat perubahan kecil dalam hidup setiap harinya.

Pada prinsipnya, Kaizen tidak membuat kita membuat perubahan besar. Tujuan Kaizen juga bukan untuk membuat hidup kita menjadi sempurna. Melainkan, kita hanya perlu untuk terus mengusahakan setiap harinya menjadi lebih baik daripada hari sebelumnya. Bagaimana caranya?

Misalnya, Sobat Pintar ingin bangun lebih awal setiap hari. Langkah-langkah apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkannya?

 

1. Review Bagaimana Dampak Jam Bangunmu Selama Ini pada Kegiatan Sehari-Hari

Misalnya, Sobat merasa selama ini selalu terburu-buru berangkat ke sekolah. Perjalanan ke sekolah juga tak tenang, khawatir menjumpai gerbang sekolah sudah tertutup. Apalagi, sering ada buku yang tertinggal karena persiapan berangkat yang buru-buru.

 

2. Validasi Kenapa Sobat Merasa Perlu Menjalankan Kebiasaan Baru Tersebut

Setelah dipikir-pikir, sepertinya Sobat membutuhkan waktu lebih lama untuk bersiap. Jadi, dengan bangun lebih awal, harapannya Sobat tak lagi terburu-buru berangkat ke sekolah, perjalanan lebih tenang, dan tak ada lagi buku pelajaran yang tertinggal.

 

3. Rencanakan Langkah-Langkah yang Perlu Diambil

Memang tak mudah untuk mengubah kebiasaan. Jadi, Sobat bisa mengawali dengan menggeser alarm lima menit lebih awal. Biasakan dulu untuk bangun lima menit lebih awal selama satu pekan. Kemudian, pada pekan kedua, tambah lima menit lagi untuk bangun lebih awal. Begitu terus, sampai dirasa persiapan berangkat sekolahmu tak lagi terburu-buru.

 

4. Berpikir Positif, Sugesti Diri Sendiri untuk Melakukan Perubahan

Sudah sewajarnya bila kita merasa ketakutan dengan suatu perubahan besar dan mendadak dalam hidup. Jangan dilihat bangun lebih paginya, Sobat. Lihatlah perubahan atau pergeseran lima menitnya saja. It's just five minutes. Pekan depan, lima menit juga. Dengan begitu, kita tidak merasa terintimidasi oleh perubahan lifestyle untuk bangun lebih pagi.

 

5. Lakukan, Kerjakan, Mulailah

Jangan menunggu pekan depan atau bulan depan, Sobat. Kerjakan saja sesegera mungkin. Bangun lebih awal mulai... besok pagi? Yes, do it.

 

6. Review Lagi, Bagaimana Perubahan yang Telah Terjadi

Setelah sepekan berusaha bangun lima menit lebih awal, bagaimana hasilnya, Sobat? Apakah sudah benar-benar bisa bangun lima menit lebih awal selama tujuh hari berturut-turut? Atau alarm 'tak berfungsi' selama beberapa hari?

Apakah Sobat akan menambah lima menit lagi lebih awal untuk pekan berikutnya? Atau masih tetap bertahan untuk membiasakan diri dengan lima menit yang sekarang? Atau justru cukup tiga hari saja bangun lima menit lebih awal, kemudian tiga hari berikutnya sudah menjadi 10 menit? Mana yang dirasa lebih nyaman untukmu?

 

Nah, kita bisa menerapkan enam langkah diatas pada perubahan apapun yang lain. Again, bukan perubahan besar dan mendadak yang kita usahakan. Melainkan, perubahan kecil, sedikit demi sedikit, dan pelan-pelan.

Kecepatan adaptasi setiap orang berbeda. Jadi, seberapa pelan? It depends on yourself. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuanmu sendiri – sesuai dengan prinsip KaiZen, berubah dengan bijak.

90

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp