redesain-navbar Portlet

null

Blog

Kenapa Tidak Percaya Diri? Ini 7 Sebabnya

Mengenali penyebab rendahnya rasa percaya diri dapat membantu cara menumbuhkannya.

Kenapa Tidak Percaya Diri, image via www.tcnorth.com

Bagi sebagian kita, mengangkat tangan untuk bertanya, menjawab pertanyaan, atau mengutarakan pendapat di kelas sudah menjadi prestasi luar biasa. Salah satu penyebabnya, kurang percaya diri! Apakah Sobat Pintar mengalaminya juga?

Ada berbagai faktor penyebab kenapa kita merasa kurang percaya diri. Coba lihat, mungkin salah satu sebab ini ada pada kita.

 

1. Mempercayai Opini Orang Lain tentang Diri Kita

Why do they know about you better than you do? Apakah orang lain menyertaimu selama 24 jam 7 hari? Tentu tidak. Jadi apapun yang Sobat dengar tentang diri sendiri dari orang lain, jangan lekas-lekas mempercayainya. Apa yang mereka katakan belum tentu berupa fakta. Boleh jadi, mereka hanya mengutarakan pendapatnya.

 

2. Melimpahkan Kesalahan pada Orang Lain

We're in control of our life. Ada hal-hal dalam hidup yang sebenarnya berada dalam kendali kita. Ingin hasil studimu diakhir semester baik? Kerjakan tugas, hadiri kelas, perjuangkan Ujian Akhir Semestermu – bukankah semua ini bisa diusahakan? Buru-buru melimpahkan kesalahan pada dosen, misalnya, hanya akan membuat kita merasa tak bisa apa-apa.

 

3. Tidak Memiliki Kecakapan dalam Suatu Hal

Sobat Pintar jago menggambar? Selalu punya ide acara seru untuk dikerjakan beramai-ramai? Sering membantu teman-teman belajar Kimia? Masing-masing kita pasti memiliki kecakapan atau keahlian tertentu. Keahlian itulah yang membantu mendongkrak rasa percaya diri kita. Jadi, temukan dan kembangkan skill istimewamu, Sobat!

 

4. Tak Bersungguh-Sungguh Mengusahakan Sesuatu

Bagaimana reaksimu kalau dosen berkata, "Kita kuis" atau guru berujar, "Hari ini ujian Matematika?" Tanpa belajar atau persiapan apapun, mudah bagi kita untuk seketika kehilangan rasa percaya diri. Sama halnya di luar kelas, rasa percaya diri kita juga dipengaruhi oleh seberapa baik kita bersiap dan berusaha. Bukan saatnya gabut lagi ya, Sobat!

 

5. Sugesti Negatif pada Diri Sendiri

"No. I can't do it." Seberapa sering kita berujar seperti ini? Seolah-olah, kita sedang memerintah diri sendiri untuk tidak mampu. Maka, jangan heran bila kemudian kita memang tidak mampu melakukan atau meraih sesuatu! Bukan karena terbatasnya kemampuan atau keterampilan, tapi karena kita menekan semangat diri sendiri untuk mulai berusaha.

 

6. Lingkungan yang Tidak Mendukung

Sudah sewajarnya bila kita mengharap dukungan dari teman-teman di sekitar kita. Tapi bagaimana bila mereka cenderung nyinyir, bahkan mem-bully kita? A joke is a joke, but there's a limit to it. Bila lambat laun kita justru merasa rendah diri karena sikap mereka, mungkin memang kita berada dalam lingkaran pergaulan yang kurang tepat.

 

7. Aman Didalam Zona Nyaman

Why is it called comfort zone? Because it is comfortable! Namun segala kemudahan yang dinikmati selama berada didalam zona nyaman membuat kita tumpul, tidak berkembang. Tak ada tantangan yang membuat kita harus memeras tenaga dan pikiran demi tujuan tertentu. We won't come to our full potential without go head to head against resistances.

 

Ada berbagai faktor yang memupuskan rasa percaya diri. Dengan tepat mengenali penyebab pupusnya, kita bisa menumbuhkan dan terus memupuk rasa percaya diri. Tapi bila masih mengalami kesulitan, ada Konseling Pintar yang selalu siap membantumu.

230

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp