redesain-navbar Portlet

null

Blog

6 Universitas di Semarang yang Terbaik dan Difavoritkan

Di antara universitas negeri dan swasta di Semarang, ada sebagian yang cukup difavoritkan oleh para calon mahasiswa.

universitas di semarang, photo by Pixabay on Pexels

Siapa nih, Sobat Pintar yang lagi nyari-nyari referensi kampus di Semarang? Kalau ngomongin tempat kuliah di Semarang, biasanya kita langsung nyebutin sebuah PTN di Semarang, seperti Universitas Diponegoro. Padahal universitas yang ada di Semarang itu enggak cuma Universitas Diponegoro loh, Sobat.

Ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini punya banyak kampus favorit, baik negeri maupun swasta, buat referensi kita kuliah. Yuk, kenalan dulu sama nama-nama universitas di Semarang ini.

universitas swasta di semarang
Photo by Pixabay on Pexels

1. Universitas Diponegoro (Undip)

Salah satu universitas terbaik di Semarang ini memiliki lokasi kampus utama di Tembalang dan Pleburan. Undip meraih prestasi-prestasi luar biasa di tingkat nasional dan internasional. Pada tingkat nasional, misalnya, Undip menduduki peringkat ke-6 dalam Klaster I perguruan tinggi terbaik Kemenristekdikti 2019, peringkat ke-7 Scopus, peringkat ke-3 4ICU 2021, peringkat ke-2 World Greenmetrics Ranking, peringkat ke-8 QS WUR, peringkat ke-4 THE WUR 2021, dan peringkat ke-3 PIMNAS 2019.

Di tingkat internasional, PTN di Semarang ini berprestasi di International Exhibition of Inventions and World Invention and Innovation Forum, Japan Design and Invention Expo, International Engineering Invention and Innovation Exhibition, International Intellectual Property, Invention Innovation and Technology Exposition, Malaysia Technology Expo, World Young International Exhibition, maupun World Invention and Technology Expo. Banyak banget prestasinya! Kalau Sobat Pintar sendiri, apa alasanmu memilih Undip?

 

2. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Masih ngomongin PTN di Semarang nih, Sobat. Kampus utama Unnes berada di kawasan Sekaran, Kota Semarang. Prestasinya di UI Green Metric World University Rankings membuktikan keseriusan universitas yang ada di Semarang ini dalam pelestarian SDA maupun nilai-nilai sosial dan budaya.

Berkembang dari sebuah institut yang menaungi jurusan kependidikan saja, tempat kuliah di Semarang ini telah menjadi sebuah universitas dengan lebih banyak pilihan jurusan. Apa saja universitas di semarang dan jurusannya ini sekarang? Ada banyak, Sobat. Menambahkan jurusan-jurusan kependidikannya, Unnes membuka Jurusan Sastra Jawa, Ilmu Sejarah, Teknik Mesin, Ilmu Gizi, Manajemen, Ilmu Hukum, Matematika, dan masih banyak lagi jurusan nonkependidikan yang lain.

 

3. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Universitas di Semarang ini juga berkembang dari sebuah institut. Namun berbeda dari Unnes yang berada di bawah Kemendikbudristek, UIN Walisongo merupakan sebuah PTN di Semarang yang berada di bawah naungan Kementerian Agama.

Meski begitu, UIN Walisongo Semarang tak hanya memiliki fakultas-fakultas Islam. Disamping Fakultas Ilmu Tarbiyah, Ushuluddin, Syari'ah, Ekonomi dan Bisnis Islam, maupun Dakwah, PTN di Semarang ini juga menaungi Fakultas Sains, Psikologi, dan Ilmu Sosial.

 

4. Universitas Katolik Soegijapranata

Unika Soegijapranata adalah salah satu PTS di Semarang yang cukup populer. Universitas swasta di Semarang ini memiliki afiliasi dengan Keuskupan Agung Semarang dan dinaungi oleh Yayasan Sandjojo.

Dalam sejarah daftar perguruan tinggi di Semarang, Unika Soegijapranata pernah menjadi PTS terbaik se-Provinsi Jawa Tengah versi Kemendikbud 2020 dan Kemenristekdikti 2019. PTS di Semarang ini adalah salah satu yang mampu mengatasi kendala perkuliahan selama pandemi Covid-19 lantaran telah menyiapkan Learning Management System (LMS) sejak 2009.

 

5. Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus)

Dari sekian nama-nama universitas di Semarang, Unimus adalah salah satu yang cukup difavoritkan. Tau nggak, Sobat. Universitas swasta di Semarang ini pada awalnya berdiri sebagai sebuah Perguruan Tinggi Kesehatan yang terdiri dari Akademi Analis Kesehatan, Akademi Gizi, dan Akademi Keperawatan.

Sebagai sebuah universitas, PTS di Semarang ini sekarang menaungi tak hanya Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Kedokteran, Kedokteran Gigi, serta Kesehatan Masyarakat. Unimus juga menaungi fakultas-fakultas dari bidang ilmu selain kesehatan seperti Fakultas Matematika dan IPA, Teknik, Ekonomi, serta Bahasa dan Budaya Asing.

 

6. Universitas Semarang (USM)

Universitas Semarang Jawa Tengah berdiri di bawah Yayasan Alumni Universitas Diponegoro. Memang, universitas swasta di Semarang ini didirikan oleh alumni Undip, Sobat. Akhirnya, setelah melalui perjuangan yang cukup berliku dan panjang, Universitas Semarang Jawa Tengah menjadi bentuk baru dari Politeknik Semarang pada 1993.

Kini, PTS di Semarang ini terdiri dari Fakultas Hukum, Ekonomi, Teknik, Psikologi, Teknologi Pertanian, dan TIK. Bahkan USM sudah membuka Program Pascasarjana.

universitas terbaik di semarang
Photo by George Pak on Pexels

Keberadaan PTN dan PTS di Semarang membuktikan bahwa kota ini tak hanya eksis sebagai kota industri, namun juga sebagai kota pendidikan. Banyak lulusan SMA/sederajat yang melanjutkan pendidikan tingginya di salah satu universitas yang ada di Semarang. Hey, apakah Sobat Pintar juga pengin lanjut kuliah di Semarang?

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
kok gak ada UDINUS, padahalkan PTS no 1 sejateng
00

CssBlog

metablog-web Portlet