APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

7 Cara Bangkit dari Kegagalan bagi Kamu para Siswa

Satu kegagalan dapat mengajarkan banyak pelajaran.

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Mengalami kegagalan sebenarnya hanyalah sebuah bagian dari siklus dalam hidup, Sobat Pintar. Kata orang bijak, kegagalan bagian dari proses kehidupan. Mustahil tak ada seorang pun yang tak pernah gagal selama hidupnya.

Namun ketika kita benar-benar mengalami kegagalan itu, kata-kata bijak yang paling keren sekalipun takkan cukup menghibur. Kita merasa kesal, marah, kecewa, frustrasi, sedih, dan juga malu. Saking campur aduknya semua perasaan itu, udah enggak tau lagi deh, apa yang sebenarnya kita rasakan.

Meskipun terdengar klise, sebenarnya kita bisa belajar dari kegagalan. Bagaimana caranya? Kalau mau menemukan titik awal bangkit dari keterpurukan yang kamu alami, baca sampai selesai, ya!

 

1. Terima Dahulu Kenyataan yang Enggak Menyenangkan Itu

cara bangkit dari kegagalan
Photo by Julia Volk on Pexels

Siapa sih, yang mau menerima kenyataan bahwa seseorang telah gagal masuk kuliah, misalnya? Enggak ada seorang pun, Sobat! Namun selama masih merasa dongkol dengan kenyataan, kita enggak akan pernah menemukan hikmahnya dan belajar dari kegagalan yang sudah terjadi.

Trik menerima kenyataan pahit itu pertama-tama adalah stop menyalahkan diri sendiri dan mencari kambing hitam. Dengan tidak menyalahkan siapa pun, sebenarnya kita sedang berusaha untuk menghalau kegalauan karena kegagalan tersebut. Yuk, berusaha jujur dan terbuka menghadapi tsunami fakta yang berhamburan itu dengan duduk tenang.

 

2. Identifikasi Masalahnya di Mana

awal bangkit dari keterpurukan
Photo by the blowup on Unsplash

Dengan duduk tenang dan mengabaikan suara-suara negatif di luar sana yang memojokkan, menyalahkan, bahkan mungkin menghakimi sampai memaki, kita dapat fokus mencari tau akar masalahnya. Misalnya, terkait dengan permasalahan pendidikan, apakah kegagalan itu muncul karena kurangnya pemahaman materi, ketidakmampuan mengelola waktu, atau ada faktor lain yang memengaruhi performa akademis? Dengan mengidentifikasi masalah, kita bakal lebih fokus dalam mencari solusi dan tidak terbawa dalam arus emosi yang negatif.

 

3. Dapatkan Dukungan yang Dibutuhkan

motivasi bangkit dari kegagalan
Photo by Liza Summer on Pexels

Sibuk mencari solusi bukan berarti lantas kita mengabaikan entah sedih atau marah yang dirasakan, Sobat. Tau ga sih, merasa gagal yang berlarut-larut itu bisa sampai bikin kita merasa putus asa, loh. Kejadiannya memang cuma sekali, tetapi kita bisa kehilangan motivasi hidup kalau terus-menerus menginternalisasi perasaan gagal itu.

Terus gimana, dong? Mau curhat, bestie enggak bisa relate – karena doi berhasil masuk kuliah di kampus impiannya, misalnya. Tenang, kamu bisa ngobrol dan berkonsultasi dengan psikolog pilihanmu di Konseling Pintar sampai kamu mendapatkan motivasi bangkit dari kegagalan. Kamu juga bisa memilah-milah permasalahan pendidikan yang kamu alami bersama asisten virtual Aku Pintar, Asterbot. Intinya, pilih bantuan dan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing aja.

 

4. Rencanakan Langkah-Langkah Perbaikan

kegagalan bagian dari proses
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Setelah mengidentifikasi masalah, dan punya semangat lagi buat bangkit dari kegagalan, rencanakan perbaikan yang diperlukan. Persisnya gimana tuh? Misalnya, jika permasalahan pendidikan yang kamu alami adalah masuk kampus impian, tentukan tujuan yang realistis dan jelas. Mungkin dari mengincar lima kampus terbaik di Indonesia, kamu bisa memperbesar lingkupnya menjadi 10 kampus terbaik, contohnya.

Selanjutnya, tentukan langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapai tujuan yang barusan ditetapkan. Misalnya, susun jadwal belajar yang teratur dan efisien sampai SNBT tahun berikutnya. Dengan mulai melakukan rencana yang telah dibuat, sebenarnya kita sudah membuat langkah awal bangkit dari keterpurukan, Sobat Pintar.

 

5. Manfaatkan Sumber Daya yang Ada


Photo by Robin Higgins on Pixabay

Konsisten untuk terus berjalan, setelah mulai melangkah untuk bangkit dari rasa terpuruk dan gagal, itu lebih penting lagi. Pada tahap ini, yang dibutuhkan bukan lagi motivasi bangkit dari kegagalan, tetapi konsistensi. Masih dengan contoh goal masuk kampus impian di SNBT berikutnya. Artinya kita punya waktu setahun penuh buat persiapan UTBK. Jangan sia-siakan waktu yang ada dan manfaatkan sebanyak mungkin sumber daya belajar yang dibutuhkan. Enggak cuma buku, loh. Kamu juga bisa gunakan berbagai program belajar online yang ada di Aku Pintar, misalnya.

 

6. Bertanggung Jawablah!


Photo by Brett Sayles on Pexels

Konsistensi menunjukkan seberapa serius kita bertanggung jawab atas sesuatu. Konsisten belajar buat UTBK, misalnya, adalah wujud rasa tanggung jawab kita pada diri sendiri. Belajar dari kegagalan SNBT sebelumnya, pihak yang paling dirugikan di hari pengumuman itu adalah diri kita sendiri. Masih ingat saat kamu memilih menonton drakor atau pertandingan bola ketimbang belajar waktu itu? Bisakah kamu mendapatkan kembali dua-tiga jam yang kamu habiskan itu buat belajar? Setidaknya, dari kegagalan sebelumnya kita dapat memetik pelajaran bahwa kita enggak bisa mengandalkan orang lain untuk mencapai kesuksesan. Kita sendirilah yang harus bekerja keras dan memiliki komitmen untuk meraih impian – apapun itu.

 

7. Jangan Lekas Menyerah


Photo by Julius Yls on Unsplash

Adapun persiapan UTBK, setahun sebenarnya cukup singkat. Namun karena terlanjur merasa terbebani duluan, rasa-rasanya setahun itu lama banget! Selama itu kita bisa merasa lelah, bosan, sampai mungkin tergoda untuk menyerah – tapi jangan, Sobat! Jangan sampai kita mengalami kegagalan untuk yang kedua kalinya.

Siapapun orangnya pasti pernah mengalami kegagalan dan merasakan kegalauan karena kegagalan tersebut. Hidup kan emang enggak sempurna, jadi mustahil bila kita selalu berhasil dalam setiap langkah kehidupan. Namun dengan berusaha dan bersabar – tekun dan konsisten dalam perjuangan kita masing-masing – kesuksesan itu akan tiba. Hingga saat itu, teruslah berpikiran positif dan jalani journey-mu yang unik, Sobat Pintar!

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog