redesain-navbar Portlet

Blog

photo via collegetidbits.com

7 Hal yang Kamu Belum Tahu tentang Perguruan Tinggi Swasta

Tahukah Kamu?

Tak bisa dipungkiri, kuliah di perguruan tinggi negeri masih menjadi tujuan utama mayoritas orang tua dan lulusan SMA/SMK. Banyak banget alasannya, mulai dari gengsi sampai yang praktis, yaitu soal biaya. Selain diyakini lebih terjangkau, biaya kuliah di perguruan tinggi negeri juga dapat ditekan dengan adanya beasiswa dari pemerintah. Lantas apakah ini berarti perguruan tinggi swasta tak layak dilirik sama sekali?

Sebaliknya, kuliah di perguruan tinggi swasta tidak seburuk yang kebanyakan orang pikirkan. Justru ada hal-hal baik yang tak bisa kamu dapati di perguruan tinggi negeri, seperti misalnya:

 

1. Kurikulum perkuliahan yang bersaing

Memang tak semua perguruan tinggi swasta, tapi jurusan dengan akreditasi A, atau setidaknya B, tentu memiliki kurikulum dan kualitas perkuliahan yang tak main-main, bahkan setara dengan perguruan tinggi negeri. Jadi, bila kamu tengah mempertimbangkan untuk kuliah di perguruan tinggi swasta, perhatikan pula akreditasi jurusannya.

 

2. Tes masuk yang mudah

Tes masuk perguruan tinggi swasta tentu tak bisa dibandingkan dengan SNMPTN. Bahkan kamu bisa masuk beberapa perguruan tinggi swasta tanpa tes. Tapi balik lagi, tak perlu mengorbankan kualitas demi kuliah tanpa tes, bukan? Tetap perlu memeriksa akreditasi jurusan pilihanmu dan ikuti tes masuknya sebaik mungkin.

 

3. Fasilitas perkuliahan yang lengkap

Tak jarang, perguruan tinggi swasta memiliki gedung perkuliahan yang lebih baik dibanding perguruan tinggi negeri. Perpustakaan dan fasilitas kebugaran yang lebih lengkap juga tak jarang menjadi salah satu kekuatan, sekaligus daya tarik, perguruan tinggi swasta.

 

4. Biaya kuliah yang jelas

Fasilitas perkuliahan tentu tak lepas dari biaya. Meskipun sering dianggap lebih mahal dibanding perguruan tinggi negeri, biaya perkulian perguruan tinggi swasta biasanya telah dirinci diawal. Tak jarang, informasi biaya terlampir di brosur sehingga kecil kemungkinan ada kejutan tambahan biaya kuliah dikemudian hari. Beberapa perguruan tinggi swasta memiliki kebijakan untuk memberi akses beasiswa Bidik Misi atau beasiswa dari yayasan, jadi masih ada kemungkinan keringanan biaya kuliah.

Lagipula, satu faktor penting tentang biaya adalah jurusan. Bagaimanapun juga, Jurusan Teknik Arsitektur di perguruan tinggi negeri akan tetap membutuhkan biaya lebih banyak dibanding Jurusan Sastra Indonesia di perguruan tinggi swasta, misalnya.

 

5. Jadwal kuliah yang lebih fleksibel

Bila harus bekerja demi biaya kuliah atau untuk uang saku, kamu bisa mengatur jadwal kuliah supaya sesuai dengan situasimu. Kemudahan seperti ini akan lebih sulit diperoleh di perguruan tinggi negeri.

 

6. Dosen pengampu yang berkualitas

Jangan berpikir dosen perguruan tinggi swasta tak sebanding dengan kualitas dosen perguruan tinggi negeri. Justru sebaliknya, perguruan tinggi swasta harus mampu menjaga kualitas akademiknya agar tetap bisa bersaing dengan perguruan tinggi negeri. Tak jarang, dosen yang berstatus pegawai negeri dan mengajar di perguruan tinggi negeri juga mengajar di perguruan tinggi swasta karena berbagai sebab. Jadi, menjadi mahasiswa perguruan tinggi swasta tidak akan menghalangi aksesmu untuk menimba ilmu dari orang-orang terbaik dibidangnya.

 

7. Jaringan kerja sama yang mendukung alumni

Perguruan tinggi swasta yang baik memiliki jaringan kerja sama dengan berbagai pihak guna mendukung kualitas pendidikannya. Kerja sama ini bisa berupa beasiswa, lowongan lapangan kerja bagi alumni, atau yang lain. Perguruan tinggi swasta dengan kualitas seperti ini tentu lebih layak dipilih daripada perguruan tinggi negeri yang stagnan tanpa relasi apapun.

 

Jadi, tak selamanya perguruan tinggi swasta identik dengan kegagalan ataupun masa depan yang suram. Bagaimanapun juga, integritas dan kualitas pribadi memiliki bobot penting yang turut menentukan kesuksesan dan kegagalan seseorang – setuju, tidak?

Lebih masukan Blog

7 Hal yang Dipelajari di Jurusan Teknik Lingkungan

Masih maju mundur, mau kuliah di Jurusan Teknik Lingkungan, tapi... Banyak tapinya: yang orang...

5 Cara Memanfaatkan Teknologi Untuk Belajar

Ngaku sebagai bagian dari generasi millennial? Salah satu ciri khas generasi ini adalah...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka