PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via grandmaideas.com

5 Cara Memanfaatkan Teknologi Untuk Belajar

Tips Buat Kamu

Ngaku sebagai bagian dari generasi millennial? Salah satu ciri khas generasi ini adalah keakrabannya sama benda kekinian yang bernama gawai. Tahukah kamu apa itu gawai? Mungkin kamu lebih familiar dengan nama gadget. Iyaa, benda yang sekarang sedang kamu pegang sambil membaca tulisan ini.

Tak perlu dibahas lagi tablet atau smartphone yang kamu pegang itu digunakan untuk apa saja. Mulai main game sampai ngobrol, kamu deh ahlinya menggunakan benda kecil multifungsi ini. Tapi sudahkah kamu menggunakannya untuk belajar? Yeah, why not?

 

1. Belajar Istilah-Istilah Asing

Buka browser smatphone-mu dan cari tahu istilah-istilah asing yang belum kamu ketahui. Jangan cuma nambah kosakata gaul kekinian yang lagi hits. Bagaimana dengan artificial neural networks dalam bidang artificial intelligence? Bukankah lebih bermanfaat untuk meng-upgrade pengetahuanmu dengan kepo pada perkembangan global? Atau minimal, kamu bisa menggunakan browser untuk menambah kosakata bahasa asing yang tengah kamu pelajari – ya, mirip-mirip kamus tapi dengan pilihan ulasan yang lebih beragam.

 

2. Belajar Rumus-Rumus Rumit

Jika masih ada materi Matematika atau Fisika di sekolah yang belum dipahami, kamu bisa mencari bahasan materi tersebut di Internet melalui smartphone atau tabletmu. Bila belum memahami ulasan dari satu situs, mungkin kamu bisa memahami ulasan dari situs lain. Sama seperti saat kamu merasa penjabaran satu guru lebih mudah diterima dan dipahami dibanding guru lain, menjelajah situs dalam jaringan juga demikian. Bedanya, belajar dengan gawai dapat dilakukan dengan lebih cepat karena kamu bisa berpindah dari satu ulasan situs ke ulasan situs yang lain, jadi kamu juga bisa lebih cepat memahami materi yang tadinya masih dirasa sulit.

Meskipun belajar seperti ini terasa efisien, tetap perhatikan sumber yang kamu jadikan rujukan. Bila perlu, verifikasi informasi yang kamu peroleh dengan guru atau tutormu.

 

3.  Belajar dengan Aplikasi

Jangan gunakan App Store hanya untuk mengunduh game – sayang banget! Sekarang ini sudah banyak tersedia aplikasi pendidikan yang menyediakan berbagai fitur bermanfaat untuk membantumu belajar. Masing-masing aplikasi memiliki kelebihannya sendiri-sendiri, pilih saja yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Asyik, kan?

 

4. Bantuan Visual dan Audio melalui Video

Tak harus menggunakan kuota datamu, kamu bisa memanfaatkan jaringan WiFi di sekolah ataupun kafe untuk nonton video-video edukatif. Bila kamu tipe visual, keberadaan video yang memberi gambaran tentang suatu materi pelajaran tentu akan sangat membantu. Apalagi, bila pelajaran tersebut dikemas dalam cerita pendek yang menarik, seperti Sejarah atau percobaan laboratorium Kimia dan Biologi, tentu kamu bisa lebih menikmati dan memahaminya dengan mudah.

Bantuan video juga sangat membantu saat kamu belajar bahasa asing. Tak hanya Bahasa Inggris, kamu bisa mendengarkan ujaran Bahasa Mandarin, Arab, Spanyol, Perancis, Jepang, Korea, dan berbagai bahasa lain di dunia langsung dari penutur aslinya.

 

5. Manfaatkan Fitur Multifungsinya

Memang tak semua smartphone, tapi ada juga gawai yang bisa berfungsi ganda sebagai kalkulator scientific. Lumayan kan, mengurangi pengeluaran terpisah untuk beli kalkulator scientific. Berkurang pula satu barang yang perlu dimasukkan tas sekolah.

Tapi bila smartphone-mu tak mendukung fitur kalkulator scientific, jangan patah hati. Kamu masih bisa mengunduh e-book menarik yang dapat menambah pengetahuanmu. Bisa juga, coba gabung forum belajar dimana kamu bisa berbagi dengan pelajar-pelajar lain dan berdiskusi tentang suatu topik pelajaran. Atau setidaknya, unduhlah game berbahasa asing supaya kamu juga bisa sekalian menambah kosakata.

 

Belajar tak perlu melulu diasosiasikan dengan kegiatan yang serius dan membosankan. Dengan benda elektronik kecilmu itu, kamu bisa belajar sambil duduk menunggu kereta atau bus, sambil nyamil jajan kesukaanmu, atau sambil ndengerin orang bicara yang tak jelas manfaatnya. Use your gadget, don't get used by it.

Lebih masukan Blog

7 Hal yang Kamu Belum Tahu tentang Perguruan Tinggi Swasta

Tak bisa dipungkiri, kuliah di perguruan tinggi negeri masih menjadi tujuan utama mayoritas...

4 Tips Kerja Kelompok Sukses

Pernah enggak sih, kamu musti kerja kelompok sama temen yang nyebelin? Ada yang kerjaannya...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru