redesain-navbar Portlet

null

Blog

7 PTN Favorit Setiap Penerimaan Mahasiswa Baru, Samakah di SBMPTN 2021?

Beberapa kampus tertentu difavoritkan pada setiap penerimaan mahasiswa baru.

PTN Favorit, photo by BachBackpack on Pixabay

Setelah SNMPTN 2021, kita bertemu dengan SBMPTN – nggak di depan mata lagi Sobat, tapi udah nemplok di ujung hidung kayak komedo! Sobat Pintar yang rajin pasti sudah mendaftar SBMPTN 2021, memasukkan pilihan jurusan dan PTN favorit. Congratulations, deh!

Buat Sobat yang masih entar-entar aja daftar SBMPTN 2021, coba lihat tujuh PTN favorit di Indonesia di bawah ini. Ketujuh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini rutin dibanjiri pendaftar, khususnya pada SBMPTN 2020 – just last year!

 

1. Universitas Gadjah Mada

Salah satu universitas terbaik Indonesia ini menerima 62.507 pendaftar untuk daya tampung yang hanya 2.545. Tahun ini, daya tampung terbesar di jalur tes UGM berada di Ilmu dan Industri Peternakan (105). Sedangkan daya tampung terkecil di Manajemen Informasi Kesehatan (D4), Sastra Prancis, dan Sastra Jepang (11).

 

2. Universitas Brawijaya

Kita memang belum bisa memastikan apakah UB akan kembali menjadi PTN favorit SNMPTN 2021 seperti tahun sebelumnya. Namun lulusan SMA dan SMK banyak sekali yang mengincar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jawa Timur ini.

Peminat tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di UB mencapai 61.743 pendaftar pada 2020, sedangkan kapasitas kampus untuk mahasiswa baru hanya 6.012. Untuk SBMPTN 2021, UB membuka daya tampung terbesar di Agroekoteknologi (324). Daya tampung terkecil berada di Seni Rupa Murni (24).

 

3. Universitas Padjadjaran

Menjadi bagian dari tiga besar PTN favorit di SBMPTN 2020, Unpad menerima 2.357 dari 56.446 pendaftar. Tercatat peminat terbanyak saat itu berada di Psikologi. Untuk SBMPTN 2021, daya tampung terbesar Unpad adalah Ilmu Hukum (120). Sementara itu, daya tampung terkecil yaitu Peternakan PSDKU Pangandaran, Keperawatan PSDKU Pangandaran, dan Administrasi Bisnis PSDKU Pangandaran (9).

 

4. Universitas Indonesia

Siapa sih, yang tak ingin menjadi mahasiswa dari salah satu universitas terbaik Indonesia ini? Nyaris nggak ada yang nolak, kan? Nggak heran dong, jalur tes UI tahun lalu diminati oleh 54.897 pendaftar. Sobat Pintar bisa menebak berapa calon mahasiswa baru yang diterima kuliah di PTN favorit ini pada 2020? Hanya 1.678 orang!

Untuk SBMPTN 2021, jurusan dengan daya tampung terbesar di UI ialah Ilmu Hukum (90). Sedangkan jurusan dengan daya tampung terkecil di PTN favorit di Indonesia ini adalah Sastra Prancis, Sastra Belanda, serta Bahasa dan Kebudayaan Korea (9). Manakah jurusan incaranmu, Sobat?

 

5. Universitas Sebelas Maret

Ini dia, salah satu PTN favorit di Jawa Tengah. Apakah Sobat Pintar akan mendaftar SBMPTN 2021 di UNS? Pesaingmu di tahun sebelumnya mencapai 51.974 pendaftar untuk daya tampung UNS yang hanya 3.427. Untuk jalur tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2021, daya tampung terbesar UNS berada di Ilmu Hukum (135). Sementara itu, daya tampung terkecilnya berada di Farmasi, Seni Rupa Murni, Desain Interior, dan Pendidikan Akuntansi.

 

6. Universitas Diponegoro

PTN di Indonesia ini memiliki 11 fakultas untuk jenjang S1 dan satu Sekolah Vokasi. Calon mahasiswa baru yang memilih jalur tes untuk masuk Undip tahun lalu mencapai 51.418 pendaftar. Sobat Pintar bisa menebak daya tampungnya pada tahun 2020? Undip menerima 3.042 saja calon mahasiswa baru!

Tahun ini daya tampung terbesar PTN favorit di Jawa Tengah ini adalah Hukum (240), sedangkan daya tampung terkecilnya adalah Kedokteran Gigi (8). Kalau begitu, kira-kira seberapa besar peluangmu untuk menjadi mahasiswa baru Undip, Sobat Pintar?

 

7. Universitas Pendidikan Indonesia

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini berlokasi di Bandung, tapi beberapa kampusnya berada di Cibiru, Sumedang, Purwakarta, Tasikmalaya, dan Serang. Selain melalui SBMPTN atau jalur tes, Sobat Pintar bisa menjadi mahasiswa UPI melalui SNMPTN, Seleksi Mandiri, dan Prestasi Istimewa.

Sambil menunggu pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2021 beberapa hari ke depan, kita cari tahu daya tampung SBMPTN UPI, yuk! Nah, PTN favorit di bidang pendidikan ini punya jurusan dengan daya tampung terbesar di PGSD Kampus Sumedang. Daya tampung terkecil UPI untuk SBMPTN 2021 adalah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (8).

Asal Sobat tahu, nih. Ada 45.767 pendaftar jalur tes pada tahun lalu, dengan total daya tampung UPI ketika itu sebesar 4.871. Then, is the university the place you'll study in the future, Sobat Pintar?

Jika ingin masuk salah satu PTN favorit di Indonesia di atas pada jalur tes (SBMPTN), pastikan Sobat Pintar mendapatkan hasil terbaik di UTBK nanti, ya. Ujian ini bisa diikuti tak hanya oleh lulusan SMA dan SMK pada tahun berjalan, tapi juga lulusan sekolah dan Paket C sejak dua tahun sebelumnya.

Jika sudah menentukan pilihan jurusan dan kampus, segera akses kembali akun LTMPT yang telah dibuat sebelumnya di https://portal.ltmpt.ac.id/ untuk mendaftar SBMPTN 2021. Psstt... Jangan menunda-nunda mendaftar sampai akhir bulan ya, Sobat! Pasalnya, waktu yang tersisa setelah mendaftar dapat kita gunakan semaksimal mungkin untuk fokus menyiapkan UTBK yang akan dimulai pada 12 April mendatang.

20

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00
text
00
text
00

CssBlog

metablog-web Portlet