APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

7 Universitas dan Sekolah Tinggi di Situbondo

Situbondo punya kampus-kampus swasta yang bisa dipertimbangkan sebagai tempat menuntut ilmu pada jenjang pendidikan tinggi.

Photo by Yulia Agnis on Unsplash

Kampus di Situbondo itu ada apa aja, ya? Pernah ngga, Sobat Pintar, kamu bertanya-tanya tentang perguruan tinggi di Situbondo? Wilayah Tapal Kuda Jawa Timur ini ternyata enggak cuma punya Taman Nasional Baluran ataupun Pantai Pasir Putih, tetapi juga kampus-kampus tempat kuliah yang cukup populer. Berikut daftar kampus di Situbondo yang wajib kamu kantongi sebelum masa pendaftaran masuk kuliah nanti.

universitas yang ada di Situbondo
Photo by Ylanite Koppens on Pexels

1. Universitas Ibrahimy

Ada beberapa kampus yang pernah berdiri sendiri sebelum menjadi bagian dari Universitas Ibrahimy Situbondo, antara lain Akademi Kebidanan Ibrahimy Situbondo, Institut Agam Islam Ibrahimy, Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Ibrahimy, serta Akademi Perikanan Ibrahimy. Kini jurusan-jurusan pada kampus-kampus tersebut dapat dijumpai di Universitas Ibrahimy Situbondo. Berikut daftar jurusan dan status akreditasinya yang terbaru.

D3

Budidaya Perikanan

B

S1

Akuntansi

Baik

 

Akuntansi Syariah

Baik

 

Arsitektur

Baik

 

Bimbingan dan Penyuluhan Islam

B

 

Ekonomi Syariah

B

 

Farmasi

C

 

Hukum

Baik

 

Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)

B

 

Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyyah)

B

 

Ilmu Komputer

Baik

 

Kebidanan

Baik

 

Komunikasi dan Penyiaran Islam

B

 

Manajemen dan Bisnis Syariah

Baik

 

Pendidikan Agama Islam

B

 

Pendidikan Bahasa Arab

 

 

Pendidikan Bahasa Inggris

Baik

 

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Baik Sekali

 

Psikologi

Baik

 

Sistem Informasi

Baik

 

Tadris Matematika

Baik

 

Teknologi Hasil Perikanan

Baik

 

Teknologi Informasi

Baik

S2

Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)

B

 

Pendidikan Agama Islam

Baik Sekali

Universitas di Situbondo ini resmi berdiri sejak 2018. Lokasi kampus Universitas Ibrahimy terletak di Jl. KHR. Syamsul Arifin No. 1 – 2, Banyuputih, Situbondo.

universitas swasta di Situbondo
Photo by Ylanite Koppens on Pexels

2. Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Wali Songo

PTS di Situbondo ini merupakan bagian dari Pondok Pesantren Wali Songo Situbondo. Ada dua program studi yang dibuka di Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Wali Songo Situbondo, yakni sebagai berikut.

S1

Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir

Baik

 

Ilmu Hadis

Baik

STIQ Walisongo Situbondo resmi berdiri sejak 2014. Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Wali Songo terletak di kompleks pondok pesantren, tepatnya di Jalan Basuki Rahmat Nomor 7 Mimbaan, Situbondo.

universitas negeri di Situbondo
Photo by Lum3n on Pexels

3. STAI Cendekia Insani

Sekolah Tinggi Agama Islam Cendekia Insani Situbondo adalah juga merupakan perguruan tinggi di Situbondo yang berbasis pesantren, yakni Pondok Pesantren Nurul Huda. Dikelola oleh Yayasan Cendekia Insani, kampus di Situbondo ini membuka tiga program studi berikut.

S1

Hukum Keluarga Islam (Ahwal Al-Syakhshiyyah)

Baik

 

Komunikasi Penyiaran Islam

Baik

 

Manajemen Pendidikan Islam

 

PTS di Situbondo ini berdiri sejak 2010. Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Cendekia Insani terletak di kompleks pondok pesantren, tepatnya di Jl. Raya Paowan No. 25 Panarukan, Situbondo.

daftar kampus di situbondo
Photo by Suzy Hazelwood on Pexels

4. STAI Nurul Huda

Perguruan tinggi di Situbondo berikutnya yang juga berbasis agama adalah Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Huda. Berikut beberapa program studi yang ada di Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Huda Situbondo.

S1

Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)

 

 

Hukum Keluarga Islam (Ahwal Al-Syakhshiyyah)

Baik

 

Komunikasi Penyiaran Islam

 

 

Manajemen Pendidikan Islam

Baik

 

Pendidikan Bahasa Arab

Baik

 

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Baik

Kampus di Situbondo ini berdiri tahun 2008. Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Huda terletak di Jl. Al-Habibi No. 02 RT 01/RW 01 Peleyan Kapongan, Situbondo.

perguruan tinggi di Situbondo
Photo by Bruno Cervera on Pexels

5. Universitas Abdurachman Saleh

Universitas swasta di Situbondo ini pada awalnya dinaungi oleh Yayasan Walisongo bersama beberapa perguruan tinggi lainnya di Jawa Timur. Saat ini Universitas Abdurachman Saleh Situbondo membuka prodi-prodi berikut.

S1

Administrasi Publik

B

 

Agribisnis

B

 

Biologi

 

 

Bisnis Digital

 

 

Ilmu Hukum

B

 

Manajemen

B

 

Matematika

 

 

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Baik Sekali

 

Sastra Inggris

Baik

 

Teknik Kelautan

Baik

S2

Manajemen

 

Meskipun keberadaan universitas yang ada di Situbondo ini sudah direncanakan sejak 1981, tahun berdirinya sendiri tercatat pada 2018. Lokasi kampus Universitas Abdurachman Saleh terletak di Jl. Pb. Sudirman No.7, Karangasem, Patokan, Situbondo.


Photo by Ylanite Koppens on Pexels

6. Sekolah Tinggi Agama Islam Ahmad Sibawayhie

Perguruan tinggi di Situbondo ini merupakan sebuah sekolah tinggi pula. Dinaungi oleh Yayasan PP Nurul Wafa Demung Besuki Situbondo, Sekolah Tinggi Agama Islam Ahmad Sibawayhie Situbondo membuka dua program studi di bawah ini.

S1

Ekonomi Syariah

Baik

 

Pendidikan Bahasa Arab

Baik

PTS di Situbondo ini tercatat berdiri pada 2019. Sekolah Tinggi Agama Islam Ahmad Sibawayhie terletak di Jl. PG Demaas, Watuketu, Demung, Besuki, Situbondo.


Photo by Min An on Pexels

7. STKIP PGRI Situbondo

Biasanya perguruan tinggi keguruan berbentuk institut, tetapi perguruan tinggi di Situbondo ini merupakan sebuah sekolah tinggi. STKIP PGRI Situbondo dikelola oleh Yayasan Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi (YPLP-PT) PGRI Situbondo dan saat ini membuka tiga program studi berikut.

S1

Pendidikan Ekonomi

Baik

 

Pendidikan Matematika

Baik Sekali

 

Pendidikan Teknologi Informasi

Baik

Dirintis sejak lima tahun sebelumnya, STKIP PGRI Situbondo resmi berdiri tahun 1985. Lokasi kampus STKIP PGRI Situbondo terletak di Jl. Argopuro Gg. VII, Mimbaan, Situbondo.

Untuk saat ini, keberadaan PTN di Situbondo masih tergantikan oleh PTS, baik universitas maupun sekolah tinggi. Dua universitas yang disebutkan di atas, misalnya, memang bukan universitas negeri. Namun tak adanya universitas negeri di Situbondo takkan menyurukan semangatmu menuntut ilmu kan, Sobat Pintar? Di manapun kita kuliah nanti, baik di universitas negeri maupun swasta, baik di Situbondo ataupun di kota-kota lainnya, yang terpenting adalah semangat dan kemauan kita untuk belajar.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog