redesain-navbar Portlet

Blog

Fakultas Teknik UGM, photo via cdn.metrotvnews.com

8 Departemen di Fakultas Teknik UGM

Fakultas Teknik memiliki jurusan-jurusan yang menarik.

Siapa yang ingin kuliah teknik di Universitas Gadjah Mada? Even if you don't want to, the information we have on engineering majors below may let you know a thing or two you didn't know yet. Should we look at each and every one of the engineering majors?

 

1. Arsitektur dan Perencanaan

Kampus Teknik Arsitektur dan Perencanaan UGM terbilang asri dengan tamannya yang hijau. Tapi apa ya Sobat Pintar ingin kuliah di sini hanya karena tamannya?

Jurusan ini memiliki dua program studi, yaitu Arsitektur dan Perencanaan Wilayak Kota (PWK). Sepintas, kedua prodi tersebut memiliki cakupan yang berbeda – yang pertama pada seni rancang bangun saja, sedangkan yang kedua pada lingkup kota yang terkait dengan sosial-ekonomi dan kependudukan.

 

2. Elektro dan Teknologi Informasi

Nama keren jurusan ini adalah JTETI – merupakan akronim dari kedua program studinya: Teknik Elektro dan Teknik Informasi. Prestasi jurusan ini jempolan, misalnya pada lomba IT, robot, PLC (Programmable Logic Controller), dan lain sebagainya.

Teknik Elektro menawarkan dua konsentrasi yang dapat dipilih oleh mahasiswanya pada semester ke-4, yaitu Arus Lemah (elektronika, telekomunikasi, dll.) dan Arus Kuat (distribusi listrik, transmisi). Sementara itu, konsentrasi Teknik Informasi ditentukan oleh matakuliah pilihan yang diambil oleh masing-masing mahasiswa.

 

3. Geodesi

Saat berada di kampus Teknik Geodesi, Sobat Pintar dapat menjumpai theodolite di beberapa tempat. Alat tersebut digunakan oleh mahasiswa Geodesi untuk mengukur sudut pandang horizontal dan vertikal. Data hasil pengukuran tersebut kemudian digunakan untuk membuat peta. Begitulah kehidupan mahasiswa Geodesi, Sobat.

 

4. Geologi

Jika menjadi mahasiswa Geologi nanti, Sobat Pintar akan sibuk belajar tentang bumi – mulai dari bebatuannya, lipatannya, fosilnya, dan lain sebagainya. Berbekal ilmu dan pengetahuannya tentang bumi tersebut, alumni Geologi saat ini sering dibutuhkan dibidang pertambangan.

 

5. Kimia

Alih-alih menemukan material sebagaimana yang dilakukan oleh mahasiswa Kimia Murni, mahasiswa Teknik Kimia lebih fokus pada bagaimana memanfaatkan material baru tersebut. Kerennyalagi, Teknik Kimia UGM telah memiliki akreditasi internasional dari IChemE (Institution of Chemical Engineering).

 

6. Mesin dan Industri

Jurusan ini juga punya nama akronim yang menarik: JTMI. Teknik Mesin dan Teknik Industri sendiri cukup berbeda, namun keduanya akur berada dalam satu gedung.

Teknik Mesin mendalami konsep Fisika dan Matematika, sementara Teknik Industri mendalami tentang entrepreneurship. Kalau Teknik Mesin memang murni Saintek, Teknik Industri lebih bermuatan Soshum. Uniknya, kedua prodi tersebut dapat berkolaborasi dan berhasil menciptakan mobil listrik Arjuna, Semar, dan Bimasakti.

 

7. Nuklir dan Fisika

Sama seperti Kimia, Fisika Murni lebih banyak belajar tentang konsep sementara Teknik Fisika lebih aplikatif - misalnya tentang otomasi, sensor, dan kontrol. Teknik Nuklir lebih istimewa lagi, Sobat. Pasalnya, prodi ini satu-satunya yang ada di Indonesia pada jenjang S1. Disinilah mahasiswanya belajar tentang reaksi dan radiasi nuklir.

 

8. Sipil dan Lingkungan

Jurusan ini terkenal dengan akronim kerennya: DTSL (Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan). Salah satu keunikan DTSL adalah kantin Teknik Sipil yang terbilang bagus dibanding kantin jurusan-jurusan lain. Mungkin sebagai wujud karya Teknik Sipil dalam pembangunan ya, Sobat?

 

Itulah kedelapan jurusan di Fakultas Teknik UGM. Seluruhnya telah memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Ingin tahu lebih banyak tentang jurusan dan universitasnya? Lihat di Kampus Pintar ya, Sobat!

Lebih masukan Blog

Ikuti 5 Langkah Ini untuk Mempersiapkan SBMPTN

Tak hanya UNBK, Sobat Pintar yang tengah duduk dikelas XII juga harus mempersiapkan diri untuk...

11 Jurusan Kuliah Anti Matematika

Sobat Pintar benar-benar tak tahan dengan kegiatan hitung-menghitung? Well, you're not the...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka