redesain-navbar Portlet

Blog

Persiapan SBMPTN, photo via www.quipper.com

Ikuti 5 Langkah Ini untuk Mempersiapkan SBMPTN

Stratehi jitu diperlukan agar lolos UTBK SBMPTN.

Tak hanya UNBK, Sobat Pintar yang tengah duduk dikelas XII juga harus mempersiapkan diri untuk UTBK SBMPTN. Sobat menyelesaikan UNBK dulu, baru kemudian belajar untuk UTBK? It's too late, Sobat.

Tentunya, Sobat Pintar yang gap year tak merasakan beban ganda persiapan dua ujian ini, tapi tetap saja diperlukan langkah-langkah jelas untuk menghadapi UTBK. Then, what are the specific steps to take in preparing for the university admission test?

 

1. Kerjakan Soal SBMPTN Tahun Lalu

Bukan berarti soal-soal SBMPTN tahun-tahun kemarin akan muncul lagi sama persis pada UTBK SBMPTN tahun ini, Sobat. Akan tetapi, semakin sering 'bergaul' dan 'bertemu,' semakin familiar pula Sobat Pintar dengan dengan soal-soal SBMPTN. It takes time to grasp the underlying concept of each test item.

Dengan sering berlatih soal, Sobat Pintar dapat memperhatikan soal-soal seperti apa yang berulang muncul pada SBMPTN. Dengan memahami persebaran soal tersebut, Sobatpun dapat membuat skala prioritas materi yang harus dipelajari dan dipahami.

 

2. Evaluasi Kesiapanmu Mengerjakan Soal-Soal SBMPTN

Dengan berlatih soal-soal SBMPTN sejak tahun-tahun sebelumnya, Sobat Pintar dapat merasakan sendiri "Oh, ternyata soal SBMPTN itu mudah sekali," atau "Oh, ternyata soal SBMPTN itu sulit sekali." Perlu dicatat, meyakini soal-soal SBMPTN mudah dapat membuat Sobat Pintar lengah dan menggampangkan.

Sebaiknya, meskipun Sobat merasa soal-soal SBMPTN terlalu mudah, tetaplah berlatih. Jangan sampai menyesal bila pada saat ujian nanti Sobat terkaget-kaget dengan soal yang lebih sulit dari dugaan. Anything is possible, isn't it?

Lebih baik lagi bila Sobat dapat melakukan evaluasi dengan menghitung skor dari seluruh soal latihan TPS dan TKA. Anggaplah sedang membuat try out sendiri. Bahkan bila memungkinkan, bandingkan nilai Sobat dengan nilai tertinggi dan terendah yang diterima tahun lalu pada jurusan yang diincar. Perhatikan pula jumlah mahasiswa baru yang diterima.

 

3. Siapkan dan Review Rangkuman Materi

Dengan berlatih soal, Sobat Pintar dapat mengenali materi apa yang sering muncul – bahkan berulang dari tahun ketahun. Sebagaimana telah disebutkan diatas, pemahaman tersebut dapat membantu Sobat membuat skala prioritas materi yang harus dipelajari dan dipahami.

Jadi, tak perlu belajar seluruh materi dari kelas X, Sobat. Bila perlu, Sobat Pintar dapat menyusun rangkuman materi-materi khusus tersebut untuk dijadikan rujukan setiap kali diperlukan.

 

4. Susun dan Patuhi Jadwal Belajar

Well, this may sound a little bit unpleasant, but it's important that you have a schedule. Untuk materi yang masih terasa belum dikuasai sepenuhnya, luangkan waktu yang lebih banyak untuk mempelajarinya. Bukan berarti materi yang mudah tak perlu dipelajari lagi lho, ya!

Memiliki jadwal belajar dapat membantu Sobat mengatur waktu kapan mempersiapkan diri untuk UNBK dan kapan untuk SBMPTN. Yet, what's more important when you have the schedule is to stick to it.

 

5. Rajin Mengikuti Try Out

Khususnya menjelang masa-masa SBMPTN, banyak lembaga atau instansi pendidikan yang menyelenggarakan try out. Misalnya, Aku Pintar juga menyelenggarakan Try Out Akbar Bersama beberapa waktu lalu. Nah, kesempatan seperti ini jangan disia-siakan, Sobat.

Mengikuti try out dapat membiasakan Sobat Pintar pada situasi ujian. Bagi Sobat yang gap year, mengikuti try out UTBK dapat membantu menyesuaikan perubahan dari paper-based test pada SBMPTN tahun lalu menjadi computer-based test yang dimulai sejak UTBK 2019.

Meskipun sama-sama try out, setiap kali try out akan selalu berbeda. You'll learn how to deal with different situation every time, hence. You can as well use the result to improve your learning strategy. Hopefully, being trained and well prepared take you to your dreamed education.

Lebih masukan Blog

Sudah Tahu 6 Fakta tentang UGM Ini?

Sebagai universitas tertua di Indonesia, adalah kebanggan tersendiri kalau Sobat Pintar kuliah...

8 Departemen di Fakultas Teknik UGM

Siapa yang ingin kuliah teknik di Universitas Gadjah Mada? Even if you don't want to, the...

Menambah Komentar

LS
lutfi aji saputra 7 Bulan Lalu
terima kasih informasinya
Harap sign in untuk melanjutkan.
D
Dwi Rahmatia 7 Bulan Lalu
TO gratis lagi kuy :)
Harap sign in untuk melanjutkan.
D
Dwi Rahmatia 7 Bulan Lalu
TO gratis lagi kuy :)
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka