APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

8 Universitas di Kalimantan: Wajib Tahu buat Referensi Kuliahmu

Ada banyak pilihan kampus untuk kuliah di Kalimantan.

universitas di kalimantan, Photo by Dollar Gill on Unsplash

Apa saja universitas di Kalimantan? Kalau Sobat Pintar punya keinginan kuliah di Kalimantan, pertanyaan seperti ini pasti tak cuma sekali nongol di kepala. Nah, biar enggak overthinking terus-terusan, kamu wajib tahu sejumlah universitas yang ada di Kalimantan berikut ini.

universitas terbaik di kalimantan
Photo by Antor Paul on Unsplash

1. Universitas Lambung Mangkurat

Universitas di Kalimantan Selatan ini terdiri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Ilmu Sosial dan Politik, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kehutanan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, perikanan dan Kelautan, Pertanian, dan Teknik. PTN di Kalimantan yang terkreditasi A dari BAN-PT ini beralamat di Jalan Brigjen H. Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarmasin.

 

2. Universitas Mulawarman

Universitas di Kalimantan Timur ini adalah sebuah universitas negeri dengan akreditasi A. Universitas di Samarinda ini menaungi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Politik dan Ilmu Sosial, Pertanian, Kehutanan, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Hukum Teknik, Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, dan Ilmu Budaya.

Banyaknya fakultas di Universitas Mulawarman (Unmul) memberi gambaran betapa besarnya jumlah mahasiswa di universitas negeri ini. Menariknya, sebagian besar kampus Unmul masih berupa hutan pendidikan loh, Sobat. Penasaran seperti apa kampusnya? PTN di Kalimantan Timur ini berada di Jalan Kuaro, Samarinda Ulu.

 

3. Universitas Tanjungpura

Salah satu universitas terbaik di Kalimantan Barat adalah Universitas Tanjungpura (Untan). Universitas negeri terakreditasi A ini berlokasi di Jalan Prof.Dr.H.Hadari Nawawi/Jendral Ahmad Yani, Pontianak.

Berangkat dari dua fakultas saja pada saat berdirinya, PTN di Kalimantan ini sekarang menaungi Fakultas Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Pertanian, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kehutanan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Kedokteran.

 

4. Universitas Palangka Raya

Universitas negeri di Kalimantan Tengah ini adalah yang tertua dan sekarang memiliki akreditasi institusi B. Lokasi kampusnya terbilang strategis, tepatnya di Jalan Yos Sudarso, Palangka Raya. Ada tujuh fakultas di Universitas Palangka Raya, yaitu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ekonomi, Pertanian, Teknik, Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Kedokteran.

 

5. Universitas Borneo Tarakan

Universitas yang ada di Kalimantan Utara ini menaungi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Pertanian, Teknik, Ekonomi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Hukum, dan Ilmu Kesehatan. Sekarang terakreditasi B, universitas negeri ini beralamat di Jalan Amal Lama No. 1, Kota Tarakan.

 

6. Politeknik Negeri Samarinda

Opsi kuliah di Kalimantan juga termasuk di politeknik, Sobat Pintar. Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) adalah sebuah PTN di Kalimantan Timur yang saat ini terakreditasi B dengan pilihan jurusan S1 dan D3 yang cukup banyak.

Untuk Program Sarjana Terapan, Polnes membuka Jurusan Teknologi Kimia Industri, Teknik Listrik, Rekayasa Jalan dan Jembatan, Usaha Perjalanan Wisata, Manajemen Pemasaran, Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Keuangan Perbankan, Akuntansi Manajerial, Teknologi Rekayasa Komputer, dan Teknik Informatika Multimedia.

Pada Program Diploma, di Polnes ada Jurusan Petro dan Oleo Kimia, Teknik Listrik, Teknik Sipil, Pariwisata, Administrasi Bisnis, Perawatan dan Perbaikan Mesin, Teknik Alat Berat, Akuntansi, Teknik Komputer, Teknik Informatika, Arsitektur, Desain Produk, KPNK, Teknika, dan Nautika.

 

7. Universitas Balikpapan

Seperti namanya, Universitas Balikpapan adalah sebuah universitas di Balikpapan, tepatnya di Jalan Pupuk Raya, Gn. Bahagia, dengan akreditasi B. Universitas swasta di Kalimantan Timur ini menaungi Fakultas Sastra, Ekonomi, Teknologi dan Industri, Teknik Sipil dan Perencanaan, Hukum, serta Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Selain fakultas-fakultas Sarjana, ada pula fakultas yang dikhususkan untuk Program Vokasi. Keduanya merupakan pilihan yang ditawarkan oleh PTS di Kalimantan ini bagi para lulusan sekolah menengah seperti Sobat Pintar.

 

8. Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Satu lagi PTS di Kalimantan sebagai referensi buatmu, Sobat. Universitas di Kalimantan Timur ini juga merupakan sebuah universitas swasta dengan akreditasi B yang terdiri dari Fakultas Teknik, Isipol, Hukum, Ekonomi, Pertanian, dan Psikologi. Untag Samarinda, begitu universitas swasta di Kalimantan Timur ini biasa dikenal, berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No. 80.

universitas negeri di kalimantan
Photo by Aditya Anggara on Unsplash

Selain delapan PTN dan PTS di Kalimantan di atas, masih banyak alternatif universitas di Kalimantan yang lain. Mau tahu lebih banyak, Sobat Pintar? Kamu bisa kepo sebanyak mungkin universitas di Kalimantan di sini.

0
20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog