redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan Saintek, photo via www.goodhousekeeping.com

9 Jurusan Kuliah Ini Terasa Soshum – Tapi Sebenarnya Saintek

Beberapa jurusan Saintek bermuatan Soshum.

How do you feel when you're a part of a science class – as opposed to social class? You must be proud. Setidaknya, begitulah yang umumnya dirasakan oleh kebanyakan pelajar dan orang tua.

Namun tak jarang, sebagian pelajar kelas IPA ini ada saja yang kuliah dirumpun IPS atau Soshum. Alhasil, pelajar kelas IPS jadi merasa diserobot para 'pengungsi' dari kelas IPA tersebut. Disisi lain, pelajar IPA harus menambah pelajaran IPS agar dapat lintas jurusan. Who's the happy party? No one.

Padahal, sebenarnya ada beberapa jurusan kuliah Saintek yang punya porsi Soshum cukup besar untuk dipelajari. What are they?

 

1. Agribisnis

Agribisnis biasanya berada di Fakultas Pertanian – iya, ini memang fakultas Saintek. Tapi khusus di Jurusan Agribisnis, Sobat Pintar akan belajar tentang ilmu pertanian dan aspek pengelolaan bisnisnya. Matakuliah Soshum yang akan dipelajari antara lain Ekonomi Pertanian, Komunikasi Agribisnis, Ekonomi Makro, Pengembangan Masyarakat, dan Pemasaran Agribisnis.

 

2. Bisnis IPB

Institut Pertanian Bogor memang kampus idaman pelajar Saintek. Tapi ternyata, di sini juga ada Jurusan Bisnis, Sobat. Dan Bisnis IPB hanya bisa dimasuki dari jalur Saintek, lho! Di Bisnis IPB, Sobat Pintar dapat belajar tentang keterampilan dan ilmu wirausaha. Sedikit berbeda, Bisnis IPB lebih fokus pada entrepreneurship yang berbasis kelautan, biosains tropika, dan pertanian.

 

3. Ekonomi Islam IPB

Mirip dengan Bisnis, Ekonomi Islam di IPB juga lebih dekat dengan Soshum. Selain sistem ekonomi syariah, Ilmu Ekonomi yang dipelajari dijurusan ini termasuk juga kajian ekonomi internasional, mikro, dan makro.

 

4. Ekonomi Pembangunan IPB

IPB juga punya Ekonomi Pembangunan untuk mahasiswa Saintek. Dijurusan ini mahasiswanya belajar tentang kebijakan-kebijakan pembangunan, termasuk juga kebijakan ekonomi mikro dan makro.

 

5. Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan IPB

Masih ada Jurusan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan di IPB untuk Sobat Pintar yang berstatus sebagai pelajar kelas IPA, namun ingin kuliah dibidang Soshum. Sesuai dengan nama jurusannya, disini mahasiswanya belajar tentang pengolahan sumberdaya alam secara ekonomi. Sobat Pintar, Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan ini hanya ada di IPB saja, lho!

 

6. Manajemen IPB

Satu lagi jurusan Saintek rasa Soshum di IPB, yaitu Manajemen. Sama seperti Jurusan Manajemen pada umumnya, disini mahasiswa IPB juga belajar tentang pengetahuan, ilmu, dan skill manajemen. Menarik juga ya, Sobat?

 

7. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Bisa menebak jurusan ini difakultas apa? Iya, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian berada di Fakultas Pertanian. Mahasiswa jurusan ini tak hanya belajar tentang ilmu pertanian saja, tapi juga ilmu komunikasi dan hubungan masyarakat.

Beberapa matakuliah yang dipelajari dijurusan ini antara lain Komunikasi Antar Budaya, Gender dan Pembangunan, Pengembangan Kepribadian, Sosiologi Lingkungan, Komunikasi Pertanian, Organisasi dan Kepemimpinan, Komunikasi Bisnis, Ekonomi Mikro, dan Ekonomi Pertanian.

 

8. Sistem Informasi

Sistem Informasi memang banyak berkutat dengan hardware dan software komputer. Akan tetapi, sistem yang dikembangkan mahasiswa dijurusan ini lebih ditujukan secara spesifik untuk memecahkan masalah organisasi (perusahaan).

Bekal pengetahuan tentang bisnis dan organisasi inilah yang sebenarnya menjadi bagian dari ranah Soshum. Jangan heran kalau matakuliahnya juga cukup Soshum, misalnya Pengembangan dan Pemasaran Produk, Manajemen Sumberdaya Manusia, Prinsip-Prinsip Manajemen, dan lain-lain.

 

9. Teknik Industri

Meskipun menjadi bagian dari Fakultas Teknik, Teknik Industri juga banyak membahas ilmu-ilmu Soshum, Sobat. Ada matakuliah Manajemen Proyek, Pemasaran Industri, Akuntansi dan Biaya, Psikologi Industri, Ekonomi Teknik, dan lain-lain. Dijurusan inilah Sobat Pintar belajar tentang bisnis, quality control, pengelolaan SDM, hingga desain produk.

 

Itulah jurusan-jurusan Saintek yang banyak bermuatan ilmu Soshum. If you feel that your calling is more on Social Science, why not considering one of those majors? Bukankah ini alternatif yang patut dipertimbangkan daripada langsung lintas jurusan?

Lebih masukan Blog

The 21st Century Skills – Apa Saja, Sih?

Setiap zaman memiliki tantangannya sendiri, begitu pula pada masa Revolusi Industri 4.0 ini. ...

Psikologi Tak Sama dengan Psikiatri – Sobat Ingin Jadi Psikolog atau Psikiater?

Entah mana yang lebih dibutuhkan untuk menjadi seorang Psikolog: keingintahuan tentang urusan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line