APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

9 Kampus dengan Kelas Internasional di Indonesia

Beberapa kampus di Indonesia membuka Kelas Internasional.

Photo by RUT MIIT on Unsplash

Perbedaan kelas reguler dan internasional yang paling mencolok adalah bahasa pengantar perkuliahannya. Bahasa pengantar perkuliahan di kelas reguler menggunakan Bahasa Indonesia – mungkin berbeda kalau kamu kuliah di jurusan sastra daerah. Sementara di Kelas Internasional, bahasa pengantar sepenuhnya menggunakan Bahasa Inggris. Artinya, dosen mengajar menggunakan Bahasa Inggris dan mahasiswa juga berkomunikasi dalam Bahasa Inggris – apapun mata kuliahnya.

Mungkin kamu masih ada yang nanya, apa itu Kelas Internasional di kuliah? Selain bahasa, apakah ada lainnya yang istimewa?

Kelas Internasional adalah kelas yang ditawarkan di perguruan tinggi dengan mahasiswa dari berbagai negara. Pengalaman belajar di lingkungan yang multikultural diharapkan mampu memperluas wawasan mahasiswa. Kurikulum dan materi perkuliahan juga bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berbicara, membaca, dan menulis dalam asing – pada umumnya, terutama di Indonesia, Bahasa Inggris.

Orang bilang, ada harga ada rupa. Jangan heran ya Sobat Pintar, bila biaya kuliah Kelas Internasional jauh melesat di atas biaya kuliah kelas reguler. Memang, faktor kampus dan jurusan masih tetap memengaruhi. Namun diperkirakan biaya kuliah Kelas Internasional di Indonesia berkisar antara Rp20 juta hingga Rp50 juta per tahun.

Terus, mana saja kampus yang membuka Kelas Internasional di Indonesia? Kalau kamu tertarik kuliah di Kelas Internasional, atau sekadar kepo doang, baca sederet kampus yang membuka Kelas Internasional di bawah ini, deh.

kampus yang membuka kelas internasional
Photo by [email protected] on Unsplash

1. BINUS University

Kalau kamu pengin ngerasain sensasi kuliah internasional di Indonesia, boleh pertimbangkan kuliah di Kelas Internasionalnya BINUS. BINUS International merupakan program partnership antara BINUS University dengan universitas-universitas luar negeri.

BINUS University juga menawarkan program double/join degree. Kalau ngambil program ini, kamu dapat menyelesaikan kuliah di dua jurusan sekaligus dalam kurun waktu yang normal – Program S1 dirancang untuk dapat diselesaikan dalam empat tahun (delapan semester). Entar, kamu bakalan kuliah selama satu sampai dua tahun di luar negeri dan lulus dengan dua gelar – satu dari BINUS University dan satu lagi dari institusi partner di luar negeri tersebut. Buat kalian yang bertanya-tanya, apakah Kelas Internasional double degree? Kalau di BINUS University, jawabannya iya.

Namun sayangnya, enggak semua jurusan di BINUS University menyediakan Kelas Internasional. Hanya Business Information Systems, Business Management and Marketing, Communications, Computer Science, Finance, International Business, Graphic and New Media, Interactive Digital Media Design, Fashion Design, dan Fashion Management yang membuka Kelas Internasional. Biaya kuliah Kelas Internasional di jurusan-jurusan ini tentu "berbeda" dari program regulernya.

univ internasional di indonesia
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels

2. Universitas Indonesia

Apakah UI ada Kelas Internasional? Ada dong, Sobat. Bahkan pendaftaran Kelas Internasional UI dapat diikuti oleh tak hanya lulusan SMA/sederajat, tetapi juga alumni – syaratnya, usia ijazahmu tidak lebih dari lima tahun. Seleksi masuk Kelas Internasional UI sendiri dilakukan melalui SIMAK Kelas Internasional dan Talent Scouting.

Apa saja jurusan-jurusaan di Universitas Indonesia yang membuka Kelas Internasional? Kamu bisa mengikuti pendaftaran Kelas Internasional UI untuk Pendidikan Dokter Gigi, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi dan Material, Arsitektur, Teknik Kimia, Teknik Industri, Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Psikologi, dan Ilmu Hukum. Itu semua untuk jurusan-jurusan dengan single degree ya, Sobat Pintar.  

Ada juga nih, jurusan-jurusan UI yang menawarkan double degree. Apa aja jurusan-jurusan itu? Pendidikan Dokter, Ilmu Komputer, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi dan Material, Arsitektur, Teknik Kimia, Teknik Industri, Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Psikologi, dan Ilmu Komunikasi adalah jurusan-jurusan di UI yang menyediakan Kelas Internasional dengan double degree. Kuliah di jurusan-jurusan ini bakalan udah kayak kuliah di univ internasional di Indonesia ga, sih?

perbedaan kelas reguler dan internasional
Photo by Yaroslav Shuraev on Pexels

3. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada bukan universitas asing di Indonesia. Siapa sih, yang enggak kenal UGM? Nah, Universitas Gadjah Mada juga termasuk salah satu kampus yang membuka Kelas Internasional loh, Sobat Pintar.

International Undergraduate Program (IUP) adalah Kelas Internasional di UGM. Kegiatan yang dapat diikuti oleh mahasiswa UGM di Kelas Internasional adalah perkuliahan di luar negeri (double degree), student exchange, international internships, international seminars, international workshops, summer courses, kejuaraan internasional, dan lain-lain.

Ada banyak jurusan di Universitas Gadjah Mada yang menyediakan Kelas Internasional. Kampus internasional di Indonesia ini membuka Kelas Internasional Animal Science and Industry, Biology, Accounting, Management, Aconomics, Environmental Geography, Law, Chemistry, Computer Science, Electronics and Instrumentation, Medicine, Pharmacy, Psychology, Communication Science, International Relations, serta Public Policy and Management.

kuliah internasional di indonesia
Photo by Yan Krukau on Pexels

4. Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Multimedia Nusantara memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari luar negeri untuk kuliah di Indonesia. Boleh nih, kita menyebutnya sebagai salah satu kampus internasional di Indonesia.

Di samping itu, Universitas Multimedia Nusantara juga menawarkan program joint degree untuk mahasiswa Manajemen Logistik dan Informatika masing-masing di Inha University dan Swinburne University of Technology. Mahasiswa Manajemen Logistik bakal kuliah selama empat semester di UMN, kemudian dilanjutkan empat semester lagi di Inha University. Sementara itu, lulusan Informatika nantinya akan bergelar S.Kom dari UMN dan BICT (Bachelor of Information and Communication Technologies) dari Swinburne University of Technology. Namun ingat, kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku untuk mengikuti program kuliah internasional di Indonesia ini ya, Sobat.

universitas asing di indonesia
Photo by Yan Krukau on Pexels

5. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran juga punya International Undergraduate Program (IUP). Saat ini ada lima jurusan Unpad yang membuka program kuliah internasional di Indonesia, yakni Akuntansi, Manajemen, Ilmu Ekonomi, Kedokteran Gigi, Ilmu Kelautan, dan Farmasi.

biaya kuliah kelas internasional
Photo by Yan Krukau on Pexels

6. Institut Teknologi Bandung

Kampus yang membuka Kelas Internasional berikutnya adalah Institut TeknologI Bandung. Lagi-lagi, bila ada pertanyaan apakah Kelas Internasional double degree? Kalau di ITB, iya Sobat.

Terus, apa saja jurusan ITB yang membuka Kelas Internasional? Di Institut Teknologi Bandung, jurusan-jurusan dengan Kelas Internasional adalah Pharmaceutical Science and Technology, Clinical and Community Pharmacy, Chemical Engineering, Environmental Engineering, Mechanical Engineering, Aerospace Engineering, Management, dan Entrepreneurship.

pendaftaran kelas internasional ui
Photo by Ivan Samkov on Pexels

7. Institut Pertanian Bogor

Salah satu perbedaan kelas reguler dan internasional di Institut Pertanian Bogor adalah sejarah nilai rapor mahasiswanya, Sobat Pintar. Kalau pengin menjadi mahasiswa Kelas Internasional IPB, kamu wajib punya nilai rapor Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia yang bagus selama lima semester – bahkan bila kamu kuliah Bisnis.

Oke, selengkapnya apa saja jurusan dengan Kelas Internasional di Institut Pertanian Bogor? Di IPB, jurusan-jurusan dengan Kelas Internasional adalah Bisnis, Kedokteran Hewan, Teknologi Pangan, Teknik Industri Pertanian, serta Ilmu dan Teknologi Kelautan.

kampus internasional di indonesia
Photo by Yan Krukau on Pexels

8. Universitas Airlangga

Kalau kamu pengin kuliah internasional di Indonesia, dan pengin mendaftar sekarang juga, mungkin Universitas Airlangga adalah jodohmu, Sobat. Pendaftaran Kelas Internasional Unair saat ini sudah dibuka, sejak 16 Januari yang lalu, dan akan berlangsung sampai 23 Maret 2023.

Pertanyaannya, apakah jurusan incaranmu di Universitas Airlangga membuka Kelas Internasional? Di Unair, jurusan-jurusan yang membuka  Kelas Internasional adalah Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan, Hukum, Farmasi, Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Islam, Ekonomi Pembangunan, dan Psikologi.

Apakah UI ada kelas internasional
Photo by George Pak on Pexels

9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Tak ketinggalan, ITS juga merupakan salah satu kampus yang membuka Kelas Internasional. Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Sistem dan Industri, Teknik Material, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Geomatika, Teknik Geofisika, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Perkapalan, Statistika, Informatika, Sistem Informasi, Fisika, Manajemen Bisnis, dan Arsitektur adalah jurusan-jurusan yang membuka dan menerapkan biaya kuliah Kelas Internasional di Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Sebagian kita punya kesempatan untuk kuliah di luar negeri. Sebagian lagi bisa menjalani kuliah internasional di Indonesia. Kalau kamu, gimana Sobat Pintar? Apakah kamu bakal masuk ke salah satu kampus yang membuka Kelas Internasional di atas?

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog