redesain-navbar Portlet

Blog

8 PTN dengan Jalur Mandiri Terbanyak 2022

Kuota Mandiri di kampus negeri terbatas oleh daya tampung pada tiap-tiap jurusan.

PTN dengan kuota jalur mandiri Terbanyak, Photo by Becca Tapert on Unsplash

Kuota atau daya tampung PTN 2022 dalam penerimaan mahasiswa barunya terbagi atas SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. LTMPT telah menetapkan bahwa kuota minimum SNMPTN dan SBMPTN masing-masing sebesar 20% dan 40% dari total daya tampung setiap PTN. Ini berarti ada kemungkinan kampus incaranmu menerima mahasiswa baru dalam persentase yang lebih besar dari angka tersebut, Sobat Pintar.

Sedangkan untuk Jalur Mandiri, LTMPT menetapkan batas maksimum sebesar 30%. Boleh jadi kampus incaranmu memaksimalkan batas tersebut, tetapi bukan tidak mungkin mahasiswa baru yang masuk melalui Jalur Mandiri tidak sampai 30% dari total daya tampung. Kita hanya dapat berasumsi PTN dengan kuota Jalur Mandiri terbanyak adalah PTN dengan daya tampung mahasiswa baru yang terbesar.

Lantas, mana sajakah PTN dengan daya tampung Jalur Mandiri paling banyak itu? Berikut referensi kuota Jalur Mandiri terbesar yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum mendaftar ke satu PTN tertentu.

PTN dengan daya tampung jalur mandiri paling banyak
Photo by Matese Fields on Unsplash

1. Universitas Gadjah Mada

UGM menggabungkan daya tampung SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Pilihan jurusannya mencakup Program Sarjana dan Vokasi, total mencapai 91 jurusan. Jika digabungkan, daya tampung Jalur Mandiri dan SBMPTN di UGM mencapai sekitar 8.932 kursi. Tentunya, daya tampung Mandiri UGM 2022 lebih kecil dari angka tersebut.

 

2. Universitas Diponegoro

Undip adalah salah satu kampus Jalur Mandiri terbanyak, apalagi ada Mandiri Reguler dan Kelas Internasional. Untuk Program Sarjana pada 11 fakultas di Jalur Mandiri Reguler, daya tampung Mandiri Undip 2022 mencapai 5.071 kursi.

 

3. Universitas Negeri Yogyakarta

Sebagai salah satu PTN Jalur Mandiri yang cukup diminati di Yogyakarta, UNY akan menerima 1.748 mahasiswa baru di tahun 2022. Daya tampung yang terbatas ini diperebutkan oleh calon mahasiswa baru di 61 jurusan Program Sarjana.

 

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Ada delapan pilihan jurusan pada Jalur Mandiri ITS Program Sarjana Terapan. Daya tampung tiap-tiap jurusan adalah 27 atau 39 kursi, dengan total daya tampung pada Seleksi Mandiri PTN 2022 adalah sebesar 252 kursi.

Adapun daya tampung Program Sarjana pada Jalur Mandiri, ITS menyediakan 2.604 kursi. Angka ini masih mengantarkan ITS sebagai salah satu PTN dengan kuota Jalur Mandiri terbanyak. Asal kamu tahu, beberapa jurusan terkenal memiliki keketatan yang cukup tinggi di Jalur Mandiri. Jurusan-jurusan tersebut antara lain Sains Aktuaria, Teknik Industri, Teknik Pangan, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Biomedik, Teknik Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Manajemen Bisnis, dan Studi Pembangunan.

daya tampung mandiri undip 2022
Photo by LinkedIn Sales Solutions on Unsplash

5. Universitas Airlangga

Salah satu PTN dengan daya tampung Jalur Mandiri paling banyak adalah Unair. Untuk jurusan-jurusan Saintek, daya tampung per jurusannya mulai 25 sampai 130 kursi. Total daya tampung Jalur Mandiri Unair pada jurusan-jurusan Saintek mencapai sekitar 1.685 kursi.

Unair juga memiliki kuota Jalur Mandiri terbesar pada Rumpun Soshum. Bahkan S1 Ilmu Sejarah menyediakan 40 kursi untuk mahasiswa baru Mandiri di tahun 2022. Tercatat, S1 Ilmu Hukum Unair memiliki daya tampung PTN 2022 terbesar dengan menyediakan 150 kursi. Total daya tampung Jalur Mandiri Unair untuk jurusan-jurusan Soshum mencapai sekitar 1.455 kursi.

 

6. Universitas Indonesia

Kampus Jalur Mandiri terbanyak berikutnya adalah UI. Untuk Program S1 Reguler UI, total daya tampungnya mencapai sekitar 2.772 kursi.

 

7. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

UPN Veteran Jawa Timur merupakan salah satu PTN Jalur Mandiri yang patut dipertimbangkan. Pasalnya, kuota Jalur Mandirinya mencapai angka maksimal yang ditetapkan LTMPT, yakni 30% dari total daya tampung. Untuk 22 jurusannya, UPN Veteran Jawa Timur menyediakan 1.661 kursi di Jalur Mandiri.

 

8. Universitas Brawijaya

Daya tampung Jalur Mandiri UB 2022 lebih besar daripada tahun sebelumnya, mencapai 8.570 kursi. Ada dua macam seleksi di Jalur Mandiri UB, yaitu dengan menggunakan nilai rapor dan UTBK.

daya tampung mandiri ugm 2022
Photo by Cole Keister on Unsplash

Melihat daya tampung di atas, manakah PTN Jalur Mandiri yang kamu pilih, Sobat Pintar? Perlu diingat, semakin besar daya tampung bukan berarti serta-merta semakin besar pula peluangmu lolos. Selain melihat daya tampungnya, pertimbangkan pula jumlah dan kemampuan peminat Jalur Mandiri PTN yang lain. Yang tak kalah penting, lihat juga Jalur Mandiri yang masih buka pendaftaran saat ini, ya!

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3


Artikel Terkait

image article

Sudahkah Kamu Tahu tentang Perikanan?

avatar penulis

deni purbowati

12 Agustus 2018

Baca Selengkapnya
image article

Kehutanan, Kuliah bagi Penyayang Alam yang Berjiwa Tangguh

avatar penulis

deni purbowati

07 Agustus 2021

Baca Selengkapnya
image article

Farmasi: Bukan Hanya tentang Obat

avatar penulis

deni purbowati

17 Agustus 2018

Baca Selengkapnya

CssBlog

metablog-web Portlet