CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

9 Tradisi Natal di Indonesia: Suka Cita Perayaan yang Serba Unik

Tiap daerah di Indonesia memiliki tradisi perayaan Natal yang unik.

tradisi natal di indonesia, Photo by Sebi Pintilie on Pexels

Sobat Pintar, ternyata tradisi Natal di Indonesia itu berbeda-beda di setiap daerah, loh. Terlepas dari makna religiusnya, perayaan Natal di Indonesia sendiri kental dengan budaya lokal yang unik. Mau tahu bagimana saudara-saudara sebangsa kita merayakan Natal? Yuk, kita "jalan-jalan" dan "melihat" bagaimana tradisi-tradisi di Indonesia mewarnai perayaan Natal.

 

1. Jakarta Punya Rabo-Rabo

perayaan natal di indonesia
Photo by Windo Nugroho on Pexels

Tradisi unik dalam merayakan Natal ini sebenarnya khas dijumpai di kawasan Cilincing, tepatnya di Kampung Tugu. Setelah beribadah di Gereja, warga Kampung Tugu akan mengunjungi warga lain dengan iringan musik keroncong. Warga yang dikunjungi kemudian bergabung dengan rombongan, turut menari, dan bersama-sama mengunjungi warga yang lain lagi. Setelah seluruh warga terkumpul, mereka akan saling mencolekkan bedak warna-warni sebagai tradisi saling meminta maaf dan penebusan dosa. Serunya tradisi Rabo-Rabo ini tak terasa membuat warga Kampung Tugu selalu menanti-nantikan kapan Natal tiba.

 

2. Ada Wayang Kulit Kristus di Yogyakarta

natal itu apa
Photo by Maxime LEVREL on Pexels

Tentu saja, warga Yogyakarta tak bisa dipisahkan dari budaya Jawa: wayangan. Pagelaran wayang menjelang Natal ini pun unik, enggak sembarangan. Khusus untuk perayaan Natal, cerita wayang yang disampaikan bakal mengingatkanmu kembali tentang Natal itu apa. Iya, warga Yogyakarta memiliki tradisi pagelaran Wayang Kulit Kristus, sebuah pertunjukan wayang yang menceritakan tentang kelahiran Yesus Kristus.

 

3. Tradisi Penjor dan Ngejot ala Bali

hari natal memperingati apa
Photo by Artem Beliaikin on Pexels

Penjor dan Ngejot memang biasa dijumpai dalam perayaan Galungan Hindu Bali. Tetapi inilah indahnya Indonesia, Sobat Pintar. Bambu dan jalinan janur kuning yang sama indahnya juga hadir dalam perayaan Natal di Bali, menghiasai rumah-rumah warga dan Gereja. Dengan kehkasan budayanya, Natal Indonesia takkan lengkap tanpa warga Bali, yang dalam balutan pakaian tradisionalnya, saling mengirim bingkisan makanan.

 

4. Meriahnya Flores dengan Meriam Bambu

kapan natal
Photo by Martin Péchy on Pexels

Saudara-saudara kita di Nusa Tenggara Timur merayakan Natal dengan tradisi mereka yang unik: bermain meriam bambu. Baik anak muda maupun orang tua bersama-sama menyulut batang-batang bambu berisi bahan bakar tradisional sehingga timbul suara dentuman yang bersahut-sahutan meriah sepanjang malam Natal. Eits, kegiatan ini aman kok, Sobat. Mereka juga menyulut kembang api untuk memeriahkan suasana. Mungkin suatu saat nanti kamu harus menikmati perayaan Natal di Indonesia yang satu ini.

 

5. Papua Khidmat dalam Barapen

budaya unik di indonesia
Photo by revac film's&photography on Pexels

Tak kalah unik, teman-teman kita di Papua merayakan Natal dengan membakar batu. Salah satu kekayaan budaya di Papua ini adalah kegiatan warga yang dilakukan bersama-sama. Batu yang mereka bakar tersebut kemudian digunakan untuk memasak berbagai bahan makanan, termasuk daging babi. Dari sekian tradisi-tradisi di Indonesia dalam merayakan Natal, Barapen adalah salah satu yang sangat unik, Sobat Pintar.

 

6. Talu Lonceng di Ambon

tradisi-tradisi di indonesia
Photo by Oleg Magni on Pexels

Bukan hanya lonceng Gereja, tapi Ambon juga riuh dengan suara sirine di malam Natal. Iya, Sobat Pintar. Hari Natal memperingati apa dan bagaimana merayakannya? Masyarakat Ambon punya tradisi uniknya sendiri.

 

7. Manado yang Penuh Festival

natal indonesia
Photo by Laura James on Pexels

Gimana enggak banjir kalau jalanan penuh dengan Sinterklas! Orang-orang berpawai dalam kostum Sinterklas sejak awal bulan, membagi-bagikan hadiah ke rumah-rumah warga. Begitulah pemandangan di Manado selama bulan Desember, Sobat Pintar. Sungguh sebuah tradisi Natal di Indonesia yang meriah. Kemudian, puncak perayaan Natal diikuti dengan kunjungan ke makam keluarga masing-masing. Festival budaya pra-Natal hingga akhir tahun ini disusul dengan Kunci Taon di minggu pertama Januari. Lagi-lagi, orang-orang berparade mengelilingi kampung mengenakan kostum-kostum yang unik.

 

8. Upacara Lettoan di Toraja

tradisi natal di indonesia
Photo by ARIFKI RAHMADHANI on Unsplash

Kegiatan upacara budaya selalu unik dan sarat makna, demikian pula dengan Lettoan. Prosesi budaya di Toraja ini merupakan puncak perayaan Natal yang berlangsung pada 26 Desember. Akan tetapi, Lettoan bukan satu-satunya kegiatan perayaan Natal di Toraja, Sobat Pintar. Justru Lettoan merupakan bagian dari festival yang berlangsung penuh selama bulan Desember, yang terdiri dari karnaval, upacara-upacara tradisional, pertunjukan seni, wisata kuliner, pameran kerajinan, dan lain sebagainya. Bahkan, pemerintah daerah gencar mempromosikan salah satu tradisi Natal di Indonesia ini sehinga menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri.

 

9. Sumatra Utara dan Marbinda

perayaan natal di indonesia
Photo by Eiliv-Sonas Aceron on Unsplash

Marbinda adalah sebuah tradisi Natal di Indonesia yang cukup unik. Komunitas Batak di Sumatra Utara akan beriuran sebelum Natal untuk menyembelih hewan. Jika uang yang terkumpul cukup besar, mereka akan menyembelih kerbau. Namun jika uang yang terkumpul hanya sedikit, mereka akan menyembelih babi. Hasil pemotongan hewan yang disembelih kemudian dibagi merata kepada tiap partisipan iuran.

 

Itulah sembilan budaya unik di Indonesia dalam merayakan Natal. Bagaimana dengan tradisi perayaan Natal di daerahmu, Sobat Pintar? Atau, apakah kamu turut merayakan salah satu tradisi perayaan Natal di atas?

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog