CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Universitas yang Menerima Lulusan SMK 2022

Lulusan SMK bisa memilih kuliah di kampus dan jurusan yang diinginkannya.

ptn yang menerima smk, Photo by Jake Ingle on Unsplash

Apakah ada universitas yang menerima lulusan SMK? Tentu saja ada, Sobat Pintar. Justru pertanyaan seperti ini terlalu pesimis, loh. Pasalnya, anak SMK itu sebenarnya tak dibatasi untuk masuk kuliah di kampus mana pun. Alih-alih bertanya apakah lulusan SMK bisa kuliah, yuk kita ganti pertanyaannya: apakah kamu mau kuliah setelah lulus SMK, Sobat?

 

Kuliah di Mana setelah Lulus SMK?

ptn untuk lulusan smk
Photo by Honey Yanibel Minaya Cruz on Unsplash

Tentu saja, lulusan SMK bisa kuliah. Kalau kamu ingin melanjutkan pendidikanmu ke perguruan tinggi, boleh banget, Sobat Pintar. Pada dasarnya anak SMK dan SMA sama-sama bisa lanjut kuliah setelah lulus sekolah.

Muncul persoalan adalah ketika kampus yang kalian pilih itu perguruan tinggi negeri. Sebagai anak SMK, seberapa matang persiapanmu untuk lolos di UTBK-SBMPTN? Dalam hal ini, anak SMA lebih unggul karena pelajaran di sekolah selama tiga tahun telah membantu mereka bersiap menghadapi UTBK-SBMPTN. Sementara itu, kamu yang anak SMK lebih banyak bergumul dengan praktik mata pelajaran produktif. Alih-alih bertanya apakah SMK bisa kuliah, kenapa nggak lebih baik kamu mengalokasikan waktu khusus untuk belajar materi UTBK secara mandiri?

Ada banyak PTN yang menerima SMK, kok. Universitas negeri yang menerima lulusan SMK misalnya Institut Teknologi Bandung, Universitas Sriwijaya, Universitas Gadjah Mada, UPN Veteran Jawa Timur, UIN Walisongo, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Padjadjaran, ISI Yogyakarta, Universitas Brawijaya, dan masih banyak lagi pilihan kampus-kampus negeri yang lain.

Selain melalui UTBK-SNMPTN, kamu bisa masuk PTN melalui SNMPTN. Untuk mengetahui universitas yang menerima SNMPTN SMK sekolahmu, Sobat Pintar bisa menanyakannya ke Wali Kelas, guru BK, atau guru favoritmu.

Harus banget ya, ikut SNMPTN atau SBMPTN untuk kuliah di PTN? Enggak, Sobat. Kamu bisa mengikuti Seleksi Mandiri di kampus incaranmu masing-masing, termasuk juga di kampus swasta. Jalur Mandiri PTS dan PTN untuk lulusan SMK terbuka lebar untukmu!

Sejauh ini belum ada pembatasan jatah penerimaan SMK di PTN. Yang ada, universitas negeri memiliki daya tampung mahasiswa baru yang terbatas di jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri – bukan asal sekolah calon mahasiswanya. Sementara di universitas swasta, asal sekolah SMK atau SMA calon mahasiswa juga tak menjadi penentu utama.

 

Anak SMK Kuliah Jurusan Apa?

lulusan smk bisa kuliah
Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash

Oke, kamu mantap memutuskan untuk lanjut kuliah setelah lulus SMK. Tapi kamu mau kuliah di jurusan apa nih, Sobat? Sama seperti tempat kuliah, jangan sampai kamu mengajukan pertanyaan yang kurang tepat seperti, "Lulusan SMK bisa kuliah jurusan apa saja?" Kalau ini pertanyaanmu, jawabannya banyak banget, Sobat Pintar. Pasalnya, anak SMK itu bisa kuliah di jurusan apa pun yang mereka inginkan.

Kalau kamu mau linear, jurusan kuliah untuk anak SMK tak jauh dari jurusan yang diambilnya selama sekolah. Misalnya, lulusan TKJ kuliah jurusan apa? Biasanya anak-anak TKJ memilih lanjut kuliah di Teknik Informatika atau Ilmu Komputer. Kalau kamu lulusan Konstruksi Gedung, Sanitasi, dan Perawatan, mungkin kuliah Teknik Sipil bakal membuatmu betah belajar. Begitu pula jika kamu anak Asisten Keperawatan. Ilmu Keperawatan adalah pilihan yang linear dengan jurusan sekolahmu.

Animasi dan Desain Komunikasi Visual bisa menjadi pilihan jurusan kuliah yang linear buat kalian yang sekolah di kedua jurusan tersebut. Baru-baru ini dibuka Jurusan Bisnis Digital di beberapa kampus negeri dan swasta, seperti Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, atau Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Jurusan Bisnis Digital adalah pilihan linear jurusan kuliah untuk anak SMK Bisnis Daring dan Pemasaran. Rekomendasi jurusan kuliah untuk anak SMK selengkapnya bisa dibaca di sini dan di sini.

Bagaimana kalau kamu merasa salah jurusan selama di SMK? Misalnya, dari jurusan Tata Boga di SMK, apakah kamu bisa lanjut kuliah di Teknik Informatika? Dengan kata lain, apakah SMK bisa kuliah beda jurusan? Tentu saja bisa, Sobat Pintar. Namun persoalan sebenarnya bukan pada boleh atau tidaknya kuliah beda jurusan. Boleh-boleh saja kok, kamu kuliah di jurusan yang berbeda dari jurusanmu di SMK asalkan Sobat bisa lolos seleksi masuk ke jurusan tersebut – dan bisa lulus kuliahnya, tentu saja.

Psstt... kalau kamu mau alternatif yang lebih asyik, rencanakan dulu penginnya kuliah di jurusan apa, Sobat Pintar. Baru deh, jurusan sekolahmu yang mengikuti. Misalnya, kamu mau kuliah di Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, maka pilihlah jurusan SMK Agribisnis Hasil Pertanian. Cara ini memang jarang banget diterapkan sih, makanya masih banyak yang bingung lulusan SMK bisa kuliah jurusan apa saja. Eitts, kamu gitu juga ga, Sobat?

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog