PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo credit Marcel Spanjer

9 Universitas di Belanda yang Sering Membuka Lowongan Beasiswa

Informasi Beasiswa

Salah satu negara di dunia yang menawarkan beasiswa untuk pelajar Indonesia adalah Belanda. Ya, negara yang punya keterkaitan sejarah dengan Indonesia ini punya berbagai program beasiswa yang cukup terkenal, antara lain Orange Tulip Scholarship (OTS), Studeren in Nederland (StuNed), Orange Knowledge Programme (OKP), ataupun Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Kamu nggak bisa Bahasa Belanda? Tak jadi soal! Beberapa kelas ditawarkan sebagai kelas internasional, yang berarti bahasa pengantar perkuliahan menggunakan Bahasa Inggris. Nah, kampusnya apa aja, nih? Mari lihat satu per satu.

 

1. Erasmus Universiteit Rotterdam (EUR)

Erasmus University termasuk kedalam salah satu dari 50 universitas besar di dunia dengan empat fokus utama yaitu budaya, pemerintahan, manajemen, dan kesehatan. Rotterdam School of Management (RSM), sekolah bisnisnya Erasmus University, telah mengguratkan sejarah pendidikan pengembangan bisnis dan manajemen di dunia sejak tahun 1969. Sedangkan untuk bidang kesehatan, Erasmus University adalah salah satu yang terbaik di dunia – pada peringkat ke-35 menurut Times Higher Educatioan (THE).

 

2. Radbound Universiteit Nijmegen

Radbound University didirikan oleh komunitas Kristen Katolik Roma di Nijmegen, yang tak ada kaitannya dengan Kepausan Vatikan. Bahkan pada awalnya, universitas ini bernama Katholieke Universiteit Nijmegen, kemudian berganti nama menjadi Radbound pada 2003. Radbound University menawarkan 75 program Master, 35 diantaranya dalam Bahasa Inggris. Program Bachelor sendiri ada 12 yang ditawarkan dalam Bahasa Inggris. Dari ketujuh fakultasnya, Radbound University memiliki ratusan jurusan dalam bidang seni, sains, teologi, ilmu sosial, kedokteran, dan sebagainya.

 

3. Saxion University of Applied Science

Tak hanya perguruan tinggi riset, perguruan tinggi vokasi di Belanda juga membuka lowongan beasiswa – Saxion University salah satunya. Kampusnya tersebar di tiga lokasi di Belanda bagian timur, yaitu di Apeldoorn, Enschede, dan Deventer. Universitas vokasi ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengajukan beasiswa Bachelor, dengan persyaratan yang biasanya mencakup ijazah SMA/ sederajat, TOEFL iBT minimal 90, IELTS minimal 6.5, dan motivation letter.

 

4. Universiteit Twente

Berada di Kota Enschede, Twente University dulunya bernama Technische Hogeschool Twente. Universitas ini memiliki Fakultas Ilmu Etika Manajemen, Ilmu Sosial, Teknik Listrik, Teknik Teknologi, Sains dan Teknologi, Matematika dan Ilmu Komputer, dan Geologi. Baik bidang sosial ekonomi maupun teknik dan teknologi sama-sama jempolannya. Banyak alumni Twente University yang menjadi politikus dan pelaku bisnis sukses di Belanda. Bahkan ada dua ilmuwan Fisika dari Twente University yang pernah meraih Swan Medal dan Spinoza Prize – penghargaan setingkat Nobel.

 

5. Vrije Universiteit (VU) Amsterdam

Meskipun didirikan oleh Abraham Kuyper dengan dominasi Kristen Protestan Calvinis-nya, universitas ini bebas dari pengaruh gereja dan pemerintah – sesuai namanya, Vrije, yang berarti kebebasan. Vrije University memiliki tujuh fakultas, yaitu Teologi, Seni, Bisnis, Hukum, Humaniora, Sains, dan Ekonomi. Beasiswa yang ditawarkan pihak universitas biasanya untuk program Master. Bila kamu mengajukan beasiswa, sertakan pula permohonan VUFP (Vrije Universiteit Fellowship Programme) kepada pihak universitas.

 

6. Rijksuniversiteit Groningen

Didirikan oleh warga Kota Groningen dan Ommelanden pada empat abad lebih silam, University of Groningen memiliki Fakultas Matematika, Filsafat, Ilmu Sosial, Tata Ruang/ Spasial, Seni, Hukum, Teologi/ Ilmu Agama, Ekonomi dan Bisnis, serta Kedokteran. Universitas ini bahkan terafiliasi dengan Universitair Medisch Centrum Groningen. Meluluskan banyak ilmuwan sains, University of Groningen berada diperingkat 90 pada QS World University Rankings.

 

7. Universiteit Leiden

Tahukah kamu bahwa Albert Einstein adalah salah satu alumni Leiden University? Didirikan pada tahun 1575 oleh Pangeran William, salah satu anggota keluarga Kerajaan Belanda yang masih memerintah saat ini, Leiden University adalah yang tertua yang didirikan oleh Belanda. Ada tujuh fakultas di universitas ini, yaitu Kedokteran, Humaniora, Arkeologi, Ilmu Sosial, Matematik dan Sains, Hukum, serta Pemerintahan dan Hubungan Internasional. Berada diurutan ke-67 pada Times Higher Education (THE) World University Rankings, Leiden University sudah meluluskan 16 peraih Nobel. Selain Albert Einstein, presiden ke-6 US, John Quincy Adams, dan mantan PM UK, John Stuart, adalah juga alumni Leiden University. Bagaimana dari Indonesia? Bapak Mohammad Hatta, Sultan Hamengku Buwono IX, Bapak Boediono, dan Sutan Syahrir adalah para alumni Leiden University dari Indonesia.

 

8. Universiteit Utrecht

Pada awalnya, hanya ada Fakultas Hukum, Kedokteran, dan Teologi saja di Utrecht University, sesuai dengan latarbelakang pendirinya, Gibertus Voetus, seorang profesor Teologi, dan Bernardus Schotanus, profesor Matematika dan Hukum. Sekarang? Tak perlu ditanya lagi – sudah ada tujuh fakultas yang menaungi puluhan sekolah dan departemen. Diantara ketujuh fakultas tersebut ada Humaniora, Kedokteran Hewan, Sosial, Sains, dan Hukum. Menurut QS World University Rankings, Utrecht University berada pada peringkat 94 dari 100 universitas terbaik sedunia. Tahukah kamu siapa salah satu alumninya? Bapak Adnan Buyung Nasution!

 

9. Universiteit van Amsterdam

Awalnya bernama Athenaeum Illustre dengan Kedokteran sebagai jurusan pertama, universitas yang berlokasi di ibukota Belanda ini sekarang dikenal sebagai University of Amsterdam. Sudah ada tujuh Fakultas saat ini, yaitu Kedokteran Gigi, Sains, Kedokteran, Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Sosial, serta Humaniora. Berbeda dari kebanyakan universitas lain di Belanda yang biasanya beraliran Calvinis atau Lutheran, Jurusan Teologi di University of Amsterdam adalah Kristen Protestan Menonit. Dan menurut QS World University Rankings, University of Amsterdam berada diperingkat 50 dunia.

 

Selain delapan perguruan tinggi riset dan satu vokasi diatas, masih ada pula Technische Universiteit Delft dan Technische Universiteit Eindhoven yang bisa menjadi rujukan kuliah teknik di Belanda. Lantas, apakah kamu akan menjadi bagian dari 20.000 pelajar Indonesia yang sudah menimba ilmu di negeri kincir angin ini?

Lebih masukan Blog

Kenali 3 Organisasi Utama Mahasiswa di Kampus

Saat sekolah, kamu aktif di OSIS? Bagaimana dengan Pramuka? Barangkali kegiatan...

6 Ide Bisnis Online buat Mahasiswa

Asyik nih, jadi mahasiswa! Udah nggak terikat waktu sekolah dari pagi sampai sore. Bahkan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru