redesain-navbar Portlet

Blog

photo via brahmaitsolutions.com

6 Ide Bisnis Online buat Mahasiswa

Kehidupan Kampus

Asyik nih, jadi mahasiswa! Udah nggak terikat waktu sekolah dari pagi sampai sore. Bahkan kadang, ada beberapa hari dalam sepekan yang tak ada jadwal kuliah, jadi kamu bisa hang out, ngafe (nongkrong di kafe), ikutan UKM baru, atau yang lain. Tapi kenapa nggak manfaatin waktu luang itu buat nambah-nambah uang saku? Iya, make money, bisnis. Nggak pake ribet, cuma modal laptop atau smartphone juga bisa. Bahkan kamu bisa nebeng WiFi kampus. Mau tau apa aja bisnis online yang bisa kamu lakukan?

 

1. Jualan Materi Kuliah

Kalau kamu rajin belajar dan bikin catetan, kenapa nggak sekalian nyari duit dari kelebihanmu ini? Cuma butuh tambahan kreativitas untuk menampilkan catetan kuliahmu jadi menarik. Jangan bikin pdf kalau sekiranya temen-temenmu nggak bakalan baca – cobalah ganti pdf ke ppt dengan tampilan penuh warna dan gambar. Tawarkan materi kuliah dalam bentuk e-book pada mereka yang suka baca. Bahkan, kalau kamu mau, boleh juga mengemas materi kuliah yang kamu jual dalam bentuk video.

 

2. Jadi YouTube Creator

Masih tentang bikin video, kamu bisa manfaatin YouTube buat nambah pundi-pundi rupiahmu. Nggak harus materi kuliah, kamu bisa nge-vlog tentang topik apapun yang kamu suka, mulai dari makanan, kecantikan, kesehatan, ataupun hiburan. Cobalah untuk menciptakan konten yang unik dan bermafaat supaya subscriber-mu tak beranjak meninggalkanmu. Pikirkan, apa yang bikin orang rela menguras kuota internetnya demi nonton channel YouTube-mu.

 

3. Jadi Online Influencer

Eksis di YouTube adalah salah satu cara jadi influencer masa kini. Cara lainnya? Kamu bisa manfaatin sosial media, terutama Instagram. Ya, pinter nggak sih namanya, kalau bisa menggunakan sosial media buat nyari duit alih-alih cuma jadi tempat hahahihi nggak jelas. Tapi eh, tapi! Jadi influencer tuh nggak sekedar jadi selebrgam lho, ya! Sesekali, atau berkali-kali, endorse produk boleh banget, tapi jangan lupa kasih konten atau caption positif biar bermanfaat dan menularkan semangat kebaikan. Ya... sesuai dengan nama profesinya, influencer.

 

4. Bikin Desain

Bisnis yang satu ini sebenarnya gampang banget buat mahasiswa DKV, atau jurusan apapun yang disitu diajarin tentang desain. Tapi bukan berarti mahasiswa jurusan lain dilarang bisnis bikin desain, ya! Tinggal kamu mau nggak, belajar utak-atik bikin desainnya biar bisa nawarin desain logo ke squad Mobile Legends atau yang lain. Dan jangan ragu ikut lomba-lomba desain logo, kali-kali aja bisa menang. Ya, nggak?

 

5. Bikin Website

Sama seperti desain logo, bikin website untuk kemudian dijual juga butuh latarbelakang pendidikan yang sesuai. Tentu kalau kamu kuliah di Jurusan Teknik Informatika atau yang sejenisnya, bikin website dengan berbagai fitur untuk menghasilkan uang takkan jadi persoalan rumit. Tapi bukan berarti kamu yang nggak kuliah dijurusan relevan nggak bisa bikin website, lho! Asal ada kemauan, pasti ada jalan. Bukankah kamu juga yang nantinya menikmati hasilnya bila website yang kamu tawarkan dibeli oleh perusahaan atau rekanan, misalnya.

 

6. Bikin Tulisan

Bakat dan minat nulis tuh nggak dimiliki semua orang, lho. Beruntungkah kamu yang suka dan bisa nulis! Jadi, kenapa nggak bikin blog aja? Tulis ulasan atau opini tentang hal-hal yang menarik buatmu – mirip seperti konten YouTube (vlogging), hanya saja dalam bentuk tulisan (blogging). Kalau waktumu tak cukup banyak untuk merawat blog, bisa jadi penulis lepas juga bisa, kok. Menjadi kontributor diberbagai platform online tuh lumayan juga buat meningkatkan skill-mu, sekaligus nambah saldo rekening.

 

7. Jualan Online

Nggak cuma jualan materi kuliah, kamu juga bisa menjual buku baru, buku bekas, pakaian, kosmetik, elektronik atau apapun barang yang kamu bisa dapetin supply-nya secara online. Asyiknya berjualan online bisa kamu lakukan di manapun dan kapanpun, bahkan saat di kampus. Yang penting, jadilah penjual yang jujur dan memiliki integritas agar pelangganmu tetap setia.

 

Mana kira-kira bisnis yang paling sesuai untukmu? Apapun itu, jangan sampai mengganggu belajarmu. Dan jangan lupa, petiklah banyak-banyak pengalaman dan pelajaran, jangan cuma sibuk ngumpulin duitnya, ya!

Lebih masukan Blog

9 Universitas di Belanda yang Sering Membuka Lowongan Beasiswa

Salah satu negara di dunia yang menawarkan beasiswa untuk pelajar Indonesia adalah Belanda....

Aku Pintar bersama Siswa Smada Surabaya

On one bright day, Aku Pintar berkesempatan sharing bareng siswa-siswa Smada. Bersama...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka