redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.efficiencyexchange.ac.uk

Aktif dalam Organisasi Kampus, tapi IPK Bagus? Ini 5 Tipsnya

IPK Mahasiswa

Apakah kamu seorang aktivis? Sebagai mahasiswa dan aktivis, kamu adalah bagian dari mereka yang aktif dalam berbagai kegiatan organisasi. Trus kapan kuliah dan ngerjain tugasnya? Nah, disitulah masalah utama para aktivis. Gimana bisa punya IPK tinggi kalau banyak kegiatan organisasi yang musti diikuti? Tapi jangan khawatir, tips berikut ini dapat membantumu tetep punya IPK tingi meskipun kamu aktif berorganisasi di kampus.

 

1. Buatlah Skala Prioritas untuk Mengatur Waktumu

Barangkali udah banyak ya, yang bilang padamu untuk mengatur waktu. Tapi kali ini, atur waktumu dengan membuat skala prioritas. Mana yang paling penting: kuliah atau organisasi? Tentu kamu udah tahu jawabannya diluar kepala, bukan?

Supaya lebih real, tuliskan skala prioritasmu setiap hari. Misalnya setelah bangun pagi, tuliskan apa saja yang akan kamu kerjakan sepanjang hari nanti. Kemudian, urutkan mana yang paling penting sampai mana yang bisa ditunda atau dihilangkan. Cobalah untuk menaati daftar yang sudah kamu buat sendiri. Dengan begitu, kegiatanmu setiap harinya akan lebih terarah.

 

2. Bijaklah dalam Memilih

Bagaimana kalau ada dua atau lebih to do list dalam daftar atau jadwalmu? Misalnya, ada rapat panitia untuk acara entar malem sama ngerjain tugas dengan deadline keesokan paginya. Kalau bisa, tetep alokasikan waktu untuk kedua hal penting tersebut. Misalnya, usahakan rapat selesai dalam dua jam, kemudian kerjakan sisa tugas yang belum beres (iya, kamu harus sudah mengerjakannya sebagian) selama dua jam pula.

Beda cerita nih, kalau kamu cuma perlu memilih antara hangout rame-rame sama temen-temen satu angkatan atau mengerjakan asistensi dosen, misalnya. Yang begini lebih jelas mana yang harus dipilih, bukan?

 

3. Jangan Menunda Pekerjaan

Kembali pada contoh mengerjakan tugas diatas. Kalau kamu menunda setiap pekerjaanmu, pada akhirnya kamu akan merasa banyak banget yang musti dikerjakan. Bayangkan untuk tugas tersebut kamu sudah menyisihkan 15 menit setiap hari. Pada malam sebelum tugas tersebut dikumpulkan, kamu hanya butuh 15 menit untuk memeriksa hasil akhirnya dan membenahi sedikit-sedikit. Makanya, kamu masih punya waktu untuk mengikuti rapat kepanitiaan. Bahkan mungkin, masih ada waktu satu jam buat nonton serial kesukaanmu (yayy!).

Bayangkan kalau tugas itu baru ada dalam benakmu – alias belum dikerjain sama sekali. Pusing juga kan, ngaturnya antara kuliah sama organisasi?

 

4. Bergabung pada Organisasi yang Mendukung Prestasi Akademik

Kamu ikut Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) di sekolah? Inilah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang punya dampak positif bagi prestasi akademikmu. Terapkan cara memilih organisasi kemahasiswaan seperti ini saat kamu kuliah.

Misalnya kamu anak FISIP, trus aktif di BEM – klop, deh! Ada banyak hal untuk dipelajari dalam organisasi yang bisa mengembangkan pola pikir dan wawasanmu sebagai mahasiswa FISIP. Bagaimana kalau kamu kuliah di Jurusan Matematika Murni, misalnya? Boleh nggak aktif di UKM Pramuka? Ya boleh-boleh aja sih, selama kamu bisa seimbang menjalaninya dan mendapat manfaat dari keduanya.

 

5. Berusahalah untuk Adil dan Seimbang

Banyak persyaratan kerja yang mencantumkan IPK minimal 2,75. Itu IPK standar yang bisa kamu dapatkan dengan kuliah ala kadarnya. Dengan kata lain, kamu bisa dapat IPK 2,75 dengan mudah tanpa usaha maksimal sekalipun. Kalau IPK-mu sampai dibawahnya, pihak perekrut bisa berasumsi betapa malasnya kamu.

Sebaliknya, mengejar IPK 4,00 tanpa pengalaman bekerja sama dan berkomunikasi dalam tim dapat membuatmu terkejut saat berhadapan dengan lingkungan kerja nantinya. Selain angka-angka akademik, kualitas tanggung jawab yang tertempa dari aktif berorganisasi dapat turut menentukan kesuksesanmu didunia kerja.

Jadi, menggarisbawahi poin sebelumnya, penting sekali kalau bisa menjalani kuliah dan kegiatan organisasi dengan seimbang. Karena bagaimanapun juga, kamu tetep butuh IPK bagus dan pengalaman berorganisasi.

Lebih masukan Blog

PGSD, Jurusan yang Makin Asoy

Manajemen adalah salah satu jurusan dengan peminat tinggi setiap tahunnya. Tapi tahukah kamu,...

Mau Cum Laude untuk Ikut Tes CPNS? Lihat Dulu Di Mana Kamu Kuliah

Saat membaca tulisan ini, mungkin kamu belum menyelesaikan kuliah Strata 1. Tapi kenapa kamu...

Menambah Komentar

Ika Maharani Pertiwi 1 Tahun Lalu

terimakasih

Harap sign in untuk melanjutkan.
Lutvi lutvi 1 Tahun Lalu
mantab gan
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line