CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Aktivitas yang Membuat Guru Tetap Produktif di Saat Weekend

5 Kegiatan produktif guru di rumah untuk mengisi hari libur

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Aktivitas apa saja yang biasa Guru Pintar lakukan saat libur sekolah? Apakah guru tetap bisa produktif saat libur di rumah? Hari libur meskipun hanya hari Sabtu dan Minggu, adalah hari yang dinanti-nantikan. Sebagian orang menganggap hari libur adalah waktunya bermalas-malasan alias rebahan seharian. Padahal hari libur tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik, lho. Kan meskipun libur tidak berarti akan tiduran seharian! Tidak ada salahnya guru menikmati liburan dan me-refresh otak dari aktivitas rutin mengajar siswa-siswi setiap hari sambil melakukan aktivitas yang membuat guru tetap produktif.

Tetap melakukan aktivitas yang bermanfaat meskipun saat weekend sangat berguna untuk membuat Guru Pintar selalu aktif dan positif. Dan hasilnya pun dapat membuat jiwa dan raga kembali fresh saat melakukan tugas kembali.  Berikut ini adalah hal produktif guru di rumah. Liburan bermutu dengan segudang manfaat yang patut ditiru.

1. Berolahraga

hal produktif guru di rumah
Foto oleh Tirachard Kumtanom dari Pexels

Pada weekdays, mana sempat untuk berolahraga! Apalagi ketika tempat mengajar berjarak lumayan jauh dan Guru Pintar harus berangkat ekstra pagi untuk menghindari kemacetan. Sepulang sekolah badan sudah lelah menuntut untuk segera diistirahatkan. Padahal olahraga adalah salah satu kegiatan penting untuk menjaga kebugaran tubuh. 

Nah, weekend produktif Guru Pintar dapat diawali dengan berolahraga. Jika tidak memungkinkan untuk pergi ke pusat kebugaran atau Gym, Guru Pintar dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan berkeliling kompleks atau bersepeda. 

2. Membersihkan Rumah


Foto oleh Yaroslav Shuraev dari Pexels

kegiatan yang sering dilakukan di hari libur antara lain membersihkan rumah. Bukan berarti Guru Pintar hanya membersihkan rumah seminggu sekali, ya. Aktivitas produktif membersihkan tempat tinggal dan lingkungan sekitar yang dapat dilakukan di hari libur misalnya menata ulang kamar, merapikan pakaian di lemari, menata buku, mendekorasi ruang tamu, dan masih banyak lagi. Kegiatan ini selain bermanfaat rumah menjadi lebih bersih dan rapi, beberes rumah membuat suasana rumah lebih menyenangkan. Suasana baru yang Guru Pintar ciptakan dapat membuat pikiran lebih segar, menghilangkan rasa bosan, dan menenangkan pikiran.

3. Melakukan Hobi yang Disukai


 

Aktivitas yang bisa dilakukan guru saat weekend selanjutnya adalah melakukan hobi. Profesi guru disebut-sebut salah satu profesi yang berpotensi memicu stres. Hal ini dikarenakan menjadi guru bukanlah hal yang mudah, banyak tugas yang harus dilakukan mulai dari mengajar, mendidik, melakukan penilaian, evaluasi pembelajaran, menyelesaikan administrasi, dan lain sebagainya. Pekerjaan-pekerjaan tersebut membuat Guru Pintar sangat sibuk, sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan hobi.

Hari libur adalah saat yang tepat untuk melakukan hobi. Di saat libur Guru Pintar yang suka berkebun dapat menanam bunga atau sayuran. Yang hobi menulis di blog dapat menyalurkan ide-ide yang berkelindan di kepala. Guru Pintar yang suka bermain alat musik, dapat memanfaatkan hari libur untuk bermain musik bersama teman dan keluarga. Melakukan hobi dapat menghilangkan stres dan membuat Guru Pintar tampil prima saat melakukan tugas di hari berikutnya.

4. Membaca Buku

Salah satu tips weekend produktif yang populer adalah membaca buku. Sebagai seorang guru, Guru Pintar dituntut untuk memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas. Dengan demikian, Guru Pintar dapat berbagi lebih banyak pengetahuan yang berguna kepada siswa. Membaca buku selain buku pelajaran di hari kerja mungkin terasa sulit. Memanfaatkan hari libur dengan membaca akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi sekaligus melepaskan penat setelah bekerja. Ada banyak pilihan buku yang dapat Guru Pintar baca, misalnya buku motivasi, buku agama, opini, esai, tips-tips, dan lainnya untuk menambah wawasan baru.

5. Meningkatkan Keterampilan

Aktivitas selama pandemi membuat Guru Pintar lebih banyak beraktivitas di rumah. Meskipun demikian, supaya menjadi guru profesional yang dapat mengajar dengan baik dan melakukan tugas lainnya dengan optimal, Guru Pintar tetap harus mengasah keterampilan yang sudah dimiliki atau belajar keterampilan baru. Bagaimana caranya?  Salah satu kegiatan yang dapat guru-guru lakukan untuk meningkatkan keterampilan adalah dengan mengikuti program pelatihan dari sekolah atau pelatihan yang diadakan pihak lain di luar sekolah. 

Saat pandemi, banyak sekali pelatihan atau webinar-webinar yang diselenggarakan secara daring. Aktivitas weekend guru-guru di Indonesia selama pandemi banyak diisi dengan mengikuti berbagai webinar atau pelatihan yang  bermanfaat untuk mengasah keterampilan, mulai dari pelatihan pengajaran digital, pelatihan mengurus administrasi yang baik, pelatihan membuat dan mengatur pembelajaran yang efektif, dan lainnya.

Kegiatan saat liburan di rumah tidak hanya bisa diisi dengan rebahan saja. Aktivitas guru saat weekend dapat diisi dengan kegiatan-kegiatan bermutu sehingga kegiatan guru selama di rumah tetap menyenangkan dan penuh manfaat.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog