CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan di UIN Bandung (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati)

UIN Bandung membuka jurusan-jurusan keagamaaan dan nonkeagamaan.

jurusan uin bandung, Photo by Yusron El Jihan on Unsplash

Jurusan di UIN Bandung itu enggak melulu jurusan-jurusan agama loh, Sobat Pintar. Memang, UIN Sunan Gunung Djati merupakan perguruan tinggi Islam. Akan tetapi, kalian juga bisa kok, kuliah di jurusan-jurusan yang bukan keagamaan di UIN Bandung. Nah, bagaimana caranya? Terus, di UIN Bandung jurusan apa saja sih, yang terbuka buat lulusan SMA/sederajat seperti kamu, Sobat?

 

Jalur Masuk Kuliah di UIN Sunan Gunung Djati


Photo by Haidan on Unsplash

UIN Bandung, sebagaimana universitas, institut, dan sekolah tinggi Islam negeri yang lain, berada di bawah tata kelola Kementerian Agama. Kalau begitu, apakah kamu bisa kuliah di UIN Sunan Gunung Djati dengan mengikuti SNMPTN atau SBMPTN? Tentu saja bisa, Sobat Pintar. Bahkan, jurusan UIN Bandung yang kamu incar itu bisa kamu perjuangkan melalui lebih banyak opsi jalur masuk. Disamping SNMPTN dan SBMPTN, calon mahasiswa baru UIN Sunan Gunung Djati Bandung bisa mengikuti:

1. SPAN-PTKIN Prestasi

Kamu bisa memperjuangkan jurusan di UIN Sunan Gunung Djati yang sudah Sobat incar selama ini melalui SPAN-PTKIN Prestasi. Pendaftaran jalur ini akan ditutup tanggal 31 Maret 2022. Seleksinya terdiri dari dua tahap, yang pertama diselenggarakan pada tanggal 4-7 April dan yang kedua pada 9-11 April 2022. Pengumuman hasil seleksi dijadwalkan pada tanggal 15 April 2022.

2. UM-PTKIN SSE

Apapun jurusan UIN Sunan Gunung Jati Bandung yang kamu incar, Sobat Pintar wajib memiliki aplikasi ujian SSE di ponselmu jika ingin mengikuti seleksi masuk di jalur ini. Pendaftarannya akan berlangsung mulai 24 April hingga 4 Juni 2022. Ujiannya dijadwalkan pada tanggal 14-17 Juni 2022 setelah uji coba. Hasil seleksi akan diumumkan tanggal 30 Juni 2022.

3. Ujian Mandiri

Ujian Mandiri PTKIN, termasuk UIN Bandung, biasanya dilaksanakan serentak oleh seluruh perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama. Jika Sobat Pintar menyiapkan diri untuk mengikuti ujian masuk ke salah satu jurusan UIN Bandung, pendaftarannya dijadwalkan berlangsung mulai 2 Juni hingga 5 Juli 2022. Ujiannya akan diselenggarakan pada tanggal 18-23 Juli 2022, dan hasilnya akan diumumkan pada 1 Agustus 2022.

 

Fakultas dan Jurusan di UIN Bandung

jurusan uin bandung
Photo by Madrosah Sunnah on Unsplash

Nah, jalur manakah yang akan kamu pilih, Sobat Pintar? Persaingan masuknya boleh jadi cukup ketat, apalagi status akreditasi UIN Bandung sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi saat ini adalah A.

Memilih jurusan di UIN Sunan Gunung Djati yang sepi peminat mungkin bisa memperbesar peluangmu lolos seleksi masuk. Tetapi apakah jurusan itu cocok dengan minat dan kemampuanmu, Sobat? Tak ada salahnya loh, menggunakan Tes Penjurusan Kuliah buat memastikan pilihan jurusan kuliahmu. Enggak lucu kan, kalau kamu lolos seleksi masuk kuliah, tapi di jurusan yang enggak nyambung samsek dengan bakat, minat, dan kemampuanmu.

Selain itu, kamu juga perlu tahu status akreditasi jurusan incaranmu tersebut. Bagaimanapun juga, akreditasi merupakan bentuk jaminan mutu yang cukup penting. Sebagai referensi buat kamu, Sobat Pintar, di bawah ini jurusan di UIN Bandung, dan akreditasinya.

Fakultas UIN Bandung: Ushuluddin

Ushuluddin dalam Bahasa Arab bermakna dasar agama. Ilmu-ilmu yang dikaji di fakultas ini mengacu pada Ilmu Aqidah, Ilmu Tauhid, ataupun Ilmu Kalam. Jurusan yang ada di UIN Bandung pada Fakultas Ushuluddin adalah sebagai berikut.

Ilmu al-Qur’an dan Tafsir/Tafsir Hadits (A)

Aqidah dan Filsafat Islam (A)

Studi Agama-Agama (B)

Tasawuf Psikoterapi (B)

Ilmu Hadits (B)

Fakultas UIN Bandung: Tarbiyah dan Keguruan

Baik jurusan Saintek di UIN Bandung maupun jurusan Soshum di UIN Bandung ada di fakultas ini. Selengkapnya jurusan di UIN Sunan Gunung Djati pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan adalah berikut ini.

Manajemen Pendidikan Islam (A)

Pendidikan Agama Islam (A)

Pendidikan Bahasa Arab (A)

Pendidikan Bahasa Inggris (A)

Pendidikan Matematika (A)

Pendidikan Biologi (B)

Pendidikan Kimia (A)

Pendidikan Fisika (B)

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (A)

Pendidikan Islam Anak Usia Dini (B)

Fakultas UIN Bandung: Syariah dan Hukum

Pilihan prodi UIN Bandung di fakultas ini sepertinya menarik buat Sobat Pintar yang memiliki minat pada dunia hukum. Berikut ini jurusan UIN Bandung di Fakultas Syariah dan Hukum.

Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyyah) (A)

Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) (A)

Hukum Tata Negara (Siyasah) (A)

Perbandingan Madzhab (A)

Ilmu Hukum (A)

Hukum Pidana Islam (Jinayah) (A)

Fakultas UIN Bandung: Dakwah dan Komunikasi

Fakultas ini menaungi lima jurusan di UIN Bandung. Jurusan-jurusan tersebut adalah sebagai berikut.

Ilmu Komunikasi (A)

Komunikasi Penyiaran Islam (A)

Bimbingan dan Konseling Islam (A)

Manajemen Dakwah (A)

Pengembangan Masyarakat Islam (A)

Fakultas UIN Bandung: Adab dan Humaniora

Di UIN Sunan Gunung Djati, fakultas ini menaungi rumpun ilmu humaniora serta adab. Jurusan yang ada di UIN Bandung pada ranah keilmuan tersebut adalah berikut ini.

Sejarah Peradaban Islam (A)

Bahasa dan Sastra Arab (A)

Sastra Inggris (A)

Fakultas UIN Bandung: Psikologi

Hanya ada satu prodi UIN Bandung di ini, yaitu Psikologi. Status akreditasi jurusan untuk saat ini adalah A.

Fakultas UIN Bandung: Sains dan Teknologi

Di fakultas inilah jurusan Saintek di UIN Bandung berada. Ada tujuh prodi UIN Bandung di Fakultas Sains dan Teknologi.

Matematika (B)

Biologi (A)

Fisika (B)

Kimia (A)

Teknik Informatika (B)

Agroteknologi (B)

Teknik Elektro (B)

Fakultas UIN Bandung: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Tentu saja, kalau di fakultas ini, pilihan yang ditawarkan hanyalah jurusan Soshum di UIN Bandung. Ada tiga pilihan jurusan kuliah di FISIP UIN Sunan Gunung Djati, Sobat Pintar.

Administrasi Publik (B)

Sosiologi (B)

Ilmu Politik (Baik)

Fakultas UIN Bandung: Ekonomi dan Bisnis Islam

Sama halnya, fakultas ini juga terdiri dari jurusan Soshum di UIN Bandung. Ada empat prodi UIN Bandung di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Akutansi Syariah

Ekonomi Syariah (B)

Manajemen (B)

Manajemen Keuangan Syaria (A)

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog