redesain-navbar Portlet

Blog

Akuntansi UI dan UGM Apa Bedanya, image via www.connectadpartners.com

Akuntansi UI dan UGM – Apa Bedanya?

Akuntansi UI dan UGM memiliki beberapa persamaan dan perbedaan dalam berbagai hal.

Beberapa tahun terlewat, media Kompas pernah menuliskan bahwa Jurusan atau Program Studi Akuntansi Universitas Indonesia (UI) adalah yang terbaik di Indonesia. Lantas, bagaimana dengan Akuntansi Universitas Gadjah Mada (UGM)? Ayo cari tahu bersama-sama, Sobat.

 

Akuntansi UI

Akuntansi merupakan salah satu jurusan berakreditasi A pada Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI (FEB UI). Pada departemen ini, terdapat program S1 Akuntansi reguler dan paralel.

Kalau Sobat Pintar mengikuti seleksi SNMPTN, SBMPTN, atau SIMAK-UI, maka program yang diambil adalah reguler. Sementara untuk program paralel, jalur masuknya melalui SIMAK-UI atau PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar).

Prodi reguler dan paralel memiliki sejumlah perbedaan. Pertama, secara umum prodi reguler memerlukan biaya kuliah lebih rendah dibanding prodi paralel. Misalnya, uang pangkal hanya dibebankan pada mahasiswa paralel – untuk Jurusan Akuntansi saat ini sejumlah Rp25.000.000,00.

Selain itu, ada program Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) yang memungkinkan mahasiswa reguler membayar biaya kuliah per semester sesuai dengan kemampuan orang tua. BOP-B Akuntansi UI saat ini berkisar dari Rp100.000,00 hingga Rp5.000.000,00 – BOP-B mahasiswa paralel sebesar Rp10.500.000,00 per semester.

Kedua, mahasiswa prodi reguler berpeluang mendapat beasiswa selama kuliah. Hal ini tak berlaku bagi mahasiswa prodi paralel. Ketiga, jalur masuk reguler hanya dapat diikuti oleh lulusan SMA tiga tahun terakhir, sedangkan jalur masuk paralel terbuka bagi semua tahun lulusan SMA.

Meskipun demikian, mahasiswa Akuntansi UI pada program reguler dan paralel tidak mengalami perbedaan perlakuan maupun ijazah – keduanya sama! Perbedaan diatas hanya bertujuan memberikan subsidi silang sehingga semua mahasiswa dapat belajar dan menuntut ilmu bagaimanpun keadaan ekonominya.

Alumni Akuntansi UI bergelar Sarjana Ekonomi (S.E.). Kalau ingin menjadi seorang akuntan, Sobat Pintar harus mengikuti Program Profesi Akuntan setelah lulus kuliah.

 

Akuntansi UGM

Akuntansi UGM berada pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM (FEB). Sarjana Ekonomi (S.E) dari jurusan ini dipastikan telah memilih satu dari enam konsentrasi, yaitu Akuntansi Syariah, Sektor Publik dan Perpajakan, Manajerial, Sistem Informasi, Audit, dan Keuangan.

Seleksi masuk yang dapat diikuti untuk menjadi mahasiswa Akuntansi UGM yaitu SNMPTN, SBMPTN, Ujian Tulis (UTUL), dan Penelusuran Bibit Unggul (PBU) atau disebut juga sebagai jalur prestasi. Selain itu, masih ada pula seleksi program internasional.

Ada dua macam program S1 Akuntansi UGM, yaitu reguler dan internasional. Can you guess in what way they are different? Ya, bahasa pengantarnya berbeda, Sobat. Program reguler menggunakan Bahasa Indonesia, sedangkan program sarjana internasional menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kuliah.

Salah satu keunggulan program internasional atau International Undergraduate Program (IUP) yaitu kredit kuliah yang dapat ditransfer kepada universitas mitra UGM di luar negeri. Alhasil, mahasiswa IUP dapat memiliki pengalaman mirip program pertukaran mahasiswa dan berhak lulus dengan gelar ganda dari UGM dan universitas mitra tersebut.

Selain akreditasi A untuk Jurusan Akuntansi, FEB UGM telah meraih akreditasi sekolah bisnis internasional, Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB). Bagi mahasiswanya, kualitas ini harus ditebus dengan perkuliahan yang tak semudah di kampus-kampus lain – misalnya, tak ada semester pendek.

Bagaimana dengan biaya kuliah? UGM menetapkan sembilan kelompok UKT berdasar pada keadaan ekonomi keluarga mahasiswa.

UKT 0 adalah mahasiswa dengan bantuan dana pemerintah (saat ini Bidikmisi), sedangkan UKT 1 dan 2 masing-masing sebesar Rp500.000,00 dan Rp1.000.000,00. Saat ini, UKT mahasiswa S1 Akuntansi UGM berkisar antara Rp3.500.000,00 pada UKT 3 dan Rp10.000.000,00 pada UKT 10.

 

Itulah beberapa perbedaan antara program sarjana Akuntansi di Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. Nah, mana yang menjadi pilihanmu, Sobat?

Lebih masukan Blog

Menabung Itu Mudah! Ini 6 Tipsnya

Benarkah dengan menabung, maka kita akan menjadi kaya seperti kata pepatah? Well, menabung...

Sudah Tahu 3 Hal Ini tentang Teknik Industri?

Adakah diantara Sobat Pintar yang sudah berniat ingin menjadi mahasiswa teknik? Tahukah Sobat...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line