redesain-navbar Portlet

Blog

Menabung Itu Mudah Ini Tipsnya, image via www.fool.com

Menabung Itu Mudah! Ini 6 Tipsnya

Menabung merupakan salah satu cara berlatih mengatur keuangan.

Benarkah dengan menabung, maka kita akan menjadi kaya seperti kata pepatah? Well, menabung dan menjadi kaya memang tak sesederhana menambahkan angka dua dengan dua – yang pasti hasilnya empat. Akan tetapi, dengan berlatih menabung berarti kita pun berlatih mengatur keuangan.

Apalagi, kalau Sobat Pintar memiliki suatu tujuan, misalnya jalan-jalan ke Lombok, ingin mengoleksi seluruh gradasi pensil warna merk tertentu, ataupun tujuan-tujuan lain. Alih-alih meminta tambahan uang saku, kenapa tidak menyisihkan sebagian uang saku yang sudah ada saja? Mau tahu bagaimana caranya?

 

1. Tentukan Target

Tentunya, kita tidak sekedar mengumpulkan uang tanpa tahu berapa jumlah nominal yang dituju. Contoh sederhananya, kalau Sobat ingin memiliki 24 pensil warna merk X maka target uang yang terkumpul sekitar Rp100.000,00.

Nominal ini memberimu acuan berapa jumlah uang yang sudah terkumpul dan berapa lagi yang belum. Lebih baik menetapkan target diatas kebutuhan daripada dibawahnya ya, Sobat.

 

2. Konsisten

Kalau targetmu Rp100.000,00, mungkin terdengar mudah. Tapi bagaimana kalau nanti Sobat membutuhkan meja gambar arsitek – misalnya kuliah dijurusan ini? Tentu, target tabungan juga menjadi lebih besar, bukan?

Maka salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai target adalah konsisten. Terus saja sisihkan uang sakumu setiap hari – berapapun jumlahnya. Semakin besar targetmu, sebaiknya semakin besar juga uang saku yang disisihkan agar waktu yang dibutuhkan juga tak terlalu lama. Regardless of the sum of the money, consistency is still the key.

 

3. Miliki Celengan

Eits, jangan sepelekan celengan. Seberapa sering kita mengabaikan uang receh kembalian dari kantin sekolah? Coba saja kumpulkan dalam sebuah wadah, Sobat. Setelah beberapa waktu, coba hitung berapa recehan yang terkumpul. You'll be amazed!

Tentunya, bila targetmu cukup besar, memiliki rekening tabungan pelajar akan sangat berguna. Nah, uang yang terkumpul dari celengan bisa dipindah kedalam rekening, deh! Tak ada salahnya punya celengan, bukan?

 

4. Bawa Bekal

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Beranilah berkorban demi tujuanmu. Tak apa barang bawaanmu ke sekolah menjadi lebih banyak bila dengan begitu Sobat dapat menyisihkan lebih banyak uang saku. Sesedikit apapun uang jajanmu, kalau dikumpulkan tetap akan berjumlah banyak.

Bila pada awalnya terasa berat, diselang-seling hari saja membawa bekalnya, Sobat. Boleh juga menetapkan berapa hari dalam sepekan atau sebulan membawa bekal ke sekolah.

 

5. Manfaatkan yang Gratis

Bukan hanya anak kos yang suka gratisan! Tapi jangan berlebihan juga ya, Sobat. Tak perlu mengambil hak orang lain hanya demi menyimpan uang sakumu sendiri.

Lebih baik lagi, bila gratisan dapat dipahami sebagai bersenang-senang tanpa harus mengeluarkan uang. Misalnya, alih-alih menyewa lokasi, kenapa tidak bermain futsal di halaman sekolah saja? Tingkat kenyamanan pasti berbeda, tapi tak apa berkorban sedikit demi mencapai tujuan, bukan?

 

6. Bijak dalam Pengeluaran

Let's say, Sobat menabung karena ingin memiliki 24 pensil warna. Maka itulah prioritas utama saat ini. Jadi, kuatkan diri untuk tak membeli barang-barang lain, apapun itu, sampai targetmu tercapai. Tentu ada pengecualian dalam hal ini, seperti ketika ada keperluan darurat yang membuatmu harus mengeluarkan uang.

Akan tetapi, selama pengeluaran itu dapat ditunda, maka tundalah dulu. In this case, priority is the key.

 

Salah satu trik yang dapat menyelamatkan uang sakumu sebelum mengalir kedalam tabungan adalah dengan membawa secukupnya saja ke manapun Sobat pergi. Dengan jumlah uang di saku yang pas-pasan, kita lebih tak mudah tergoda untuk membuat pengeluaran yang tak perlu.

Setidaknya, kalau keenam tips diatas masih sulit dilakukan, cobalah untuk menjalankan trik terakhir ini. Lagipula, bukankah misi kita diawal adalah untuk berlatih mengatur keuangan? Jadi, mau mencoba, Sobat?

Lebih masukan Blog

Hindari: 3 Penyebab Utama Mata Merah

Bagi kita sebagai pelajar, mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. We rely...

Akuntansi UI dan UGM – Apa Bedanya?

Beberapa tahun terlewat, media Kompas pernah menuliskan bahwa Jurusan atau Program Studi...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line