PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Membersihkan Sepatu Sekolah, photo via www.alisneaker.com

Apa Jenis Sepatu Sekolahmu? Begini Cara Membersihkannya

Membersihkan sepatu sekolah perlu dilakukan secara berkala.

What type of shoes do you wear to school everyday? Sebagian pelajar ada yang lebih suka sepatu berbahan kulit, kulit sintetis, kanvas, suede, atau bahkan tak masalah pakai sepatu apapun asalkan sesuai dengan ketentuan sekolah. Apapun itu, sepatu yang kita kenakan setiap hari perlu dibersihkan secara berkala. Bagaimana cara membersihkannya? Berikut ini tips membersihkan sepatu sesuai dengan bahannya.

 

1. Sepatu Kulit

Perawatan sepatu berbahan kulit perlu dilakukan secara cermat. Salah satunya caranya adalah dengan mengoleskan semir sepatu secara teratur dengan menggunakan lap berbahan katun.

Jika ada noda kotoran, Sobat Pintar perlu membuat campuran cuka dan air – masing-masing dengan takaran yang sama. Ambil lap berbahan katun, celupkan kedalamnya, kemudian gosok perlahan pada bagian kulit yang kotor tersebut sampai bersih.

 

2. Sepatu Suede

Meskipun jarang ada sepatu sekolah yang seluruhnya berbahan suede, masih tetap saja ada sepatu sekolah yang menggunakan bahan ini pada beberapa bagian. Nah, khusus untuk bahan suede ini, membersihkannya perlu kecermatan tersendiri, Sobat Pintar.

Gunakan sikat gigi bekas untuk mengangkat kotoran, sikat searah – jangan bolak-balik. Jika kotorannya masih membandel, gunakan penghapus pensilmu yang berwarna putih untuk mengangkat kotoran tersebut. Last trick, celupkan lap kedalam cuka, kemudian bersihkan kotoran yang menempel dengan menggunakan lap tersebut.

 

3. Sepatu Kanvas

Sobat pintar termasuk penyuka sepatu berbahan kanvas? Selain ringan dipakai, sepatu kanvas tak memerlukan perawatan yang rumit.

Buatlah campuran baking soda dengan air, kemudian oleskan pada bagian yang kotor dan sikat dengan menggunakan sikat gigi bekas. Mau cara yang lebih praktis? Just use a washing machine, and let it do its job. Keep in mind to leave the dryer. Let your canvas shoes dry on their own, instead.

 

4. Sepatu Sneakers

Salah satu keunggulan sneakers adalah kenyamanannya saat dikenakan. What a bless if your school let the students wear sneakers!

Cara membersihkan sneakers juga tak terlalu rumit, bisa dengan menggunakan baking soda seperti pada sepatu kanvas diatas. Tak ada baking soda? Gantikan saja bahan ini dengan pasta gigi atau deterjen cair. And sneakers are washing machine-friendly too!

 

Cara manapun yang digunakan, yang penting biarkan sepatumu kering dengan diangin-anginkan saja disuhu ruang. Hindarkan dari sinar matahari langsung supaya kepekatan warnanya tetap terjaga. Mau cara yang paling praktis? Well, bawa saja sepatumu ke laundry sepatu terdekat!

Lebih masukan Blog

Perlu Tahu: 13 Sekolah Kedinasan di Indonesia – Part 2

Masih tentang sekolah kedinasan ya, Sobat Pintar. We've discussed six schools in the...

Mahasiswa Fakultas Teknik Seperti Ini?

Tak sedikit khalayak beranggapan mahasiswa-mahasiswa teknik bertampang kumal dan kucel. Saat...

Menambah Komentar

A
Anfasa Roland Riadi 5 Bulan Lalu
bagaimna dengn spatu seperti pantopell ato pdl
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru