redesain-navbar Portlet

null

Blog

Apa yang Harus Diketahui untuk Bersiap USM/ Seleksi Mandiri ITB 2020?

Persiapan Seleksi Mandiri dapat dilakukan sebelum UTBK/ SBMPTN.

Seleksi Mandiri ITB, image credit Hannah Olinger

Kira-kira seberapa besar peluangmu lolos SBMPTN di ITB – tanpa harus mengambil SM ITB, Sobat? Dikenal juga sebagai USM ITB (Ujian Saringan Masuk ITB), jalur mandiri ITB ini boleh dibilang merupakan jalan terakhir menuju Kampus Ganesha. Banyak harapan ditumpukan disini. So, why don't we take a look at it?

 

1. Siapa Saja yang Bisa Mengikuti USM ITB 2020?

USM ITB 2020 dapat diikuti oleh lulusan SMA dari kelas IPA atau IPS dengan tahun kelulusan 2018, 2019, atau 2020. Persyaratan berikutnya adalah NISN, prestasi akademik yang tercatat di PDDS, dan rapor sekolah sejak semester I hingga semester VI.

Pendaftaran ITB jalur mandiri 2020 menggunakan nilai UTBK 2020. Jadi, Sobat Pintar yang akan mengikuti Seleksi Mandiri ITB harus sudah terlebih dahulu mengikuti UTBK. Jika saja tak lolos pada jalur SBMPTN, baru kemudian Sobat dapat mengikuti Seleksi Mandiri ITB.

 

2. Bisakah Lintas Jurusan pada USM ITB?

Sobat Pintar dari kelas IPA? Lucky you! USM ITB memberimu kesempatan untuk memilih prodi Saintek maupun Soshum. – apapun kelompok ujian UTBK-mu. Sebaliknya, anak IPS hanya dapat memilih prodi Soshum pada USM ITB – apapun kelompok ujian yang diambil saat UTBK.

 

3. Apa Saja Fakultas/ Sekolah Saintek dan Soshum di ITB?

Sama seperti Seleksi Mandiri pada umumnya di kampus-kampus lain, SM ITB mengelompokkan pilihan prodi pada rumpun Saintek dan Soshum. Masing-masing peserta Seleksi Mandiri ITB dapat memilih maksimal dua fakultas/ sekolah atau prodi pada dua rumpun tersebut.

Pada rumpun Saintek, pilihan SM ITB yaitu (1) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam; (2) Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati; (3) Sekolah Farmasi; (4) Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian; (5) Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan; (6) Fakultas Teknologi Industri; (7) Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara; (8) Sekolah Teknik Elektro dan Informatika; (9) Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan; dan (10) Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan.

Pada rumpun Soshum, pilihan SM ITB adalah (1) Fakultas Seni Rupa dan Desain serta (2) Sekolah Bisnis dan Manajemen.

Sudah menjadi tradisi di ITB bahwa calon mahasiswa barunya memilih fakultas atau sekolah pada saat seleksi masuk. Selama setahun pertama perkuliahan, mahasiswa baru belajar bersama dalam fakultas atau sekolah yang dipilihnya. Kemudian, pemilihan prodi atau peminatan dilakukan ditahun kedua perkuliahan.

Namun pada Seleksi Mandiri ITB 2020, ada 12 prodi atau peminatan yang dapat dipilih langsung yaitu (1) Astronomi FMIPA; (2) Kimia FMIPA; (3) Meteorologi FITB; (4) Oseanografi FITB; (5) Teknik Fisika FTI; (6) Manajemen Rekayasa Industri FTI; (7) Teknik Material FTMD; (8) Teknik Telekomunikasi STEI; (9) Perencanaan Wilayah dan Kota SAPPK; (10) Teknologi Pasca Panen SITH; (11) Teknik Biomedis STEI; dan (12) Kewirausahaan SBM.

Perlu dicatat, beberapa fakultas, sekolah, dan prodi tertentu mensyaratkan calon mahasiswa barunya tidak buta warna total maupun parsial. Fakultas, sekolah, dan prodi tersebut yaitu (1) Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati; (2) Sekolah Farmasi; (3) Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan; (4) Fakultas Seni Rupa dan Desain; (5) Prodi Kimia; (6) Prodi Teknologi Pasca Panen; (7) Prodi Teknik Geologi; dan (8) Prodi Teknik Kimia.

 

5. Kapan Pendaftaran ITB Jalur Mandiri 2020?

Pendaftaran mandiri ITB dilakukan secara daring atau online. Pendaftaran ini akan berlangsung sejak 9 Juni 2020 pukul 13.00 WIB sampai 9 Juli 2020 pukul 23.59 WIB.

Sobat Pintar yang akan mengikuti tes keterampilan FSDR jalur mandiri ITB harus mempersiapkan (1) kartu peserta SM ITB 2020, (2) pensil 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, rautan, dan penghapus, (3) alat mewarnai, dan (4) papan alas gambar ukuran A3. Tes keterampilan ini dijadwalkan pada 11 Juli 2020 di ITB Kampus Jatinangor.

Ujian Mandiri ITB diatas dijadwalkan pada 11 Juli 2020 pukul 09.00 WIB, tapi peserta UM ITB diharapkan hadir pukul 08.30 WIB untuk registrasi. Ujian akan dilakukan di Gedung Kuliah Umum ITB Kampus Jatinangor dan peserta wajib mengenakan seragam sekolah atau kemeja putih dan celana/ rok kain serta sepatu tertutup.

Kemudian, kapan pengumuman SM ITB? Pengumuman mandiri ITB dijadwalkan pada 17 Juli 2020 pukul 19.00 WIB. Still, keep yourself updated. Karena keadaan yang terus berubah saat ini, ada baiknya Sobat terus memeriksa seandainya ada perubahan jadwal SM ITB.

 

6. Berapa Biaya Pendaftaran Ujian Saringan Masuk ITB?

Biaya pendaftaran USM ITB untuk seluruh fakultas dan sekolah (kecuali FSDR) adalah sebesar Rp100.000,00. Sedangkan khusus untuk FSDR, biaya pendaftaran mandiri ITB adalah sebesar RP150.000,00.

Diluar biaya pendaftaran mandiri ITB, bagaimana dengan besaran biaya kuliah pada jalur Seleksi Mandiri ITB? UKT SM ITB adalah sebesar Rp25.000.000,00.

 

Nah, sudah siapkah bila harus mengikuti USM ITB, Sobat? Semoga SBMPTN-mu lancar, sehingga jalur Seleksi Mandiri ITB tak perlu diambil. But while hoping for the best, let's get prepared for the worst.

80

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp